LogoDIGINATION LOGO

3 Langkah Terbaik Ubah Stress Jadi Sukses

Oleh Aulia Annaisabiru Ermadi Minggu, 20 Januari 2019 | 13:05 WIB
Share
Ilustrasli Mengubah Stress Jadi Sukses (shutterstock)
Share

Dalam rutinitas bekerja yang padat, wajar bila sewaktu-waktu mengalami stres. Tak hanya karyawan, manajer atau bahkan CEO pun pasti pernah merasakannya. 

Namun, tidak semua stres itu buruk lho. Eustress adalah stres yang baik. Jenis stres 'positif' ini dapat bermanfaat meningkatkan produktivitas jika kamu bisa menanganinya dengan baik. Dikutip dari Harvard Business Review, orang yang belajar untuk mengatasi stres secara positif akan lebih siap untuk menghadapi tantangan di masa depan.

"Stres adalah bagian alami dari kehidupan," kata Curt Cronin, co-founder konsultan bisnis Ridgeline Partners." Jika kita lari dari stres, kita tidak akan bisa belajar. Tetapi, jika kita bisa menerimanya, akan muncul pengalaman untuk lebih kuat dan siap dalam menghadapi tantangan yang lebih sulit di masa depan."

Baca juga: Tips Anti Stres untuk Startup

Kamu bisa ikuti beberapa langkah ini untuk mengubah stress menjadi senjata menuju kesuksesan: 

1. Identifikasi faktor stres 

 

Saat sedang mengejar impian, kamu akan merasakan naik turun emosi hingga muncul stress. Namun jangan biarkan stress ini membuatmu menyerah, sebaliknya ubah stres menjadi motivasi.

Para peneliti menemukan bahwa berdamai dengan keadaan dapat mengubah cara pikir otak dari panik menjadi proaktif. Daripada bersembunyi, kamu harus bersiap menghadapinya. Tapi jangan gegabah mengambil keputusan, cobalah duduk sejenak sembari memikirkan rencanamu melaluinya. Memiliki rencana bakal bikin stres mudah ditangani.

Baca juga: Kata Siapa Jadi Entrepreneur Nggak Stres?

2. Meminta bantuan rekan kerja

Ilustrasli Mengubah Stress Jadi Sukses (shutterstock)

Semakin besar masalah yang datang, tingkat stress yang diciptakan juga lebih berat. Stres yang berat tentu sulit untuk ditangani sendiri. Karenanya cobalah untuk memilah-milah komponen pemicu dan mencari bantuan orang lain.

Contoh, jika banyak pekerjaan yang harus diselesaikan, cobalah meminta bantuan rekan kerjamu untuk membantu menyelesaikan beberapa tugas yang mungkin dilakukan. Mengkomunikasikan masalah pada anggota tim adalah hal penting sehingga terjalin hubungan saling memahami dalam konteks pekerjaan.

Baca juga: Jangan Mulai Bisnis Sendirian, Ini Tips Cari Teman

3. Berpikir positif

Ilustrasli Mengubah Stress Jadi Sukses (shutterstock)

Kecemasan yang dialami saat stres tentu sangat menganggu. Untuk mengurangi efek ini cobalah menempatkan diri dalam situasi yang banyak dialami orang, termasuk orang-orang sukses lainnya. Anggaplah ini sebagai bagian langkah menuju kesuksesan.

Mulailah berpikir bahwa untuk mendapatkan kesuksesan tentu tidak mudah. Daripada memusingkan kegelisahan akibat stress cobalah untuk fokus terhadap tujuanmu di masa depan.

Untuk 2019 ini, kurangi stres dan selalu bahagia dalam bekerja.

Baca juga: 2019 Ganti Kantor, Biar Makin Produktif!

 

  • Editor: Wicak Hidayat
  • Sumber: Forbes, Harvard Business Review, Success
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE

Kuliner Passionmu? Ikutan Ini, Nyok!

Permasalahan dalam Industri kuliner di Indonesia cukup rumit. Tapi, jangan khawatir! Yuk, tengok potensi dan peluangnya.

Senin, 22 April 2019 | 17:13 WIB

Masih Berharap Uang Tunai Dalam Dompet Konsumen?

Semakin praktis dan populernya layanan dompet digital sedikit-banyak akan mendorong konsumen untuk ganti dompet. Masih berharap ada uang tunai dalam dompet konsumen?

Jumat, 5 April 2019 | 10:47 WIB

AI untuk UMKM. Mmm, Seperti Apa, ya?

Dari 60 juta UMKM Indonesia hanya 5 % yang sudah memanfaatkan internet. Untuk mendorong pertumbuhan ini Halosis hadir untuk memajukan UMKM dengan teknologi Artificial Intelligence.

Kamis, 14 Maret 2019 | 09:30 WIB