LogoDIGINATION LOGO

Buat Pemasaran, Kecerdasan Buatan Juga Bisa

author Oleh Sukindar Kamis, 5 Juli 2018 | 16:56 WIB
Share
Bagi sebagian pelaku usaha online, Copywriting kadang menjadi bagian dari pekerjaan
Share

Bagi sebagian pelaku usaha online, Copywriting kadang menjadi bagian dari pekerjaan. Teknik ini digunakan untuk menarik pelanggan melakukan respons sesuai keinginan kita melalui tulisan.

Namun sayangnya, teknik ini dapat memakan waktu yang cukup banyak karena memerlukan berbagai revisi dalam melakukannya.

Di sisi lain, Alibaba Grup mengungkapkan, satu produk bahkan bisa membutuhkan hingga 10 versi teks pemasaran untuk format iklan yang berbeda, seperti poster, spanduk situs, halaman penjelasan produk, dan halaman program khusus lainnya.

Melalui divisi pemasarannya Alimama, Alibaba Grup meluncurkan AI Copywiter untuk memotong banyaknya waktu tersebut, dalam rangka meningkatkan efisiensi waktu pembuatan teks pemasaran.

AI Copywriter adalah teknologi copywriting yang menggunakan teknologi kecerdasan buatan, termasuk menggunakan teknologi Deep Learning dan Natural Language Processing untuk mempelajari berbagai contoh tulisan dari situs e-commerce Alibaba, Tmall dan Taobao.

Dengan memanfaatkan teknologi ini, pelaku usaha online dapat menemukan berbagai macam contoh teks pemasaran untuk produknya hanya dengan memasukkan tautan dan mengklik tombol “Produce Smart Copy”.

Baca Juga:
Kecerdasan buatan Beri Dampak Luar Biasa di Indonesia dan Asia

General Manager Alimama Marketing Christina Lu menjelaskan, “Semua konten yang dihasilkan oleh AI Copywriter adalah hasil dari penerapan model deep learning yang mengacu pada berbagai konten berkualitas yang dibuat oleh manusia.”

Menurutnya, dengan menggunakan teknologi kecerdasan buatan dalam pemasaran, pelaku usaha dapat mencurahkan lebih banyak energi untuk memperkaya pekerjaan kreatif.

Sebelum dirilis pada tanggal 4 Juli 2018, teknologi baru ini telah berhasil melewati Uji Turing, yakni sebuah tes yang menilai apakah sebuah mesin mampu memperlihatkan kecerdasan seperti manusia.

Hasil dari pengujian ini menunjukkan, AI Copywiter mampu menghasilkan 20.000 contoh teks pemasaran dalam satu detik yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan para penggunanya, seperti jumlah kata, gaya tulisan, dan lain sebagainya.

Selain meluncurkan teknologi ini, Alibaba juga telah meluncurkan alat mendesain spanduk pintar pada bulan April dan teknologi penyedia video berbasis kecerdasan buatan untuk memproduksi video promosi.

  • Editor: Wicak Hidayat
TAGS
LATEST ARTICLE

Fintech, Gaya Hidup Baru Kaum Urban

Bagaimana perkembangan fintech selama 2019? Laporan dari DailySocial dan App Annie kami rangkum dalam artikel ini

Selasa, 31 Maret 2020 | 11:30 WIB

Tren Penghasilan Aplikasi Mobile

Seiring dengan peningkatan pengguna smart phone, para pembuat aplikasi mobile saat ini sedang mengalami masa keemasannya.

Kamis, 12 Maret 2020 | 11:46 WIB