LogoDIGINATION LOGO

Begini Lho Cara Memulai Perusahaan E-commerce

author Oleh Sukindar Senin, 2 Juli 2018 | 09:57 WIB
Share
Tidak mudah untuk memulai sebuah perusahaan yang berkecimpung di bidang e-commerce
Share

Tidak mudah untuk memulai sebuah perusahaan yang berkecimpung di bidang e-commerce. Bahkan kadang, untuk memulainya harus melewati jalan yang suram.

Bisnis e-commerce merupakan bisnis yang sangat menjanjikan, kamu bisa membawa dunia ke ujung jari, dengan pasar dunia yang lebih memikat untuk meningkatkan visibilitas dan penjualan.

CEO Practicology global Chris Vincent menuturkan, ekspansi internasional merupakan cara terbaik untuk mengurangi risiko dan ketergantungan pada satu pasar untuk semua penjualan Anda.

Kepada E-Commerce Times, beliau mengungkapkan, cara tersebut merupakan cara bagus untuk mengimbangi penjualan yang lebih lembut secara domestik jika kamu menjual produk yang unik dan laris, atau untuk bersaing dengan pemain lokal pada pengiriman atau harga.

Untuk itu, berikut ini beberapa tips yang perlu kamu ketahui sebelum memulai perusahaan yang berkecimpung di bisnis e-commerce.

Ketahui Terlebih Dahulu Kenapa Kamu Harus Mendunia

Sebelum menjelajah jauh dari pasar lokal yang kamu miliki, penting untuk mengetahui mengapa kamu harus melakukannya.

Hal ini harus dilakukan, terutama untuk memperkirakan apakah produk yang kamu jual akan laku juga di pasar yang lebih luas.

Selain itu, hal ini juga perlu dilakukan untuk menyelesaikan pekerjaan rumah dahulu sebelum memperluasnya secara global.

Logistik Juga Penting

Sangat penting bagi kamu untuk mempertimbangkan bagaimana kamu memenuhi pasar, serta bagaimana produk yang kamu jual dapat sampai ke pelanggan.

Jangan menunggu sampai produk pertama terjual, baru memikirkan bagaimana langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan.

Senior vice present for products di Elastic Path Peter Lukomskyj menyarankan, pertama kali perusahaan dapat menentukan terlebih dulu apakah akan menggunakan model yang sama dengan pasar sebelumnya, atau menggunakan metode yang sepenuhnya dilokalkan sesuai pasar yang dituju.

Ketahui Pasarmu

Mempelajari budaya lokal sebelum mengembangkan pasar juga sangat penting. Dengan wawasan ini, kamu akan bisa menggunakan metode yang tepat untuk mengakuisisi pelanggan, bukan malah sebaliknya.

Memahami iklim pasar lokal sekaligus norma-norma yang berlaku sangat dibutuhkan, menurut Lukomskyj, karena pasar baru bisa saja tertutup jika budaya lokal setempat tidak dihormati.

Baca Juga:
Bagaimana Membangun Strategi Bisnis E-commerce?

Pastikan Sistem Pembayaran

Memiliki jangkauan yang luas, tentu akan berakibat terhadap jenis pembayaran yang cukup beragam tergantung wilayah mana yang disasar.

Oleh karenanya, perlu sekali dipastikan sistem pembayaran yang tepat, sesuai, dan masuk akal di wilayah yang menjadi target baru.

Jangan Lupa Pada Pajak dan Biaya

Salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan bisnis ketika menjadi global adalah gagal untuk menyelidiki pajak dan biaya di pasar yang mereka masuki.

Kamu harus benar-benar hati-hati dalam urusan ini. Pahami peraturan pajak sesuai dengan entitas hukum utama di perusahaanmu.

Karena menurut Lukomskyj, beberapa negara mengharuskan mitra lokal untuk memiliki persentase badan hukum yang menjual barang di negara itu.

Bekerjasamalah!

Perlu ditekankan, ketika menjadi global, kamu tidak perlu melakukan segalanya secara sendiri. Jangan takut untuk mencari mitra pemasaran, penjualan, pemenuhan, dan distribusi yang mengetahui pasar lokal dan dapat membantu meningkatkan bisnismu di sana.

Hal ini bahkan berlaku bagi perusahaan berkapasitas besar, yang memiliki banyak tim sekalipun. Bekerja sama dengan mitra lokal akan membantumu memahami setiap komponen utama, seperti pemasaran, penjualan/e-commerce, pemenuhan, dan dukungan.

Tekankan Layanan Pelanggan yang Baik

Dengan semakin baiknya sistem layanan pelanggan, perusahaanmu akan semakin lebih mudah dalam mengatasi berbagai macam permasalahan yang muncul.

Bahkan menurut CEO Spreadshirt Philip Rooke, kesuksesan pemasaran global datang bersama dengan penawaran layanan pelanggan yang baik.

  • Editor: Wicak Hidayat
  • Sumber: Ecommerce Times
TAGS
LATEST ARTICLE