LogoDIGINATION LOGO

Kebiasaan Sederhana Entrepreneur Sukses yang Perlu Diteladani

author Oleh Ana Fauziyah Senin, 21 Agustus 2017 | 06:56 WIB
Share
Menjadi seorang entrepreneur sukses memang terlihat menyenangkan
Share

Menjadi seorang entrepreneur sukses memang terlihat menyenangkan. Akan tetapi, perjalanan yang dilalui hingga mencapai titik tertinggi orang-orang sekelas Bill Gates, Mark Zuckeberg, Larry Ellison, Vera Wang, Ted Turner, dan jajaran entrepreneur sukses lainnya tidaklah mudah dan cepat.

Di balik kerja keras dan usaha maksimal yang mereka lakukan, rupanya ada kebiasaan sederhana yang memicu semakin cepatnya kesuksesan datang. Lantas, apa saja kebiasaan sederhana para entrepreneur sukses dunia ini?

  1. Bangun Lebih Awal

Ketika bangun lebih awal, Anda akan memiliki lebih banyak waktu untuk mempersiapkan diri. Mulai dari bermeditasi, berolahraga, menyiapkan sarapan yang sehat, atau melakukan hobi lainnya. Dengan demikian, Anda akan memulai hari dengan sikap lebih positif dan bersemangat.

  1. Membaca

Berdasarkan riset yang dilakukan Thomas Corley, sebanyak 86% orang kaya menghabiskan waktunya minmal 30 menit dalam satu hari untuk mendapatkan wawasan baru. Tak perlu dalam bentuk buku fisik, Anda juga bisa membaca blog, artikel, atau tulisan lainnya yang ada di dunia digital.

  1. Merencanakan Kegiatan

Entrepreneur sukses menyadari betapa pentingnya waktu yang mereka miliki. Karena itu, mereka mengagendakan dengan jelas kegiatan dan target yang ingin dicapai setiap harinya. Dengan begitu, catatan kemajuan juga dapat lebih mudah dipantau.

  1. Memvisualisasikan Keberhasilan

Selagi melakukan usaha fisik untuk mencapai tujuan, cobalah untuk melakukan visualisasi agar membuatnya menjadi lebih nyata. Mulailah dari hal mudah, misal saat akan bertemu klien, bayangkan bagaimana situasinya, apa yang akan Anda katakan, dan sebagainya. Hal ini akan membantu Anda menjadi lebih percaya diri dan optimis.

  1. Berani Mengambil RIsiko

Berani mengambil risiko merupakan bahan bakar untuk kemajuan diri seorang entrepreneur. Dengan demikian, strategi untuk mencapai keberhasilan tentu dibuat sematang mungkin dengan beragam backup plans. Hal ini akan membentuk mental yang kuat dan membantu agar terhindar dari kegagalan.

  1. Mampu Berkata Tidak

Tidak selamanya Anda dapat membahagiakan orang lain. Jika memang Anda sedang tidak bisa membantu, menghadiri undangan, atau hal-hal lainnya, jangan ragu untuk mengatakan tidak. Jangan membuat orang lain justru mengatur kegiatan dalam hidup Anda.

  1. Tetap Memiliki Waktu Personal

Yang terpenting, tetap miliki waktu untuk orang-orang yang tersayang. Jangan hanya lantaran terlalu fokus mencapai target, Anda justru mengabaikan kebahagiaan seperti ini. Bahkan Mark Zuckerberg yang bekerja 50-60 dalam sepekan saja tetap menyisihkan waktu untuk keluarganya.

Tidak susah, kan? Kini, persiapkan diri Anda menjadi entrepreneur sukses dengan memulai hari melakukan tujuh kebiasaan sederhana ini.

  • Editor: Wicak Hidayat
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB