LogoDIGINATION LOGO

Ramadan Adalah Panen Raya

Oleh Sukindar Selasa, 3 Juli 2018 | 02:35 WIB
Share
Meskipun telah usai, momen Ramadan masih menjadi bahan evaluasi bagi sebagian pelaku usaha e-commerce, mengingat pada momen tersebut kebanyakan pelaku mendulang untung yang lebih banyak
Share

Meskipun telah usai, momen Ramadan masih menjadi bahan evaluasi bagi sebagian pelaku usaha e-commerce, mengingat pada momen tersebut kebanyakan pelaku mendulang untung yang lebih banyak.

Country Head of Shopback Indonesia Indra Yonathan bahkan menyebutkan, Ramadan merupakan momen panen raya bagi banyak pelaku usaha.

Hal ini berlaku tidak hanya bagi para pelaku e-commerce, tetapi juga bagi pengusaha retail offline di hampir seluruh wilayah Indonesia.

“Walaupun kondisi rupiah yang menguat terhadap dolar, tidak berpengaruh terhadap daya beli masyarakat selama Ramadan. Sepanjang Ramadan tahun ini, daya beli konsumen Shopback meningkat hingga 74% dibandingkan dengan tahun lalu,” ungkap Yonathan.

Menurut Yonathan, meningkatnya transaksi dan pemesanan selama bulan Ramadan juga diakibatkan adanya program promo dan diskon besar-besaran, seperti Shopee dengan Big Ramadhan Sale-nya atau Lazada dengan program PuaSale-nya.

Baca Juga:
Kurma dan Baju Muslim Dominasi Penjualan di Bulan Ramadan

Program-program yang menguntungkan pembeli inilah yang menurut Yonathan telah mengubah gaya hidup masyarakat di Indonesia.

Berdasarkan mini survey yang dilakukan Shopback, program diskon dan cashback menjadi dua faktor utama yang mempengaruhi keputusan masyarakat berbelanja sepanjang bulan Ramadan.

Dalam survei yang dilakukan pada 500 orang responden yang senang berbelanja online di Jabodetabek tersebut, Shopback juga menemukan tiga produk yang paling dicari selama bulan Ramadan, termasuk fesyen dan aksesori, pulsa, serta groceries.

Data internal Shopback menemukan, peningkatan transakasi kategori fesyen dan aksesoris mencapai 78,6 persen, diikuti oleh pulsa sebesar 64,7 persen, serta groceries sebesar 18,8 persen.

Secara keseluruhan, Shopback sendiri berhasil mencatatkan peningkatan transaksi hingga 3 kali lipat sepanjang Ramadan tahun ini, dengan rata-rata belanja hingga Rp 1,2 juta rupiah.

  • Editor: Wicak Hidayat
TAGS
LATEST ARTICLE

Kuliner Passionmu? Ikutan Ini, Nyok!

Permasalahan dalam Industri kuliner di Indonesia cukup rumit. Tapi, jangan khawatir! Yuk, tengok potensi dan peluangnya.

Senin, 22 April 2019 | 17:13 WIB

Masih Berharap Uang Tunai Dalam Dompet Konsumen?

Semakin praktis dan populernya layanan dompet digital sedikit-banyak akan mendorong konsumen untuk ganti dompet. Masih berharap ada uang tunai dalam dompet konsumen?

Jumat, 5 April 2019 | 10:47 WIB

AI untuk UMKM. Mmm, Seperti Apa, ya?

Dari 60 juta UMKM Indonesia hanya 5 % yang sudah memanfaatkan internet. Untuk mendorong pertumbuhan ini Halosis hadir untuk memajukan UMKM dengan teknologi Artificial Intelligence.

Kamis, 14 Maret 2019 | 09:30 WIB