LogoDIGINATION LOGO

Aplikasi untuk Cek Kualitas Udara

author Oleh Dewi Shinta N Selasa, 15 Agustus 2023 | 15:51 WIB
Share
Share

 

Kualitas udara di Indonesia terutama di wilayah Tangerang menjadi sorotan masyarakat. Bagaimana tidak wilayah Tangerang menjadi kota paling berpolusi dengan kualitas udara terburuk nomor satu di Indonesia pada hari ini, Selasa 15 Agustus 2023.

Dari situs pemantau kualitas udara IQAir, indeks kualitas Kota Tangerang saat ini berada di angka 191 AQI US. Angka tersebut menunjukkan kualitas udara di kota ini dalam kategori berwarna merah yang artinya tidak sehat.

Beberapa minggu ini, wilayah Tangerang dan DKI Jakarta memang sedang berada pada krisis udara. Bahkan DKI Jakarta sempat menduduki posisi pertama sebagai kota dengan udara terkotor di dunia menurut Air Quality Index (AQI).

Perlu diingat, polusi udara yang terjadi saat ini dapat menyebabkan Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA), asma, paru-paru basah, dan penyakit pernapasan lainnya. Oleh sebab itu, wajib untuk kita menggunakan masker dan selalu memperhatikan tingkat polusi udara di wilayah kita.

Untuk mengetahui tingkat polusi udara di wilayah kita, berikut aplikasi untuk cek kualitas udara:

Baca juga : Sempat di Juluki Pulau Sampah, Yuk Belajar Kelola Sampah Elektronik Dari Taiwan

1. IQAir AirVisual 

Aplikasi cek kualitas udara itu mencakup lebih dari 10 ribu lokasi dari jaringan global stasiun pemantauan pemerintah dan sensor tervalidasi milik AirVisual. Perusahaan mengklaim aplikasi memiliki cakupan dunia dengan jaringan sensor polusi udara terluas mulai dari Cina, India, Malaysia, Singapura, Jepang, Korea, AS, Kanada, Inggris, Australia, Indonesia, hingga 10 ribu lainnya.

Aplikasi ini mencangkup fitur, data polusi udara historis, real-time, dan prakiraan, peta polusi dunia 2D & 3D, rekomendasi kesehatan, informasi cuaca, pemantauan kualitas udara dalam ruangan, informasi kualitas udara untuk "Kelompok Sensitif” dan masih banyak lainnya.

2. Nafas

Aplikasi Nafas merupakan buatan Indonesia yang dirancang untuk mengelola paparan polusi udara. 

Fitur utama pada aplikasi ini adalah peta kualitas udara real-time yang memiliki lebih dari 160 sensor di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Bali dan lainnya, rekomendasi kegiatan dan gaya hidup, peringkat kualitas udara, artikel dan blog yang menyediakan konten edukasi tentang dampak kualitas udara pada kehidupan dari para ilmuwan dan pakar, dan pemberitahuan informasi saat kualitas udara di lokasi favorit memburuk.

Baca juga : Sampah Elektronik, Buang Atau Perbaiki?

3. Air Matters

Sama seperti aplikasi lainnya, aplikasi ini menawarkan pelayanan yang berfokus pada masalah kualitas udara di dunia untuk menyiarkan kualitas udara secara real-time dan memberikan saran kesehatan bagi pengguna. 

Aplikasi Air Matters dapat diunduh melalui Play Store dan App Store. Pengguna juga dapat menghubungkan perangkat air purifier atau perangkat pemantau udara dengan aplikasi untuk membandingkan kualitas udara di dalam ruangan dengan di luar ruangan.

4. Plume Labs

Plume Labs memberi informasi tingkat polusi real-time di seluruh dunia. Selain itu, prediksi kualitas udara akan berkembang selama 72 jam ke depan. 

Fitur utama pada aplikasi ini adalah peta kualitas udara yang memberi informasi mendetail tentang tingkat polusi di setiap jalan secara real-time. Aplikasi ini menyajikan data real-time kota per kota untuk polutan terpenting - NO2, PM2.5, PM10, dan O3. Selain itu, memberikan perkiraan 72 jam dan analisa dengan data historis hingga 6 bulan.

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi untuk mengecek kualitas udara. Dengan begitu kamu bisa lebih siap dan menjaga diri kamu dari udara yang tidak baik untuk tubuh.

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB