LogoDIGINATION LOGO

Ini Format Konten Blog untuk Bisnis 2024 

author Oleh Dewi Shinta N Selasa, 23 Januari 2024 | 11:05 WIB
Share
Share

 

Dalam era digital yang terus berkembang, memiliki keberadaan daring yang kuat menjadi hal yang semakin penting bagi bisnis. Salah satu cara efektif untuk membantu kehadiran online salah satunya yaitu melalui blog. Ini adalah taktik marketing, tidak hanya memberikan informasi kepada pembaca melainkan juga dapat meningkatkan visibilitas bisnis yang pada akhirnya mendorong pembaca membeli produk atau layanan bisnis kamu.

Namun, untuk mencapai hasil yang optimal, sangat penting untuk mengikuti format konten blog terkini yang relevan dengan tren dan kebutuhan pasar. Berikut adalah beberapa panduan untuk format konten blog yang dapat membantu kamu dalam meningkatkan visibilitas dunia daring di tahun 2024

  1. Konten Interaktif

Konten blog interaktif adalah cara terbaik untuk mendapatkan engagement pembaca, tidak hanya mendorong partisipasi mereka melainkan juga membantu memberikan insight dari point of view pembaca terkait produk atau layanan bisnis kamu. Postingan pada konten interaktif dapat mencakup polling, membuka kolom komentar, elemen infografis, atau kamu dapat embed video & GIFs yang memberikan pengalaman mendalam bagi pembaca. 

Baca juga: Metode Machine Learning Data Science untuk Media Intelligence

  1. Mobile-friendly Konten

User experience ternyata juga akan berpengaruh lho, pembaca akan membeli atau menggunakan layanan/bisnis kamu. Yup, konten blog dengan mobile-friendly juga membantu bisnis meningkatkan visibilitas di dunia daring. Mengingat era zaman now ini, hampir seluruh masyarakat sudah mempunya mobile-phone maka dengan memastikan blog kamu optimal tampilan mode mobile membantu mereka mengakses konten blog lebih banyak dan lebih lama. Desain responsif memastikan pengalaman yang baik bagi pengguna, terlepas dari perangkat yang mereka gunakan.

  1. Cerita Sukses dan Studi Kasus

Bagikan cerita sukses atau studi kasus dari pelanggan maupun klien kamu. Hal ini tidak hanya membangun kepercayaan, tetapi juga memberikan ilustrasi konkret tentang bagaimana produk atau layanan kamu dapat memberikan nilai tambah. Untuk membuat konten blog cerita sukses dan studi kasus ternyata ada tips-nya lho, hal penting dan perlu digaris bawahi yaitu pastikan headline pada konten blog memiliki 3 elemen; (1) Manfaat yang spesifik, (2) Menuliskan angka, dan (3) time-frame

  1. Tanya Jawab (FAQ)

Format konten tanya jawab atau frequently ask question sangat penting bagi bisnis, tidak hanya memberikan kumpulan informasi berharga yang terorganisir melainkan juga memberikan penjelasan lengkap yang sering ditanyakan oleh pelanggan tentang produk layanan, misalnya seperti berapa lama pengiriman barang yang telah dibeli?, metode pembayaran yang dapat digunakan?, dan lainnya. Dengan adanya halaman FAQ pada blog bisnis, akan membantu menavigasikan perjalanan pembaca ketika menjelajahi situs web kamu serta mendapatkan informasi mengapa produk dan layanan bisnis kamu sesuai dengan keinginan mereka. 

Baca juga: 4 Persiapan Belajar Data Science Gratis untuk Pemula


Mengikuti format blog terkini adalah langkah penting untuk memastikan bahwa bisnis kamu tetap relevan dan terkoneksi dengan audiens di dunia daring. Tidak hanya mengintegrasikan elemen-elemen ini saja kedalam strategi konten kamu, penting juga sebagai pebisnis mengintegrasikan elemen data yang bisa meningkatkan kredibilitas, visibilitas dan keberlanjutan bisnis. Data is the new oil, dimana menggambarkan data memberikan berbagai potensi baru yang bernilai dan sebagai aset bisnis secara fakta berdasarkan dari pengolahan dan analisis data.

Ingin mulai belajar Data? Pemula di bidang Data dan ingin mengimplementasikan tools analisis data pada bisnis? DQLab merupakan kursus online belajar Data Science yang memberikan program materi dan modul terstruktur berdasarkan kebutuhan industri. Informasi lebih lanjut terkait programnya, pelajari melalui tautan https://dqlab.id/bootcamp-data-analyst-with-python-and-sql .

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB