LogoDIGINATION LOGO

Monetasi IAP Kini Tersedia di Instant Games Facebook

author Oleh Sukindar Rabu, 2 Mei 2018 | 02:45 WIB
Share
Selain iklan, pembelian dalam aplikasi atau In-App Purchases (IAP) merupakan startegi monetasi yang cukup sering digunakan oleh para pengembang atau penerbit aplikasi
Share

Selain iklan, pembelian dalam aplikasi atau In-App Purchases (IAP) merupakan startegi monetasi yang cukup sering digunakan oleh para pengembang atau penerbit aplikasi.

Dengan strategi ini, pengembang atau penerbit dapat memperoleh pendapatan meskipun aplikasi atau game buatannya dirilis secara gratis di toko aplikasi.

Untuk membantu para penerbit atau pengembang aplikasi, Facebook di acara tahunannya F8 2018 secara resmi mengumumkan IAP kini tersedia untuk platform Instant Games miliknya.

Mulai tanggal 7 Mei 2018 mendatang, ketersediaan IAP sudah mulai diimplementasikan Facebook ke dalam platform-nya tersebut, namun mulai sekarang penerbit atau pengembang sudah dapat melirik dokumentasinya.

Software Engginer Facebook Tore Hanssen menyebutkan dalam artikelnya, mengaktifkan IAP selalu terdapat dalam road map platform Instant Games, yang akan menjadi bagian penting untuk membantu pengembang menjadi sukses.

Baca Juga:
Diterpa Skandal, Mesin Uang Facebook Tidak Berhenti

Langkah ini menyusul ketersediaan iklan yang sudah dapat diimplementasikan ke dalam aplikasi platform Instant Games pada bulan lalu.

Dan pada tahap sebelumnya, Pengaktifan IAP di platform Instant Games ini sebenarnya telah diuji coba mulai dari enam bulan lalu pada beberapa aplikasi pilihan.

Untuk sekarang, Facebook baru menyediakan IAP ini untuk aplikasi di platform Instant Games pada web maupun Android, dan baru mengekplorasinya di platform lain.

Dengan menggunakan IAP ini, setiap pembelian dalam aplikasi dalam platform Instant Games di Web akan dikenakan model pembagian 70% untuk pengembang atau penerbit, dan 30% untuk Facebook.

Namun, untuk pembelian di platform Android akan mengikuti aturan pembagian dari Google Play, dimana 30% pemotongan dari Facebook akan dilakukan pada hasil akhir pendapatan setelah dikenai ketentuan dari Google Play.

  • Editor: Wicak Hidayat
  • Sumber: Facebook
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB