LogoDIGINATION LOGO

Tantangan Besar Ekonomi Digital Indonesia

author Oleh Ana Fauziyah Senin, 28 Agustus 2017 | 03:18 WIB
Share
Ekonomi digital Indonesia memiliki banyak ruang untuk tumbuh
Share

Ekonomi digital Indonesia memiliki banyak ruang untuk tumbuh. Dengan jumlah populasi 260 juta dan pengguna internet baru yang bertambah 3,8 juta setiap bulannya. Indonesia merupakan pasar potensial terbesar di kawasan Asia Tenggara. Pasar e-commerce diperkirakan akan berkembang menjadi 46 miliar dolar Amerika dalam satu dekade.

Presiden Joko Widodo menargetkan Indonesia akan memiliki 1.000 technopreneurs dan ekonomi digital senilai 130 miliar dolar Amerika pada tahun 2020. Namun, potensi tersebut dibayang-bayangi oleh beberapa tantangan besar yang menunggu dituntaskan oleh pemerintah, di antaranya:

  1. Kebijakan pemerintah

Investasi di sektor ekonomi digital masih terhalangi peraturan dan perizinan yang rumit. Thomas Lembong, ketua Badan Koordinasi Penanaman Modal, pada sebuah seminar yang diselenggarakan oleh The Economist di Jakarta mengatakan bahwa Indonesia memiliki terlalu banyak peraturan, terlalu banyak izin dan lisensi.  “Banyak undang-undang yang tidak jelas, tidak terkoordinasi, bertentangan satu sama lain,” tambah Thomas lagi.

  1. Infrastruktur

Jaringan infrastruktur tidak bisa dinikmati secara merata di seluruh wilayah Indonesia. Banyak wilayah termasuk pulau-pulau kecil belum terjamah pembangunan infrastruktur sehingga menyulitkan distribusi produk dan jasa. Hal ini tentu saja berdampak pada pertumbuhan ekonomi yang tidak merata pula.

  1. Jaringan komunikasi dan internet

Selain infrastruktur yang belum merata, penetrasi jaringan komunikasi dan internet juga belum menyebar ke seluruh wiayah Indonesia. Banyak pulau terpencil yang belum tersentuh akses komunikasi dan jaringan internet.

  1. Pendidikan dan sumber daya manusia

Sumber daya manusia Indonesia dinilai belum sepenuhnya matang dalam menghadapi target ekonomi digital 2020. Pendidikan layak lebih banyak dinikmati oleh masyarakat yang tinggal di kota-kota besar saja.

Pendidikan dan peningkatan sumber daya menusia merupakan PR terbesar bagi pemerintah Indonesia, sebab program ekonomi digital harus juga memperhatikan bagaimana masyarakat dapat memaksimalkan penggunaaanya dan mendapatkan manfaat sebesar-besarnya.

  • Editor: Wicak Hidayat
  • Sumber: Asia.nikkei.com
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB