LogoDIGINATION LOGO

Mau Buka Toko? Intip Dulu 4 Hal Ini...

Oleh Ana Fauziyah Selasa, 18 Desember 2018 | 08:15 WIB
Share
Ilustrasi membuka toko untuk bisnis. (Foto: Pexels)
Share

Meskipun eCommerce sudah tumbuh dengan pesat di tanah air dengan semakin menjamurnya toko online, tapi toko-toko fisik juga masih memiliki kekuatan. Untuk sebagian besar wirausaha, membuka toko fisik masih merupakan cara terbaik menjangkau konsumen, terutama yang sering mengunjungi mal. Cara ini juga dilakukan untuk membangun brand awareness.

Apapun alasannya memiliki toko fisik, banyak yang akan mengatakan bahwa lokasi merupakan hal yang utama. Jika lokasi tidak tepat, tidak peduli seberapa bagus layanan atau produk yang diberikan, pelanggan akan jarang datang. Jadi, sebelum menentukan lokasi toko, cek dulu beberapa tips menemukan lokasi yang tepat untuk bisnis seperti dilansir dari Female Network, Rabu (12/12).

1. Identifikasi pasar

Persyaratan paling mendasar bagi setiap pengusaha yang ingin membuka toko adalah identifikasi pasar produk atau jasanya. Prinsipnya kamu harus tahu di mana pasarmu berada. Pertama, perhatikan apakah lokasi tersebut cukup ramai dan sering dilalui oleh banyak orang. Ramainya orang yang lewat merupakan 80% hal yang harus dipertimbangkan ketika memilih lokasi toko.

Memperkirakan trafik orang yang melalui lokasi tersebut memang sulit dan memakan waktu. Kamu harus menghitung berapa banyak orang yang melewati lokasi tersebut selama jam-jam tertentu pada hari itu. Hitunglah berapa banyak yang lewat di depan toko setiap 15 menit kemudian kalikan empat, sehingga kamu memiliki hitungan jam. Tapi hitugan tersebut akan berbeda di hari kerja dan akhir pekan.

Baca juga: Pahami 3 Hal Ini Sebelum Membuka Toko Online di Etsy

ilustrasi toko. (Foto: Pexels)
2. Dekat dengan rumah atau lokasi produksi

Hal selanjutnya yang harus dipertimbangkan adalah kedekatan lokasi dengan rumah atau kantor pemilik bisnis, plus dekat dengan lokasi produksi. Lokasi yang dekat akan mempermudah transportasi dan menghemat biaya. Memiliki toko yang dekat dengan rumah dapat mengurangi kerugian waktu karena harus melakukan perjalanan jauh. Keuntungan lain jika toko dekat dengan rumah, tidak perlu bergantung pada manajer atau staf untuk mengawasi operasionalnya karena kamu sewaktu-waktu bisa bekunjung.

3. Harga yang sesuai

Sangat penting untuk mempertimbangkan harga saat memilih lokasi. Mungkin kamu sudah menemukan lokasi yang tepat, namun jika harganya tidak sesuai, ada baiknya kamu mencari area lain. Jika harga sewa benar-benar terlalu mahal, tidak peduli seberapa bagus lokasinya, jangan memaksa membuka toko di situ. Kamu harus pertimbangkan margin modal dan profitabilitas agar bisnis bisa terus berjalan.

4. Perhatikan peta persaingan di sekitar

Lokasi terbaik adalah di mana tidak ada persaingan. Menjadi yang pertama di suatu daerah memiliki keistimewaan, memberikan satu kekuatan untuk menetapkan standar, dan memperoleh pangsa pasar dengan cepat. Jangan memaksa membuka toko jika di sekitar lokasi tersebut telah banyak bertebaran toko yang menjual produk yang sama dengan produkmu. Namun jika masih layak investasi, pastikan untuk berinovasi pada produk atau layanan yang berkualitas agar dapat merebut pangsa pasar.

Siap berburu lokasi yang tepat untuk tokomu?

Baca juga: AI Bisa Bawa Pengalaman Online ke Toko Fisik

  • Editor: Dikdik Taufik Hidayat
  • Sumber: Female Network
TAGS
RECOMMENDATION

3 Kunci Sukses Migrasi ke Bisnis Digital

Kunci terjun ke bisnis digital adalah disiplin untuk melayani dan men-deliver apa yang ditawarkan pada media online tersebut. Awaluddin meramu tips bermigrasi ke bisnis digital dalam 3C, yakni Character, Competence, dan Courage. Yuk disimak

Minggu, 26 Agustus 2018 | 10:00 WIB
LATEST ARTICLE

Kuliner Passionmu? Ikutan Ini, Nyok!

Permasalahan dalam Industri kuliner di Indonesia cukup rumit. Tapi, jangan khawatir! Yuk, tengok potensi dan peluangnya.

Senin, 22 April 2019 | 17:13 WIB