LogoDIGINATION LOGO

Pertimbangkan Ini Sebelum Membeli Kendaraan Listrik

author Oleh Dewi Shinta N Kamis, 27 Juli 2023 | 16:07 WIB
Share
Share

Minat masyarakat di berbagai daerah terhadap mobil dan motor listrik melonjak. Hal ini terbukti dari data Tokopedia yang mencatat Jakarta dan Bandung menjadi beberapa daerah dengan kenaikan tertinggi transaksi mobil listrik lewat Tokopedia, dengan peningkatan rata-rata hampir 5.5 kali lipat selama kuartal II 2023 dibandingkan kuartal II 2022.

“Selama kuartal II 2023 dibandingkan kuartal II 2022, penjualan online mobil listrik lewat Tokopedia meningkat hampir 4 kali lipat, sedangkan penjualan online motor listrik melalui Tokopedia meningkat hampir 10 kali lipat,” ungkap Leo Chandra Fransiscus, Associate Vice President of Category Development Tokopedia.

Selain itu, Palembang, Semarang dan Surabaya menjadi beberapa daerah dengan kenaikan tertinggi transaksi motor listrik lewat Tokopedia, dengan peningkatan rata-rata hampir 16 kali lipat selama kuartal II 2023 dibandingkan kuartal II 2022.

“Tren penggunaan kendaraan listrik di Indonesia yang terus meningkat cenderung didorong oleh kehadiran berbagai infrastruktur penunjang. Mulai dari tempat isi ulang daya listrik yang makin banyak ditemukan di berbagai wilayah di Indonesia, hingga kebijakan yang ramah pengguna kendaraan listrik seperti bebas dari aturan ganjil genap,” kata Leo.

Hal ini sejalan dengan salah satu komitmen ‘Tiga Nol’ GoTo, dalam hal ini Nol Emisi Karbon (Zero Emission), sekaligus mendukung program pemerintah dalam mendorong penggunaan kendaraan listrik.

Baca juga : Electrum Mulai Bangun Pabrik Motor Listrik di Indonesia, Dukung Transisi Energi Berkelanjutan

“Tokopedia pun selalu berupaya mempermudah masyarakat yang ingin beralih ke kendaraan listrik lewat kampanye Tokopedia Garage. Masyarakat bisa membeli kendaraan listrik, baik mobil maupun motor, dengan diskon hingga Rp10.000.000 melalui Tokopedia Garage,” tambah Leo.

Untuk kamu yang ingin membeli kendaraan listrik, berikut tips sebelum membeli mobil dan motor listrik :

1. Ketahui jarak tempuh mobil atau motor listrik

Leo Chandra Fransiscus, Associate Vice President of Category Development Tokopedia mengungkap pembeli perlu memperhatikan jarak tempuh kendaraan listrik dalam sekali pengisian daya. Selain itu, pastikan juga kebiasaan mengemudi, mulai dari kecepatan, rute perjalanan hingga penggunaan AC, karena hal-hal tersebut berpengaruh ke tenaga serta daya tempuh kendaraan listrik.

Salah satu penjual di Tokopedia, Wuling Motors, memberi saran terkait memilih jenis mobil listrik.

“Pilihan jarak tempuh mobil listrik sejauh 200-300 kilometer sudah sesuai untuk kebutuhan mobilitas harian di perkotaan,” ungkap Brand and Marketing Director Wuling Motors, Dian Asmahani.

2. Untuk isi ulang daya, tingkatkan daya listrik di rumah bila perlu

Untuk mengakomodasi pengisian daya motor listrik, daya listrik rumah yang dibutuhkan setidaknya 900 VA. Di sisi lain, daya listrik rumah yang direkomendasikan untuk pemasangan charging point mobil listrik adalah 2.200 VA ke atas. 

Oleh karena itu, untuk masyarakat dengan daya listrik rumah sebesar 1.300 VA dan 900 VA disarankan menaikkan daya atau memasang aliran baru dari PLN khusus untuk pengisian mobil listrik.

3. Pelajari letak stasiun tempat pengisian daya kendaraan listrik

Untuk menghindari mogok, jangan lupa memastikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) atau tempat pengisian daya yang mudah dijangkau dari daerah tempat tinggal. Cari tahu pula lokasi stasiun pengisian daya listrik dekat tempat kerja, pusat perbelanjaan atau tempat lain yang sering dikunjungi.

Selain SPKLU, ada juga Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU). Secara umum, baik SPLU maupun SPKLU sama-sama merupakan stasiun pengisian daya untuk baterai kendaraan listrik. SPLU bisa digunakan untuk banyak kebutuhan mulai dari mengisi daya baterai motor hingga kebutuhan pedagang kaki lima, sedangkan SPKLU dikhususkan untuk pengisian daya baterai kendaraan listrik.

Baca juga : GapMaps Luncurkan GapMaps Connect kepada Pelanggan di Indonesia

4. Beli di toko dengan layanan purna jual yang mumpuni

Pastikan mobil atau motor listrik yang dibeli dilengkapi dengan garansi yang memadai dan layanan purna jual yang mudah diakses. Hal ini akan membuat pengguna kendaraan listrik merasa lebih tenang terkait perawatan dan perbaikan di masa mendatang.

Selis, salah satu produsen lokal motor listrik di Tokopedia, memberi garansi hingga 5 tahun untuk setiap pembelian motor listrik. “Untuk memberi kenyamanan lebih bagi masyarakat termasuk pengguna Tokopedia, Selis juga menyediakan layanan servis gratis hingga 3 bulan,” ungkap Marketing Communications Selis, Romeldo Christian.

5. Perhatikan masa garansi baterai mobil atau motor listrik

Baterai adalah salah satu elemen paling penting dalam kendaraan listrik. Perhatikan masa garansinya untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak terduga di kemudian hari yang diakibatkan oleh perubahan kapasitas dan kualitas baterai seiring berjalannya waktu.

“Sebelum membeli mobil dan motor listrik di Tokopedia, pastikan dahulu dengan penjual terkait masa garansi baterai karena setiap produsen mobil dan motor listrik memiliki garansi baterai yang berbeda-beda,” jelas Leo.

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB