LogoDIGINATION LOGO

Mau Belajar Cybersecurity Gratis? Ini Tempatnya!

Oleh Aulia Annaisabiru Ermadi Rabu, 23 Januari 2019 | 11:15 WIB
Share
Ilustrasi cybersecurity (shutterstock)
Share

Seiring dengan majunya teknologi, semakin banyak pula modus-modus  kejahatan dunia siber yang berkembang. Pencurian data, pembajakan, cracking dan carding merupakan contoh bentuk cybercrime yang sering terjadi di Indonesia. 

Berdasarkan 2017 Cybercrime report, kerusakan serangan siber semakin meningkat setiap tahunnya. Pihak-pihak yang disasar pun semakin beragam, mengingat banyaknya perusahaan yang masuk ke dunia online juga. 

Guna mencegah hal ini dibutuhkan cyber security, sistem keamanan untuk menjaga dokumen dan data penting agar tidak disalahgunakan. Masih bingung apa itu cyber security? Jangan ketinggalan jaman, yuk belajar dari 5 situs website ini. Gratis, lho!

Baca juga: Insiden Keamanan Siber Berpotensi Rugikan Indonesia Rp 500 Triliun

Ilustrasi cybersecurity (shutterstock)
StaySafeOnline

StaySafeOnline hadir dari inisiatif National Cyber Security Alliance. Situs ini berisi tips, saran dan informasi lengkap cara menjaga keamanan bisnis, baik untuk bisnis kecil, menengah dan besar sekalipun. Dimulai dengan mengisi technology checklistkamu bisa mulai mengidentifikasi keamanan bisnis dan mulai belajar dari apa itu cyber security dari website ini.Securityplanner.org

Securityplanner.org merupakan situs yang memberikan wawasan dasar terkait cyber security termasuk langkah-langkah pengamanan perangkat hingga cara melindungi identitas diri di dunia maya. Dengan pendekatan yang lebih proaktif, situs ini memberikan perspektif yang berbeda mengenai keamanan perangkat bagi kebutuhan bisnis. Namun sayangnya beberapa layanan di website buatan The Citizen Lab, University of Toronto ini tidak semuanya gratis.

Stop| Think | Connect

Situs ini merupakan buah kerjasama Departemen Keamanan Dalam Negeri Amerika dengan perusahaan-perusahaan cyber security. Website ini berisi informasi lengkap terkait keamanan web dan langkah-langkah menerapkannya. Bahkan disini tersedia perpustakaan online yang bukunya bisa kamu download cuma-cuma.

Baca juga: Keamanan Siber Sangat Penting di Era Digital

Ilustrasi cybersecurity (shutterstock)
ESET

Perusahaan cyber security, ESET menawarkan training gratis untuk meningkatkan cybersecurity awareness. Pelatihan-pelatihan dasar terkaitan threats, kebijakan kata sandi, perlindungan e-mail dan website termasuk langkah pencegahannya disediakan secara gratis disini.

OUCH! Newsletter

Jika ingin sesuatu yang lebih konsisten dan intensif untuk belajar cyber security, kamu bisa berlangganan Ouch! NewsletterNewsletter ini akan dikirim secara reguler setiap bulan dan membahas cyber security, malware hingga media sosial. 

Yuk, mulai sekarang belajar apa itu cyber security agar keamanan datamu makin aman di dunia digital ini. 

Baca juga: Meneropong Tren Keamanan Siber Tahun 2018

  • Editor: Dikdik Taufik Hidayat
  • Sumber: Influencive, Business News Daily
TAGS
RECOMMENDATION

Meneropong Tren Keamanan Siber Tahun 2018

Melihat semua insiden siber yang semakin canggih dan terjadi di seluruh dunia selama beberapa tahun terakhir, sangatlah penting bagi perusahaan untuk meningkatkan keamanan siber mereka untuk melindungi dan mengamankan data

Selasa, 27 Februari 2018 | 13:55 WIB
LATEST ARTICLE

Mudahnya Berbisnis di Uni Eropa Lewat Estonia...

Era digital yang semakin terbuka tanpa memandang batas membuat peluang berbisnis juga ikut terbuka lebar. Salah satunya melalui program asal Estonia ini. Yuk, cari tahu lebih lengkap!

Selasa, 18 Juni 2019 | 08:15 WIB

Memata-matai Karyawan, Boleh Nggak Sih?

Penting mengetahui apa yang sebenarnya dilakukan tenaga kerja Anda, namun banyak karyawan menolak untuk dipantau. Tetapi jika pemantauan dilakukan dengan benar, karyawanlah yang mendapat manfaatnya

Sabtu, 15 Juni 2019 | 09:30 WIB