LogoDIGINATION LOGO

Menyongsong Era Ekonomi Digital, Ancaman Atau Peluang?

author Oleh Ana Fauziyah Senin, 21 Agustus 2017 | 04:19 WIB
Share
Sangat menarik memperhatikan perkembangan yang terjadi di Indonesia belakangan ini, khususnya dalam aspek ekonomi digital
Share

Sangat menarik memperhatikan perkembangan yang terjadi di Indonesia belakangan ini, khususnya dalam aspek ekonomi digital. Seiring dengan pertumbuhan e-commerce yang sangat pesat, teknologi keuangan pun semakin maju. Para pebisnis startup berlomba-lomba menciptakan layanan keuangan digital yang praktis, efisien, sekaligus aman.

Akan tetapi, di balik riuhnya dunia virtual yang dihuni oleh para netizen dari beragam latar belakang yang berbeda itu, ternyata tersembunyi peluang serta ancaman di dalamnya.

Ancaman

Menghadapi era ekonomi digital yang lebih banyak mengandalkan uang digital sebagai alat pembayaran, salah satu ancaman nyata yang menghantui masyarakat adalah perihal keamanan bertransaksi. Tak bisa disangkal, semakin besar potensi keuntungan yang tersedia, teknologi yang digunakan untuk melakukan tindak kejahatan pun semakin luar biasa.

Selain itu, ancaman lain yang mengintip adalah semakin tidak efektifnya layanan perbankan konvensional. Bukan hanya berdampak pada bank terkait, tetapi juga para penggunanya. Apabila seseorang tidak bisa menyesuaikan diri dengan situasi ini, niscaya ia justru akan mengalami kesulitan dalam melakukan transaksi-transaksi ekonomi di pasar virtual.

Peluang

Di balik semua itu, tentu tersimpan sejumlah peluang yang sangat mungkin dikembangkan. Uang digital yang digunakan dalam transaksi online ini diharapkan dapat memperpendek alur transaksi. Selain efisien dan efektif, pelaku maupun pengguna layanan e-commerce pun akan memiliki kesempatan untuk mengeksplorasi lebih banyak kemungkinan menguntungkan.

Misalnya, salah satu fasilitas pembayaran yang saat ini gencar diperkenalkan adalah rekening ponsel. Hanya dengan mengandalkan smartphone, transaksi pun bisa dilakukan. Hal ini akan membuat segala sesuatu menjadi lebih mudah, lebih hemat waktu, serta lebih praktis.

Bagi para pelaku usaha, era ekonomi digital merupakan peluang untuk mengembangkan usaha yang sedang dirintis. Tidak ada lagi istilah kerepotan dalam bertransaksi karena calon pembeli dapat dengan mudah dan cepat memanfaatkan ponselnya untuk membayar pesanan. Praktis sekali, bukan?

Jadi, hidup di era ekonomi digital berarti terciptanya peluang menguntungkan terhadap banyak hal. Namun, jangan lupa untuk mengenali ancaman yang menyertainya supaya bisa ditangkal dengan baik. Nah, apakah Anda sudah siap?

  • Editor: Wicak Hidayat
  • Sumber: Ziliun
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB