LogoDIGINATION LOGO

Mengenal Bisnis Kopi Lewat Coffee Journey

author Oleh Sukindar Rabu, 28 Maret 2018 | 09:34 WIB
Share
Bisnis Coffee Shop sudah mulai menjamur belakangan ini
Share

Bisnis Coffee Shop sudah mulai menjamur belakangan ini. Melihat hal tersebut, Ralali.com berkolaborasi dengan Koultoura Coffee mengadakan workshop mengenai bisnis ini.

Peningkatan minat masyarakat dalam mengkonsumsi kopi tak terlepas dari jenis kopi, serta ketertarikan terhadap hal unik dari coffee shop tersebut.

Beberapa hal tersebut di antaranya adalaha lokasi yang strategis, konsep kedai yang menarik, hingga penyajian kopi yang berkualitas.

Melihat hal tersebut, Ralali.com dan Koultoura Coffee menghadirkan sebuah workshop dengan mengusung tema “Coffee Journey: Cupping Coffee Show” pada hari Sabtu (24/3) lalu.

Dalam workshop ini, penggiat kopi, khususnya yang berada di Jabodetabek, dapat belajar mengenal teknik cupping dari perspektif coffee professional.

Acara lokakarya ini menghadirkan Ardian Maulana, seorang Professional Coffee Instructor, dan Partnership & PR Lead dari Ralali.com, Ranu Prasetyo.

Baca Juga:
Ralali.com Adakan Workshop bagi Pebisnis Kopi

Pengusaha kopi harus memiliki dua hal agar bisnisnya dapat bertahan, yakni racikan kopi yang pas dan dukungan suasana Coffee Shop yang nyaman.

Selain itu, pengusaha kopi juga harus mengetahui proses pembuatan kopi dari hulu ke hilir agar dapat memastikan kualitas dari kopi yang akan disajikan.

Ardian yang juga merupakan Certified Indonesian Coffee Judge 2015-2018 menyatakan,“Mereka yang ingin bertahan di bisnis coffee shop harus sadar betul bahwa masyarakat sekarang sudah mampu menilai kualitas dari secangkir kopi.”

“Oleh karena itu, penting untuk terus mengobservasi dan mengevaluasi kopi yang diseduh agar menonjolkan cita rasa yang terbaik,” lanjutnya.

Konsep dan lokasi dari Coffee Shop juga membawa andil yang cukup besar dalam meningkatkan daya saing antar Coffee Shop, terutama untuk menarik peminat kopi di kota metropolitan.

Baca Juga:
Ralali Tangkap Potensi Bisnis Kopi Kekinian di Bali

Sebagai kiblatnya, Ralali.com yang bergerak di bidang B2B online marketplace menggandeng Koultoura Coffee, yang memiliki toko yang hampir tidak pernah sepi.

Di sisi lain, menurut Ranu, pembisnis di bidang kopi harus mampu memanfaatkan kehadiran teknologi, baik untuk promosi maupun memperoleh kebutuhan mereka.

Ranu juga meyakini bahwa bisnis coffee shop merupakan bisnis yang menjanjikan, tapi harus diimbangi dengan pemahaman mengenai seluk beluk bisnis tersebut.

Melalui workshop di Coffee Shop yang berlokasi di Kedoya, Jakarta Barat ini, Ralali.com berusaha memfasilitasinya dengan kiat-kiat dalam menjalankan bisnis ini.

Acara lokakarya ini mendapat antusiasme yang cukup tinggi, terlihat dari puluhan peserta dari berbagai macam latar belakang hadir untuk belajar menilai secangkir kopi.

  • Editor: Wicak Hidayat
  • Sumber: PressRelease.id
TAGS
LATEST ARTICLE

Mau Mulai Bisnis? Keluarlah dari Zona Nyaman!

Zona nyaman memang membuat kita sulit beranjak. Tetapi, untuk memulai bisnis kita harus keluar dari zona nyaman tersebut. Yuk, simak cerita CEO dan Co-Founder Logisly tentang bagaimana ia keluar dari zona nyaman dan memulai bisnisnya.

Senin, 19 Agustus 2019 | 14:28 WIB

Ini Dia Konsep Smart City ala TIBCO!

Konsep smart city banyak ditawarkan oleh beberapa perusahaan, salah satunya TIBCO Software Inc. Seperti apa sih konsepnya?

Selasa, 30 Juli 2019 | 11:15 WIB