LogoDIGINATION LOGO

Mau Bikin Startup? Tonton Dulu 5 Film Ini!

Oleh Ana Fauziyah Jumat, 19 Oktober 2018 | 08:20 WIB
Share
ilustrasi menonton film (Shutterstock)
Share

Motivasi untuk memulai usaha bisa datang dari mana saja, bisa dari dorongan keluarga, pelatihan kewirausahaan, membaca buku, bahkan dari menonton film. Selain dijadikan sebagai sarana hiburan, film juga bisa menjadi sumber inspirasi dan motivasi bagi kamu untuk memulai bisnis sendiri. Jadi, buat kamu yang saat ini sedang merintis usaha atau membangun bisnis, Digination merangkum beberapa film tentang pendiri startup yang bisa kamu jadikan referensi.

Steve Jobs (2015)

Ada beberapa film yang mengisahkan tentang pendiri Apple Inc., Steve Jobs. Nah, film berjudul sama dengan nama pendirinya keluaran tahun 2015 ini sangat layak untuk dijadikan sumber inspirasi. Film ini mengisahkan perjuangan Jobs dalam membangun perusahaan teknologi yang kini menjadi perusahaan raksasa yang mendunia.

Awal mendirikan Apple, Jobs seringkali diremehkan oleh banyak orang, bahkan oleh orang-orang terdekatnya. Ia mengalami kegagalan luar biasa dan membuat kesalahan yang buruk sebelum menemukan kesuksesan. Menonton film ini tidak diragukan lagi akan membuatmu termotivasi untuk tetap setia pada cita-cita ketika menghadapi tantangan berat saat merintis bisnis.

Baca juga: Apple Bangun Pusat Inovasi Pertama Asia di Indonesia

Social Network (2010)

Film Social Network menyajikan perjalanan di balik layar bagaimana Mark Zuckerberg membuat Facebook dan cerita-cerita kurang menyenangkan dalam usahanya merintis media sosial yang kini menjadi sangat populer tersebut. Ada cuplikan film yang menyatakan, “Kamu tidak dapat mempunyai 500 juta teman tanpa mempunyai beberapa musuh.” Poin ini sangat ditekankan dalam film, di mana dikisahkan Zuckerberg menjalani banyak tuntutan hukum dan rintangan dalam pendanaan.

Untuk melalui itu semua, Zuckerberg bersikap fleksibel dalam mengembangkan Facebook agar sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pengguna. Dia juga mengalami pelajaran yang menyakitkan tentang pentingnya memiliki kontrak yang mengikat. Film ini menawarkan beberapa insight penting bagi calon pengusaha, termasuk bahwa ini bukan tentang siapa yang memiliki ide tetapi siapa yang dapat mengeksekusinya.

ilustrasi mencari dan mendapatkan inspirasi (Shutterstock)

Crocodile in The Yangtze (2012)

Film ini bercerita tentang pengusaha berbasis internet asal Cina yang juga mantan guru Bahasa Inggris, Jack Ma yang merupakan founder Alibaba Group. Film ini mengisahkan perjalanan Ma membangun perusahaan internet global pertama di China, selain kisah pertempurannya melawan raksasa eCommerce dari Amerika Serikat, eBay.

Crocodile in The Yangtze merupakan sebuah memoar independen yang ditulis, disutradarai dan diproduksi oleh seorang berkebangsaan Amerika yang bekerja di perusahaan Ma selama 8 tahun. Film ini juga menyoroti naik turunnya perjalanan bisnis di bidang startup pada masa-masa awal internet memasuki Cina.

Baca juga: Jack Ma Ungkap Rahasia Suksesnya di Dunia E-commerce

The Startup Kids (2012)

The Startup Kids adalah film dokumenter tentang wirausahawan muda di era digital. Film ini menampilkan wawancara dengan para pendiri startup antara lain Vimeo, Soundcloud, Kiip, InDinero, Dropbox, dan Foodspotting. Para wirausahawan muda tersebut berbicara tentang bagaimana mereka memulai dan membangun startup hingga sukses. Pelajaran yang dapat diambil dari kisah mereka adalah bahwa modal bukan hal yang utama dalam membangun startup, namun passion, semangat dan kerja keraslah yang bisa menghasilkan kesuksesan.

Startup.com (2001)

Startup.com adalah film dokumenter yang dibuat berdasarkan kisah govWorks.com pada awal 1990-an. Film ini menceritakan kisah dua sahabat Kaleil Isaza Tuzman dan Tom Herman di masa awal mendirikan govWorks.com termasuk tiap kegagalan dan keberhasilan yang dialami. Layaknya roller-coaster, film ini menampilkan kegembiraan, keletihan, pengkhianatan, kegagalan, dan kesuksesan silih berganti. Pesan-pesan dalam film sangat bagus bagi kamu yang sedang membangun startup.

Tertarik menontonnya?

Baca juga: Indonesia Jadi Negara Paling Aktif Bermain Facebook

  • Editor: Dikdik Taufik Hidayat
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE

Mudahnya Berbisnis di Uni Eropa Lewat Estonia...

Era digital yang semakin terbuka tanpa memandang batas membuat peluang berbisnis juga ikut terbuka lebar. Salah satunya melalui program asal Estonia ini. Yuk, cari tahu lebih lengkap!

Selasa, 18 Juni 2019 | 08:15 WIB

Memata-matai Karyawan, Boleh Nggak Sih?

Penting mengetahui apa yang sebenarnya dilakukan tenaga kerja Anda, namun banyak karyawan menolak untuk dipantau. Tetapi jika pemantauan dilakukan dengan benar, karyawanlah yang mendapat manfaatnya

Sabtu, 15 Juni 2019 | 09:30 WIB