LogoDIGINATION LOGO

Inklusivitas Penting di Ekonomi Digital

author Oleh Sukindar Senin, 28 Mei 2018 | 05:20 WIB
Share
Transformasi digital telah mengubah pola kehidupan, termasuk bidang perekonomian yang salah satunya ditandai dengan kemunculan beragam platform toko online, marketplace, dan e-commerce
Share

Transformasi digital telah mengubah pola kehidupan, termasuk bidang perekonomian yang salah satunya ditandai dengan kemunculan beragam platform toko online, marketplace, dan e-commerce.

Tidak terlepas juga di Indonesia, perubahan pola perekonomian ini menghadirkan peluang sekaligus tantangan yang cukup besar, dari mulai infrastruktur hingga regulasi.

Menyadari hal tersebut, Dirjen Perundingan Perdagangan Internasional Kementerian Perdagangan Iman Pambagyo menekankan pentingnya unsur inklusivitas dalam pertumbuhan ekonomi di era digital.

“Kita ingin seluruh masyarakat Indonesia mendapat manfaat ekonomi sebesar-besarnya karena perubahan tersebut dapat mendorong pemerataan kesejahteraan,” tegas Iman seusai APEC 2018.

Dalam hal ini, UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) digadang-gadang akan memegang peranan yang sangat penting, sehingga perlu difasilitasi dengan tepat.

Baca Juga:
Indonesia Digadang Jadi Surganya Startup Unicorn

Misalnya, Iman mencontohkan, dengan memfasilitasi UMKM menggunakan aktivitas platform e-commerce yang sedang menggeliat untuk saat ini.

Dengan fasilitas tersebut, UMKM akan memiliki daya saing yang tinggi sehingga mampu menembus pasar global secara maksimal di masa mendatang.

Kesadaran masyarakat akan fenomena perekonomian berbasis digital ini juga perlu dipersiapkan dengan berbagai kebijakan untuk memastikan keamanannya.

Sementara itu, sejalan dengan hal tersebut, Indonesia telah turut andil dalam pertemuan para Menteri Perdagangan Asia Pacific Economic Cooperation (APEC) 2018 yang berlangsung di Papua Nugini selama 25 hingga 26 Mei 2018 lalu.

Dalam pertemuan yang mengusung tema “Harnessing Inclusive Opportunities, Embracing the Digital Future”, lahir beberapa kesepakatan untuk menyongsong ekonomi digital di kawasan Asia pasifik.

Kesepakatan tersebut di antaranya adalah perluasan akses ekonomi dan perdagangan, penguatan konektivitas, optimalisasi pemanfaatan teknologi digital, internasionalisasi UMKM, serta penciptaan pertumbuhan yang inklusif dan berkelanjutan.

  • Editor: Wicak Hidayat
  • Sumber: Kemendag
TAGS
LATEST ARTICLE

Begini Fakta Generasi Sandwich

Generasi sandwich masih berhak happy meski terhimpit dua tanggungan ekonomi sekaligus, apa rahasianya?

Selasa, 18 Januari 2022 | 22:13 WIB

Industri Gaming di Dunia Metaverse 

Jika gaming Indonesia berhasil sukses di dunia Internet, apakah metaverse juga membawa pengalaman yang sama bahkan bisa lebih berpotensi?

Selasa, 4 Januari 2022 | 17:52 WIB