LogoDIGINATION LOGO

Keamanan Siber Sangat Penting di Era Digital

author Oleh Sukindar Selasa, 24 Juli 2018 | 16:09 WIB
Share
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) terjadi sangat pesat di era digital ini, dan telah membawa keuntungan dalam berbagai macam bidang, dari mulai pendidikan, keuangan, hingga industri
Share

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) terjadi sangat pesat di era digital ini, dan telah membawa keuntungan dalam berbagai macam bidang, dari mulai pendidikan, keuangan, hingga industri.

Meskipun demikian, pesatnya perkembangan teknologi tersebut tidak bisa terlepas dari beberapa hal negatif, terutama hal-hal yang berkaitan dengan keamanan dan ketahanan siber.

Melihat kondisi ini, peningkatan kesadaran terhadap keamanan siber dan ketahanan nasional menjadi sangat penting untuk dilakukan, khususnya saat  memasuki era industri 4.0 di mana seluruh sektor industri berbasis internet of things (IoT).

Membawa tujuan tersebut, ASEAN Chief Information Officer Association (ACIOA) menggelar ASEAN CISO FORUM 2018 di Jakarta pada hari Senin (23/7).

Menyambut kegiatan ini, Menteri Komunikasi dan Informatika RI Rudiantara mengatakan, seiring pesatnya perkembangan TIK,  isu keamanan siber kini menjadi salah satu agenda utama pemerintah.

Baca Juga:
6 Cara Terbaik Microsoft Tangkal Ancaman Siber

“Tantangan terbesar dari cyber security dan transformasi digital umumnya adalah dalam hal talent atau sumber daya manusia yang mampu menangani berbagai tantangan serangan cyber. Saya berharap ACIOA bisa berkontribusi dalam hal pemenuhan talent dunia cyber khususnya untuk Regional ASEAN."  ungkap Rudiantara.

Vice President ACIOA Dr. Hammam Riza pun menambahkan bahwa cyber physical system dari seluruh infrastruktur yang penting seperti Energi dan Transportasi harus dipersiapkan dengan baik, guna mempersiapkan ASEAN memasuki era industri 4.0.

“Oleh karenanya ASEAN CISO Forum dimaksudkan untuk menggalang gagasan para Chief Information Security baik dari Industri maupun pemerintahan dalam rangka pertukaran ide untuk membangun sinergi keamanan siber ASEAN,” jelas Hammam Riza.

PT Telkom Indonesia sebagai salah satu penyedia layanan broadband dan digital Indonesia pun turut mendukung acara ASEAN CISO FORUM 2018 tersebut.

Direktur Digital & Strategic Portfolio Telkom David Bangun menegaskan, “Sebagai perusahaan telekomunikasi digital, Telkom senantiasa mendukung berbagai kegiatan yang berkaitan dengan globalisasi dan inovasi teknologi, khususnya yang berpengaruh terhadap ekosistem digital, termasuk isu cyber security.”

  • Editor: Wicak Hidayat
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB