LogoDIGINATION LOGO

Perkembangan Teknologi Bisnis Harus Diimbangi Keamanan Siber

author Oleh Desy Yuliastuti Kamis, 7 Desember 2017 | 09:25 WIB
Share
Di tahun 2018, beberapa aplikasi Blockchain dan IoT di bidang keamanan siber akan muncul
Share

Di tahun 2018, beberapa aplikasi Blockchain dan IoT di bidang keamanan siber akan muncul. Banyak serangan penting yang terjadi belakangan ini diluncurkan dari perangkat-perangkat IoT dengan harga yang murah, sementara hal keamanan ini tidak diperhatikan oleh banyak manufaktur perangkat-perangkat IoT sehingga membuat mereka menjadi mudah untuk diserang. Peran Blockchain menjadi penting karena bisa mengamankan sektor yang tidak diperhatikan seperti ini.

Selain itu, tren yang menarik untuk disimak adalah melonjaknya teknologi nirkabel yang akan membuat IoT menjadi lebih dekat dan mudah mewujudkan mimpi yang memungkinkan semua terkoneksi. Semua ini akan berhubungan dengan teknologi 5G dan Gbps Wi-Fi, pengontrolan baru, virtual beacon technology, daya listrik yang rendah, dan tentunya frekuensi radio berjarak jauh.

Tentu akan ada “perlawanan balik secara digital” dari para pemain lama. Bisnis yang sudah berjalan, dan dengan proaktif melakukan transformasi ke bisnis digital, memodernisasi arsitektur dan memasukan otomatisasti tingkat tinggi ke operasional mereka akan mendapatkan kesempatan untuk kembali meraup pangsa pasar di tahun-tahun mendatang.

Situasi ini mungkin akan dibarengi bermunculannya startup baru berbasis cloud yang akan mengganggu industri tertentu. “Prediksi saya, sejumlah pemain lama akan sukses merebut kembali pasar mereka yang hilang, karena mereka memiliki kredibilitas lebih, sejarah yang panjang, basis pelanggan yang kuat, dan aset yang tidak akan lekang oleh waktu,” kata Ettienne Reinecke, Dimension Data Group Chief Tehcnology Office.

Blockchain memang memiliki kemampuan untuk mendisrupsi dan mengubah keuangan dunia, bisnis, dan masyarakat. Akan tetapi, perusahaan yang tidak segera memulai siklus investasi yang akan memiliki resiko paling besar untuk terdisrupsi.

  • Editor: Wicak Hidayat
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB