LogoDIGINATION LOGO

Memanfaatkan AI dan Machine Learning untuk Dongkrak Penjualan Retail

author Oleh Desy Yuliastuti Kamis, 14 September 2017 | 06:33 WIB
Share
Ajang media sosial dan teknologi digital terbesar di Asia, Social Media Week Jakarta (SMW Jakarta) 2017 masih berlangsung di The Hall, Senayan City, Jakarta hingga 15 September mendatang
Share

Ajang media sosial dan teknologi digital terbesar di Asia, Social Media Week Jakarta (SMW Jakarta) 2017 masih berlangsung di The Hall, Senayan City, Jakarta hingga 15 September mendatang.

Memasuki hari keempat, Kamis (14/9/2017) rangkaian acara di panggung Conference diawali sesi pertama bertema “AI & Machine Learning, Taking The Human Out Of The Equation?” oleh Imron Zuhri, Founder Dattabot.

Sesi yang berlangsung selama 60 menit tersebut menyoroti Artificial Intelligence (AI) dan Machine Learning (ML) yang tengah menjadi tren dan digunakan dalam bisnis terutama dalam pemasaran dan customer engagement.

“Strategi marketing untuk e-commerce dapat di otomisasi. Sistem bisa diterapkan pada website untuk mengetahui selera konsumen, daya beli, target audience, analitycs dan insight, bahkan bisa mengetahui mood lebih baik dari manusia. E-commerce juga harus menggunakan Chat Bot karena konsumen 3% lebih puas terlayani Bot daripada email,” jelas Imron.

Imron menambahkan, pebisnis online penting melakukan otomisasi karena algoritma bisa memprediksi pasar dan merekomendasikan area potensial dan meningkatkan penjualan (value).

Selain itu, penggunaan asisten digital untuk pemasaran menjadi cara yang efektif. Imron mengambil contoh Conversica dengan virtual assistant  “Angie” untuk mendeteksi kapan konsumen siap berbicara dengan sales representative.

Penggunaan ML tentu menjadikan interaksi dengan konsumen lebih efisien, hemat waktu, meningkatkan penjualan, dan menghemat anggaran pemasaran.

“Indonesia sebenarnya sudah cukup dikenal memiliki Bot yang baik sejak orang berdagang di Kaskus dan kini di Instagram. Bagi yang menggunakan Instagram untuk mendukung bisnis, otomasi bisa dilakukan dengan memaksimalkan fitur Auto-Follow, Follow-Back, Unfollow, Auto-Like, Auto-Comment, dan Delete-Post,” kata Imron.

Social Media Week Jakarta 2017 berlangsung pada 11-15 September 2017 terdiri dari konferensi, workshop, dan temu komunitas. Informasi lengkap bisa dilihat di tautan https://socialmediaweek.org/jakarta/, akun twitter dan Instagram @SMWJakarta, dan Facebook Social Media Week Jakarta.

  • Editor: Wicak Hidayat
TAGS
LATEST ARTICLE