LogoDIGINATION LOGO

Ini 5 Pekerjaan Ideal Buat Kamu yang Introvert

author Oleh Aulia Annaisabiru Ermadi Senin, 17 Desember 2018 | 08:15 WIB
Share
Ilustrasi seorang introvert (shutterstock)
Share

Menurut Psychology Today, seseorang dapat dikatakan introvert bila memiliki kecenderungan untuk menyendiri, tidak banyak berinteraksi dengan lingkungan luar dan lebih maksimal mengerjakan sesuatu tanpa bantuan orang lain.

Di dunia kerja, biasanya seseorang akan dituntut untuk banyak bertemu orang lain seperti melakukan presentasi, rapat atau sekadar sosialisasi. Lalu, bagaimana dengan seorang introvert? 

Kalau kamu seorang introvert, jangan khawatir. Berkat perkembangan teknologi digital ada banyak pekerjaan yang bisa kamu lakukan tanpa mengubah kepribadian. Berikut lima di antaranya:

1. Penulis atau Blogger

Menulis merupakan pekerjaan yang memerlukan konsentrasi tinggi dengan suasana tenang. Bagi seorang introvert, pekerjaan ini sangat menarik. Dalam menulis kamu  diberikan kesempatan untuk berpikir sendiri dan kebebasan membuat konten tanpa gangguan orang lain. Selain itu, kamu juga bisa menikmati kebebasan berekspresi secara kreatif.

2. Editor Buku

Mirip dengan penulis dan blogger, editor juga butuh konsentrasi tinggi dan fokus untuk membaca dan mengkoreksi kesalahan penulisan. Pekerjaan mengedit buku tidak membutuhkan banyak bantuan dari orang lain. Tentu saja, tipe pekerjaan ini menjadi opsi menyenangkan bagi seorang introvert.

Baca juga: Mau Ngiklan Lebih Murah dan Efektif? Pake Influencer Aja!

Ilustrasi designer grafis (shutterstock)

3. Desainer Grafis

Dalam penelitiannya, psikolog Hans Eysenck mengamati bahwa kepribadian introvert cenderung memiliki kreativitas tinggi. Karenanya jika kamu introvert, memiliki kreativitas tinggi dan mahir mengoperasikan software grafis, profesi desainer grafis bisa jadi pilihan kariermu. Pekerjaan ini adalah pekerjaan independen, hanya membutuhkan komputer dan aplikasi grafis untuk menuangkan ide visual. Interaksi dengan orang lain pun hanya sedikit.

4. Manajer Media Sosial

Walaupun ada kata 'sosial' dalam profesi ini namun pekerjaan ini cocok bagi kamu yang introvert. Menjadi manajer media sosial nyatanya hanya butuh interaksi virtual melalui media sosial seperti Twitter, Facebook, Instagram dan lainnya. Semuanya bisa dilakukan hanya dari meja kerja tanpa harus banyak bertemu dengan orang lain di dunia nyata.

Baca juga: 6 Keuntungan Social Media Marketing Bagi Bisnismu

Ilustrasi manager media sosial (shutterstock)

5. Editor Film dan Video 

Lebih banyak menghabiskan waktu dengan headphone di kepala, memadukan footage video, musik dan dialog adalah tugas seorang editor video.

Ini adalah pekerjaan yang bagus bagi seorang introvert. Pada akhirnya, menjadi seorang editor harus memiliki kesabaran, kreativitas dan keterampilan merangkai rekaman video. Plus, tidak ada tuntutan berinteraksi dengan orang banyak. 

Itulah beberapa profesi yang bisa menjadi referensimu untuk berkarier. Siapa tahu di antaranya cocok dengan kepribadian dan bakatmu.

Baca juga: Mau Bikin Startup? Tonton Dulu 5 Film Ini! 

  • Editor: Dikdik Taufik Hidayat
  • Sumber: Hubspot, The Balance Careers
TAGS
RECOMMENDATION

Ekonomi Digital Ciptakan Pekerjaan Baru

Implementasi ekonomi digital dinilai akan menciptakan banyak pekerjaan-pekerjaan baru yang sebelumnya tidak ada, juga mengganti peran tenaga kerja manusia

Selasa, 20 Februari 2018 | 11:45 WIB

Kemitraan Bisa Mensejahterakan Pekerja

Mengembangkan bisnis tidak selalu menyoal cara mengakuisisi pelanggan, tetapi juga berkaitan erat dengan membangun bisnis dari dalam perusahaan

Selasa, 10 Juli 2018 | 13:49 WIB

10 Tips untuk Mengalahkan Kebiasaan Menunda Pekerjaan

Kebiasaan suka menunda-nunda pekerjaa ini terkesan sepele namun jika terus-menerus dibiarkan akan berdampak besar. Kebiasaan jelek ini bisa mengganggu karier dan kepercayaan dirimu.

Senin, 19 November 2018 | 14:00 WIB
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB