LogoDIGINATION LOGO

5 Tips Raih Sukses Lewat Foto Produk

author Oleh Wicak Hidayat Senin, 27 Agustus 2018 | 12:25 WIB
Share
Ilustrasi (Shutterstock)
Share

Kamu tahu apa salah satu rahasia sukses keluarga Jenner / Kardashian dalam berjualan? Ya, tak perlu ditebak lagi, jawabannya adalah foto dan video yang cakep. 

Maksudnya apa? Lihat saja Kylie Jenner dan kerajaan bisnis kosmetiknya yang sedang tumbuh pesat. Ia tidak semata-mata mengandalkan iklan televisi atau majalah, tapi dengan rajinnya menampilkan foto berkualitas sangat baik di akun media sosial. 

"Memotret benda-benda sederhana dengan cara terbaik dan mem-post foto itu, sambil menggoda pelanggan untuk membeli produk mereka, adalah kunci sukses brand Kardashian/Jenner," tulis Carol Sankar, pendiri The Confidence Factor for Women in Leadership.  

Yap, kamu harus bisa menguasai seni visual attention untuk bisa meraup sukses dan menumbuhkan bisnis. Berikut adalah lima hal yang harus kamu perhatikan:

1. Fotografi adalah soal membangun keterikatan dengan pelanggan 

Pelanggan membeli apa yang mereka lihat. Gambar yang bagus akan bercerita, sehingga memungkinkan pelanggan melakukan impulse buying alias pembelian spontan tanpa pikir panjang. Memasangkan teks dengan gambar yang tepat, pesan yang ingin kamu sampaikan akan jauh lebih kuat. 

2. Foto yang bagus bisa viral

Foto punya elemen viral yang lebih kuat. Potensi foto untuk menyebar luas membuat elemen ini sesuatu yang tak bisa diabaikan lagi. Bahkan sebuah foto yang sederhana bisa menyampaikan cerita yang menarik tentang produk yang kamu tawarkan.

3. Tingkatkan Engagement

Menurut Alex Schult, pendiri PhotographyTalks, masyarakat lebih mudah berinteraksi dengan foto. Itu kenapa posting dengan foto memiliki traction yang lebih besar. Foto yang jelas juga bisa meningkatkan keterlibatan pelanggan, sekaligus menurunkan kebutuhan membayar untuk dapat perhatian.

4. Pembeli belanja pakai mata, bukan hanya harga

Kembali ke Kylie Jenner, jujur saja deh apakah produknya dibeli orang karena harganya atau karena kebutuhan? Jawabannya, bukan keduanya. Pasar kosmetik yang sudah begitu ramai bisa ditembus oleh Kylie Jenner karena banyak orang yang gemas dengan produknya lalu membeli tanpa pikir panjang. Impulse buying itu muncul karena foto yang baik, jelas dan menarik. 

5. Tak lekang oleh waktu

Foto yang bagus itu, tak bisa dipungkiri lagi, akan selalu jadi foto yang bagus. Untuk produk yang tahan lama, kamu bisa bikin sesi foto di awal dan merilisnya satu demi satu seiring waktu. Selama kualitas fotonya keren, tak akan ada yang bertanya kapan foto itu diambil.  

 

Pikirkanlah lima hal itu dan ingatlah selalu bahwa di media sosial konsumen berbelanja dengan mata mereka. Investasi terbaik buat kamu yang sedang membangun bisnis adalah foto yang jelas. Tak mungkin meraih sukses lewat Instagram atau YouTube tanpa foto yang jernih dan cakep.

 

  • Editor: Wicak Hidayat
  • Sumber: Entrepreneur
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB