LogoDIGINATION LOGO

Kapan Memulai Bisnismu Sendiri?

author Oleh Dikdik Taufik Hidayat Kamis, 2 Agustus 2018 | 23:46 WIB
Share
Ilustrasi
Share

Banyak jalan menuju Roma. Adagium tersebut tentu sudah sering Kamu dengar, kan? Nah, ternyata banyak jalan juga kalau Kamu mau menjadi Pengusaha. Kamu tinggal mencari di internet, dan hoola, semuanya bisa segera kamu dapatkan. Ada beberapa langkah untuk itu, diantaranya…

Langkah # 1: Mendiskusikan Ide

Bisnis dimulai dengan sebuah ide. Kamu tidak perlu mencari ide yang sangat brilian atau ide untuk mengubah dunia. Atau terlalu memikirkan bagaimana kelak bisnis kecilmu akan menjadi sesukses Facebook atau Tesla.

Idemu hanya perlu memenuhi 2 persyaratan: (1), Buatlah sesuatu yang bernilai bagi orang lain, dan (2) Buatlah sesuatu yang paling membuatmu tertarik

Untuk membuat sesuatu yang bernilai kepada orang lain, Kamu mesti menguasai beragam ketrampilan. Kalau belum memilikinya, belajarlah, toh tidak perlu terlalu lama untuk itu.  Belajarlah yang memang bisa dipelajari, bukan yang ingin pelajari. Kamu mungkin memiliki keterampilan tertentu yang disukai dan dapat menjadi fokus bisnismu.

Keterampilan seperti pemrograman, penyuntingan video, dan fotografi adalah keterampilan hebat untuk dimiliki tetapi tidak luar biasa. Kamu akan melihat bahwa sebagian besar bisnis yang sukses adalah bisnis berbasis layanan yang membutuhkan kerja keras tetapi bisa dilakukan oleh kebanyakan anak muda.

Langkah # 2: Lakukan Riset Pasar

Terlepas dari apakah Kamu memiliki sebuah ide atau memilih dari yang sudh ada,  perlu dilakukan riset pasar dasar mengenai ide tersebut. Kamu perlu membuktikan bahwa ada permintaan untuk layanan atau produkmu dan menemukan jalan untuk membuatnya dibutuhkan. Untuk melakukan ini, carilah pesaing. Pada awalnya, persaingan mungkin tampak seperti hal yang buruk tetapi justru sebaliknya. Ini menunjukkan bahwa orang benar-benar menginginkan layanan atau produk tersebut dan bersedia membayarnya.

Ilustrasi

Langkah # 3: Pertimbangkan Pendanaan

Berapa banyak uang, jika ada, yang diperlukan untuk memulai dan mendanai bisnismu sampai menguntungkan? Bisnis membutuhkan uang untuk Stok (jika menjual produk), Pelatihan keterampilan (misalnya kursus), Persyaratan bisnis (misalnya perizinan Pemerintah), Asuransi dan Sebuah situs.

Beberapa bisnis lebih murah daripada yang lain untuk diluncurkan dan dipertahankan. Jika Kamu tidak memiliki akses ke banyak cara pendanaan, cobalah untuk menemukan ide berbiaya rendah. Kamu bisa membuat daftar semua hal yang dibutuhkan bisnismu, serta biaya masing-masing. Perlu menaikkan jumlah ini sebelum memulai bisnismu, dan, akhirnya, sebelum dapat membawa uang masuk. Jika Kamu belum mendapatkannya, mulai kembali pada langkah # 1 dan pilih ide yang berbeda.

Baca juga: Apa Arti Kesuksesan Bagi Elon Musk?

Langkah # 4: Buat Rencana Bisnis

Rencana bisnis penting untuk menunjukkan kepada keluarga dan teman bahwa Kamu serius tentang bisnismu. Ini juga merupakan persyaratan dasar jika Kamu mencoba mendapatkan dana dari investor. Rencana bisnis adalah cara meringkas aspek-aspek kunci bisnismu dan memastikan bahwa Kamu memiliki jalan yang jelas untuk mendapatkan keuntungan. Tidak perlu membuat buku besar pada titik ini, bahkan rencana bisnis satu halaman yang ditulis dengan baik lebih dari cukup.

Langkah # 5: Bersiap untuk Peluncuran

Dengan riset pasar yang telah dilakukan, rencana bisnis, dan pendanaan tercapai, Kamu harus memiliki gambaran yang jelas tentang seperti apa bisnismu nantinya. Nah, sekarang saatnya untuk melakukan semua pekerjaan yang diperlukan untuk melompat dari posisimu saat ini ke posisi yang ada dalam pikiran Kamu.

Hal ini mungkin termasuk membeli persediaan, mempelajari keterampilan yang diperlukan, mendaftarkan bisnismu jika perlu, membuat situs web dan menyebarkan formulir (jika pelanggan perlu mengisi sesuatu).

Langkah selanjutnya adalah temukan pelanggan, bahkan jika Kamu harus melakukan pekerjaan secara gratis. Kamu bahkan dapat mengajak teman atau anggota keluarga untuk berpura-pura menjadi pelanggan. Periksa seluruh transaksi secara serius dan perlakukan seolah-olah itu nyata. Kamu mungkin akan mengalami situasi dan masalah yang sebelumnya tidak terpikirkan dan ini akan membantumu mengetahui cara menyelesaikannya.

Ulangi siklus ini sebanyak yang dibutuhkan sebelum Kamu merasa nyaman meluncurkan bisnis.

Baca juga: Bagi Bisnis, Kegagalan Bukan Akhir

Ilustrasi

Langkah # 6: Luncurkan Bisnismu dan Sesuaikan

Pada titik ini, Kamu memiliki daftar panjang hal-hal yang telah dilakukan hanya untuk membuat bisnis siap diluncurkan. Akan tetapi sekarang pekerjaan yang sebenarnya baru dimulai. Tugasmu adalah menemukan pelanggan pertama, kumpulkan umpan balik, promosikan bisnismu dan temukan cara untuk emmbuatnya menjadi emnguntungkan.

Ini lebih mudah untuk beberapa bisnis daripada yang lain, tetapi itu tidak pernah mudah. Menjalankan bisnis yang sukses membutuhkan banyak ketekunan dan kemauan untuk gagal dan belajar.

Jadi, kapan Kamu mulai bisnismu sendiri?

Baca juga:
Kapan Waktu yang Tepat Merilis Produk?

  • Editor: Wicak Hidayat
  • Sumber: digital.com
LATEST ARTICLE