LogoDIGINATION LOGO

Miliki 5 Kebiasaan Ini Agar Kariermu Melejit!

author Oleh Aulia Annaisabiru Ermadi Jumat, 11 Januari 2019 | 08:15 WIB
Share
Ilustrasi kebiasaan baik (shutterstock)
Share

Memiliki habit atau kebiasaan yang baik adalah kunci sukses meningkatkan karier karena dapat berpengaruh pada performa kerja dan tentunya, karier.

Meski memang, kebiasaan akan terasa sulit untuk diubah. Namun, perubahan kecil untuk kesuksesan dalam berkarier perlu dibangun mulai sekarang. Nah, berikut lima kebiasaan yang bisa dimulai hari ini untuk meningkatkan karier. 

1.  Mau mendengar

Saat bertemu dengan orang lain, seperti calon investor, rekan kerja atau pelanggan, kamu perlu menjadi pendengar yang baik. Dengan mendengar, akan banyak informasi yang bisa didapat. Tak hanya itu, dengan mendengar orang lain akan merasa diperhatikan dan ini berpengaruh pada cara membangun hubungan.

"Mendengar adalah keterampilan, harus dipupuk dan dikembangkan," kata Dana Brownless, pendiri perusahaan pelatihan kerja, Professionalism Matters.

Baca juga: 5 Kebiasaan Buruk yang Harus Dibuang Sebelum 2019

Ilustrasi double check dan konfrimasi (shutterstock)
2. Double-check dan konfirmasi

Salah satu penyebab konflik di tempat kerja adalah perbedaan ekspektasi antara atasan dan karyawan. Adam Robinson, salah satu pendiri sekaligus CEO perusahaan teknologi Hireology mengatakan cara terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah dengan selalu melakukan konfirmasi dan double-check guna menyamakan ekpektasi.

"Akuntabilitas dan komunikasi adalah kunci dalam meningakat karier. Dalam peran apa pun, perlu melakukan konfirmasi terhadap tujuan yang ingin dicapai, mengelola ekspektasi dan selalu memberikan informasi sejelas mungkin. Beberapa hal ini akan membantumu mencapai hasil," tambah Robinson.

Baca juga: Kebiasaan Sederhana Entrepreneur Sukses yang Perlu Diteladani

3. Mengatur Waktu

Gagal menyelesaikan tugas pada waktu yang telah ditentukan adalah cerminan buruk karyawan dan tim. Masalah ini tentu berdampak negatif pada pertumbuhan karier. Untuk mengatasi ini kamu harus pintar-pintar mengatur waktu, membuat jadwal dan to do list.

"Kerjakan segala hal dengan kemampuan terbaikmu, tak perlu mengulangi pekerjaan tersebut 2 kali. Setelah pekerjaan selesai, selalu atur jadwal dan catat to do list untuk esok hari. Perencanan ini akan membantumu menata pekerjaan secara efektif," kata Allen Shayanfekr, CEO dan co-founder platform crowdfunding Sharestates.

Baca juga: Sebelum Sukses, Bill Gates Hapus Kebiasaan Ini

Ilustrasi memiliki tujuan (shutterstock)
4. Memiliki Tujuan dan berprogress

Memiliki tujuan adalah prasyarat utama untuk sukses. Dengan tujuan yang jelas, kamu tahu bagaimana harus melangkah dan berjuang. Tujuan ini juga akan memberikan ukuran kesuksesan mana yang ingin dicapai. Sebelum memulai hari, luangkan waktu 3 hingga 5 menit untuk melihat kembali tujuanmu dan mencatat setiap progress yang dilakukan setiap harinya.

"Biasakan untuk set and check tujuanmu setiap hari. Ketika sudah bisa mengukurnya maka kamu tahu pertumbuhan karirmu," kata Deidre Paknad, CEO perusahaan sofware, Workboard.

Baca juga: Lebih Produktif di Era Digital? Bisa!

5. Jujur Pada Diri

Jujur pada diri, melihat, mengetahui kekuatan dan kekurangan diri dapat membantumu memaksimalkan potensi diri. Melanie Well, pendiri The Lifeologie Institute, lembaga psikoterapi, mencatat bahwa melakukan inventarisasi diri, terutama pada kekurangan diri dapat membantu perusahaan mengetahui dan mengekplor potensi dan keterampilanmu.

"Hal terbaik yang bisa dilakukan demi kemajuan kariermu adalah memahami kekuatan dan kelemahan yang ada pada diri," kata Well.

Jadi, siap berubah untuk sukses?

Baca juga: 2019 Ganti Kantor, Biar Makin Produktif!

  • Editor: Dikdik Taufik Hidayat
  • Sumber: Entrepreneur, Business News Daily
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE

Tren Penghasilan Aplikasi Mobile

Seiring dengan peningkatan pengguna smart phone, para pembuat aplikasi mobile saat ini sedang mengalami masa keemasannya.

Kamis, 12 Maret 2020 | 11:46 WIB

Kenaikan Belanja Iklan Aplikasi Mobile

Seiring peningkatan mobile aplikasi, nilai pengeluaran belanja iklan pada aplikasi mobile juga mengalami peningkatan. Ini adalah hasil kasjian dari AppsFlyer.

Selasa, 3 Maret 2020 | 15:59 WIB

Ekonomi Digital Indonesia, Dari Market Place ke Services

Berdasarkan kajian Google, Temasek dan Bain & Company, Indonesia punya potensi ekonomi digital yang paling tinggi dibandingkan dengan negara-negara ASEAN lainnya. Bagaimana agar potensi tersebut dapat diraih?

Senin, 17 Februari 2020 | 17:24 WIB

Penerapan Artificial Intelligence di Tokopedia

Artificial Intelligence menjadi salah satu hal yang akan terus menjadi tren pada tahun ini. Bagaimana penerapan AI pada salah satu e-commerce terbesar di Indonesia, Tokopedia?

Kamis, 6 Februari 2020 | 14:47 WIB

Digitalisasi UKM

99,2% pelaku usaha berskala UKM, membangun perekonomian berarti memberikan dukungan bagi UKM; yang salah satunya dengan Digitalisasi UKM

Jumat, 31 Januari 2020 | 14:31 WIB

Trend Teknologi 2020

Kemana arah perkembangan teknologi? Inilah trend teknologi yang akan berkembang pesat pada 2020

Selasa, 28 Januari 2020 | 13:05 WIB