LogoDIGINATION LOGO

Alasan Utama Kenapa Bisnis Bisa Gagal

author Oleh Sukindar Selasa, 3 Juli 2018 | 16:12 WIB
Share
Jika berkaca pada kisah sukses dari Google, Facebook, Airbnb, atau perusahaan sukses lainnya, maka meluncurkan startup-mu sendiri akan terlihat sangat menjanjikan
Share

Jika berkaca pada kisah sukses dari Google, Facebook, Airbnb, atau perusahaan sukses lainnya, maka meluncurkan startup-mu sendiri akan terlihat sangat menjanjikan.

Namun, tahukah kamu, 20% bisnis kecil gagal pada tahun pertamanya, dan 50% darinya gagal setelah berjalan selama lima tahun?

Kegagalan ini, menurut pemilik Dallas Mavericks sekaligus investor “Shark Tank” Mark Cuban, hampir sebagian besar diakibatkan oleh etos kerja.

Dalam saluran YouTube Valuetainment, Cuban mengungkapkan bahwa alasan pertama orang-orang gagal membangun bisnis adalah “kekurangan akal dan kekurangan usaha”.

Dia menambahkan, kamu dijamin akan menemui persaingan berat dan orang-orang yang lebih mengenal bidang industrimu saat memulai usaha jika kamu tidak lebih baik.

Baca Juga:
9 Penyebab Umum Kegagalan Startup

Cuban menyarankan, untuk mendidik diri sendiri dan mengungguli para pesaingmu karena itu merupakan pekerjaanmu.

Menurutnya, kamu akan kalah jika kamu memasuki lingkungan yang kompetitif dan pesaingmu mengetahui lebih baik bidang yang kamu tekuni.

Perlu ditegaskan, kegagalan mempertimbangkan inilah yang menyebabkan banyak pelaku bisnis rintisan gagal bersinar dan harus tersingkir dari kerasnya persaingan.

Oleh karena itu, Cuban mencoba menyarankan, kamu harus berusaha untuk mengetahui lebih banyak tentang bidang industri yang kamu tekuni daripada orang lain.

Cuban sebenarnya sudah cukup lama mengaitkan kesuksesan bisnisnya dengan kerja keras. Baginya, semua usaha yang dilakukan dalam menjalankan usaha akan mengalahkan faktor lain, seperti semangat, uang, dan koneksi, saat kesuksesan berhasil diraih.

  • Editor: Wicak Hidayat
  • Sumber: CNBC
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB