LogoDIGINATION LOGO

3 Cara Kecerdasan Buatan Mengubah Dunia Bisnis

author Oleh DQLab Selasa, 31 Oktober 2023 | 13:54 WIB
Share
Share

 

Kecerdasan Buatan atau dikenal dengan Artificial Intelligence telah menjadi pusat perhatian dalam perkembangan teknologi modern. Teknologi ini telah memberikan dampak signifikan pada dunia bisnis, bagaimana AI mampu mengubah cara perusahaan beroperasi dan berinteraksi dengan pelanggan ataupun dengan stakeholder lainnya dalam bekerjasama. Seperti mulai dari layanan kesehatan, transportasi, perbankan, hingga engineering sekalipun. 

Terlepas dari ukuran dan cakupannya, kecerdasan buatan (AI) termasuk membantu ciptakan peluang bagi beberapa negara untuk berkembang, karena dengan ilmunya mampu menemukan inovasi serta strategi bisnis yang lebih akurat berdasarkan data. Dalam artikel ini, akan membahas beberapa cara konkret yang dilakukan oleh Artificial Intelligence dalam mengubah lanskap bisnis. Yuk simak selengkapnya dibawah ini!

  1. Peningkatan Efisiensi Operasional

Salah satu dampak terbesar dari kecerdasan buatan adalah kemampuannya untuk mengotomatisasi tugas-tugas rutin yang sama dan tugas yang memakan waktu. Sistem AI dapat memproses dan menganalisis data dalam skala besar dengan akurasi tinggi, sehingga memungkinkan untuk menghemat waktu dan sumber daya. 

Baca juga: Belajar Machine Learning Seru dengan Python Cocok Pemula

Contohnya adalah penggunaan pada Chatbot dalam menangani pertanyaan pelanggan secara otomatis atau sistem AI yang mengelola supply chain dengan lebih efisien.

  1. Analisis Data yang mendalam

Kecerdasan buatan memiliki kemampuan yang unik untuk menganalisis data dalam tingkat yang lebih dalam (advanced) yang sulit dilakukan atau dicapai oleh manusia. Melalui algoritma Machine Learning, AI dapat mengidentifikasikan pola dan tren tersembunyi dalam volume data besar. 

Ini dapat memberikan insight secara mendalam tentang perilaku pelanggan, preferensi yang ada di market, dan potensi peluang bisnis lainnya. Sebagai contoh yaitu analisis data konsumen yang mendalam dapat memberikan strategi marketing lebih akurat dan baik hingga mampu meningkatkan segmentasi pasar.

  1. Pengambilan Keputusan yang Lebih Cerdas

Dengan kemampuan analisis yang mendalam, sistem AI dapat membantu perusahaan mengambil keputusan lebih cerdas dan berbasis bukti. Hal ini dapat berupa keputusan terkait harga, strategi marketing digital, atau bahkan melakukan ekspansi pasar sekalipun. Sehingga, dengan keputusan berbasis bukti atau fakta akan meminimalisir kerugian yang memungkinkan dapat terjadi pada bisnis dan juga memaksimalkan potensi keberhasilan.

Baca juga: 4 Persiapan Belajar Data Science Gratis untuk Pemula

Kecerdasan buatan telah membawa banyaknya perubahan fundamental dalam dunia bisnis. Dengan memanfaatkan potensi penuh dari teknologi AI, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi operasional, menganalisis data lebih mendalam, dan juga mengambil keputusan yang lebih cerdas berdasarkan bukti data. Penting bagi pemimpin bisnis untuk mengintegrasikan kecerdasan buatan dalam strategi terutama mempertahankan daya saing bisnis yang terus berubah dan kompetitif.

Ingin mulai belajar ilmu Machine Learning & AI untuk diaplikasikan pada bisnis? DQLab merupakan platform kursus Data Science yang bisa bantu upskill hingga siap berkarir sebagai praktisi data professional data di industri. Ikuti kelas AI & Machine Learning di DQLab.id atau kunjungi tautan https://dqlab.id/bootcamp-machine-learning-and-ai-for-beginner 



  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB