LogoDIGINATION LOGO

Punya Kendaraan Listrik? Ini 3 Jenis SPKLU Yang Ada di Indonesia

author Oleh Claudia Tari Aplabatansa Sabtu, 12 Agustus 2023 | 10:10 WIB
Share
Share

Buat kamu yang ingin beralih ke motor listrik, pasti hal yang pertama kali muncul dibenakmu adalah “Mengisi dayanya dimana, ya?” atau “Cara mengisi dayanya bagaimana, ya?”. Yups.. Hal ini tentu perlu diperhatikan sebagai pertimbangan kamu sebelum memutuskan untuk memiliki kendaraan listrik.

Kendaraan listrik banyak dipilih masyarakat karena dianggap dapat membantu mengurangi emisi karbon. Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo mengatakan “Kendaraan listrik dianggap sebagai salah satu alternatif untuk mengurangi emisi karbon sebanyak 56 persen”. Selain itu harganya yang relatif lebih rendah dibanding kendaraan biasa, menjadi salah satu alasan masyarakat memilih menggunakannya.

Saat ini, kendaraan listrik sudah banyak mencuri perhatian dan tak jarang sudah banyak digunakan oleh masyarakat. Lantas, untuk mengisi dayanya bagaimana? bukankah memerlukan daya yang besar? Colokan pengisian daya pasti tidak sama seperti colokan pada umumnya. Maka kita akan bahas itu lebih lanjut disini.

Sebagian masyarakat langsung memasang alat pengisi daya di rumah karena lebih efisien dengan konsekuensinya daya listrik di rumah akan bertambah. Namun, ketahuilah sudah banyak SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum) dengan 3 jenis yang tersebar di Indonesia dengan harga murah bahkan gratis!

SPKLU yang ada di Indonesia tersedia dalam 3 jenis colokan. Karena kendaraan listrik memiliki jenis colokan yang berbeda ibarat kendaraan biasa yang mempunyai jenis bahan bakar yang berbeda seperti jenis Pertamax, Pertalite, dan Solar untuk mobil listrik.

Baca juga: Sampah Elektronik, Buang Atau Perbaiki?

Penting untuk memastikan bahwa colokan pengisi daya pada tempat pengisian sesuai dengan tipe atau jenis kendaran kita. Selain itu, hal ini juga membuat kita bisa mengisi baterai sesuai dengan kebutuhan antara pengisian biasa atau cepat (fast charging) karena setiap colokan memiliki kecepatan pengisian daya baterai yang berbeda-beda.

3 Jenis Colokan SPKLU di Indonesia

  1. Pengisi Daya Tipe AC Charging

Terdapat dua jenis pengisian AC Charging yang umum digunakan untuk mobil listrik di Eropa dan Indonesia. Jenis ini terbagi menjadi dua tipe lainnya, yaitu colokan tujuh lubang dan colokan lima lubang.

Stasiun pengisian daya tipe AC Charging biasanya terpasang pada panel kecil yang menempel di tembok atau model dengan tiang. Fasilitas ini disediakan oleh PLN, perusahaan BUMN yang mendukung perkembangan kendaraan listrik.

  1. Pengisi Daya Tipe pengisian DC Charging CHAdeMO 

Tipe pengisian DC Charging CHAdeMO menggunakan soket yang lebih besar untuk mengirim daya Ampere yang tinggi, sehingga menghasilkan pengisian baterai kendaraan listrik yang lebih cepat. Beberapa informasi mengungkap bahwa menggunakan colokan DC Charging CHAdeMO hanya memerlukan waktu sekitar 30 menit untuk mengisi baterai dari 0 hingga 100%.

  1. Pengisi Daya Tipe DC Charging Combo Tipe CCS2

Tipe DC Charging Combo Tipe CCS2 adalah kombinasi dari Arus Searah (DC) dan Arus Bolak Balik (AC). Jenis ini termasuk dalam kategori pengisian cepat dan banyak digunakan pada mobil listrik di Eropa.

Selain ketiga tipe colokan di atas, penting untuk mengetahui teknologi-teknologi pengisian baterai kendaraan listrik. Ada tiga teknologi pengisian yang berbeda, yaitu pengisian normal, pengisian cepat, dan pengisian ultra cepat. Ketiga teknologi ini memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kecepatan pengisian baterai mobil listrik.

Baca juga: 5 Perusahaan Indonesia dengan Revolusi Hijau

Lokasi SPKLU di Indonesia

Bagi kamu yang memiliki kendaraan listrik ataupun sedang berencana untuk memiliki kendaraan listrik, tidak perlu takut untuk mencari stasiun pengisian daya kendaraan listrik. Hingga saat ini terdapat hampir 170 unit lokasi SPKLU di Indonesia yang dapat ditemukan untuk melakukan pengisian daya kendaraan listrik. Berikut ini beberapa lokasi yang dapat kamu temukan:

- AEON Mall, Serpong

- Senayan City, Jakarta

- Tangerang City Mall

- PLN Kantor Pusat

- PLN UID Jaya, DKI Jakarta

- PLN UID Jawa Barat

- PLN UID Bali

- PLN UID Jawa Tengah dan DIY

- PLN ULP Surabaya

Selain beberapa lokasi tersebut, kamu juga dapat menemukan lokasi pengisian daya kendaraan listrik yang sudah tersebar di seluruh daerah di Indonesia khususnya di beberapa dealer resmi kendaraan listrik. Proyek SPKLU juga akan terus berkembang, sehingga kamu tidak perlu bingung lagi ketika akan melakukan pengisian daya untuk kendaraan listrikmu.

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB