LogoDIGINATION LOGO

Ekspor Manufaktur Ke Australia Tumbuh 18,7 Persen

author Oleh Sukindar Selasa, 17 Juli 2018 | 09:36 WIB
Share
Ekspor menjadi salah satu dari dua hal yang sedang dibangun oleh pemerintah, yang satunya adalah investasi, dalam menghadapi perekonomian global yang sedang tidak menentu
Share

Ekspor menjadi salah satu dari dua hal yang sedang dibangun oleh pemerintah, yang satunya adalah investasi, dalam menghadapi perekonomian global yang sedang tidak menentu.

Senjata yang dianggap ampuh ini senantiasa dipacu oleh pemerintah untuk mendorong pertumbuhan perekonomian nasional, terkhusus untuk ekspor di sektor industri manufaktur.

“Sebab, sektor ini mampu memberikan kontribusi signifikan sehingga mendorong pertumbuhan ekonomi nasional serta menekan defisit perdagangan,” kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto.

Berdasarkan data yang diulas oleh Kementerian Perindustrian, industri manufaktur mampu berkontribusi sangat besar dalam ekspor yang salah satunya ditujukan ke Australia.

Ekspor ke Australia di sektor pengolahan tercatat dapat tumbuh hingga sebesar 18,7% pada kuartal I tahun 2018 saat dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2017.

Baca Juga:
Dua Kunci Pertumbuhan Ekonomi

Atau kalau diuangkan, angka tersebut mampu mengubah angka ekspor industri manufaktur menjadi USD399,3 juta dari yang sebelumnya hanya USD336,3 juta.

Naiknya laju pertumbuhan tersebut mampu mendongkrak peningkatan nilai ekspor secara keseluruhan ke Australia sebesar 13,1% menjadi USD667,8 juta.

Jika dilihat dari keseluruhan ekspor Indonesia, industri manufaktur juga mendorong peningkatan laju pertumbuhan keseluruhan ekspor hingga 4,5 untuk kuartal pertama ini, dari USD30,6 miliar tahun lalu, menjadi USD32 miliar tahun ini.

Kementerian Perindustrian mengungkapkan, besarnya pertumbuhan nilai ekspor ke Australia di sektor manufaktur dipengaruhi oleh pertumbuhan beberapa komoditas, seperti elektronik, plastik dan produk plastik, produk logam, mesin-mesin, produk kayu, serta produk karet.

Sementara itu, untuk mendongkrak laju pertumbuhan di masa mendatang, pemerintah sedang berupaya untuk turut mengakselerasi penyelesaian perundingan perdagangan bebas dalam kerangka Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA).

  • Editor: Wicak Hidayat
  • Sumber: Kemenperin
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB