LogoDIGINATION LOGO

JMFW 2018, Ruang Bagi Disabilitas Unjuk Gigi Merancang Busana hingga Jalan di Runway

author Oleh Desy Yuliastuti Selasa, 24 Juli 2018 | 09:02 WIB
Share
Tinggal menghitung hari, gelaran event fesyen internasional Jakarta Modest Fashion Week (JMFW) 2018 akan diadakan tanggal 26-29 Juli di Gandaria City, Jakarta Selatan
Share

Tinggal menghitung hari, gelaran event fesyen internasional Jakarta Modest Fashion Week (JMFW) 2018 akan diadakan tanggal 26-29 Juli di Gandaria City, Jakarta Selatan.

Pada Modest Fashion Week perdana di Asia Tenggara ini, ada hal berbeda yang coba ditonjolkan Franka Soeria, Founder Modest Fashion Weeks Global yang memberi kesempatan pada penyandang disabilitas untuk memamerkan rancangan busana dan berjalan di runway JMFW 2018.

Menggandeng Indonesia 2018 Asian Para Games, JMFW 2018 membuat proyek jangka panjang ‘Dream & Design for Disabilities’ yang melibatkan komunitas bisu-tuli dan penyandang disabilitas dari Indonesia, Turki, dan Jerman dalam proses penciptaan busana. Ada pula peragaan busana para desainer oleh atlet Indonesia peraih medali emas di Asian Para Games.

“Para disabilitas ini kami beri ruang untuk mencipta sebuah karya fashion yang nantinya ditampilkan di JMFW 2018 dan tidak berhenti di situ, pakaian yang mereka buat akan dipasarkan di pasar ritel Indonesia,” terang Franka.

Franka menambahkan, timnya pun berencana memberi brand untuk karya para disabilitas ini. “Think Fashion and Markamarie akan melahirkan brand khusus untuk membuat projek ini menjadi projek jangka panjang.”

-

Sementara itu, Director Marketing Look and Feel Division Indonesia 2018 Asian Para Games, Mirsya Budiarsi, menjelaskan “model” disabilitas yang bakal tampil di runway membawakan koleksi busana adalah atlet berprestasi,

“Ada dua atlet Para Swim, Laura Aurelia Dinda dan Nur Aimah. Mereka akan berjalan di Jakarta Modest Fashion Week 2018 runway hari Sabtu, 28 Juli 2018. Mereka ini merupakan atlet yang dikategorikan hero atlet,” jelas Mirsya.

Mirsya juga berharap dengan tampilnya atlet Indonesia 2018 Asian Para Games dapat memotivasi banyak anak-anak disabilitas di luar sana agar semakin percaya diri untuk berprestasi dan berkarya dalam skala internasional.

Digelar selama empat hari, Jakarta Modest Fashion Week dihadiri 21 negara dan menampilkan karya 18 desainer dari Rusia, Kanada, Australia, Jepang, Turki, Jordan, Oman, Kyrgystan, Singapura, Malaysia, Austria, dan Uni Emirat Arab (UEA).

Tak ketinggalan, ada 27 desainer Indonesia bergabung untuk menampilkan ragam koleksinya. Desainer dan brand yang hadir di antaranya, Medina Zein, Dian Pelangi, Irna Mutiara, Khanaan Salman, dan Sayee.

Baca juga: Bukan 2020, Jakarta Akan Jadi Pusat Fesyen Dunia Sekarang!

  • Editor: Wicak Hidayat
TAGS
LATEST ARTICLE