LogoDIGINATION LOGO

Electrum Mulai Bangun Pabrik Motor Listrik di Indonesia, Dukung Transisi Energi Berkelanjutan

author Oleh Claudia Tari Aplabatansa Rabu, 28 Juni 2023 | 18:35 WIB
Share
Share

Electrum, perusahaan patungan antara PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk ("Grup GoTo", IDX: GOTO) dan PT TBS Energi Utama Tbk ("TBS", IDX: TOBA), mengumumkan dimulainya pembangunan pabrik motor listrik di Indonesia pada (23/06/2023). Pabrik ini merupakan salah satu upaya Electrum dalam mendukung pengembangan industri kendaraan listrik di Indonesia dan transisi energi berkelanjutan.

Pabrik Electrum akan dibangun di kawasan GIIC Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, dengan luas lahan tiga hektar. Pada tahap awal, pabrik akan memiliki kapasitas produksi hingga 250 ribu unit per line. Pabrik ini juga akan dilengkapi dengan laboratorium pengujian kualitas, pusat penelitian dan pengembangan, serta trek pengujian.

Pembangunan pabrik ini akan mengutamakan prinsip berkelanjutan dengan konsep green factory, termasuk pengelolaan energi, pengelolaan limbah, dan pengolahan air. Rencananya, pabrik akan selesai dibangun pertengahan tahun 2024 dan memulai produksi pada tahun yang sama.

Direktur Utama Electrum, Pandu Sjahrir, menyatakan bahwa pembangunan pabrik ini adalah bukti kesiapan Electrum dalam mengembangkan ekosistem kendaraan listrik roda dua di Indonesia. Electrum berkomitmen mendukung target pemerintah dalam memproduksi sembilan juta motor listrik pada tahun 2030 dan mewujudkan visi Indonesia net-zero emission pada tahun 2060.

Baca juga: Broom Startup Teknologi Otomotif Raih Pendanaan Pra-Seri A Senilai Rp 155 Miliar

Pandu juga menjelaskan bahwa Electrum akan fokus pada pemenuhan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dan menjalin kerja sama dengan industri dalam negeri untuk mendukung infrastruktur pendukung lainnya, termasuk baterai dan suku cadang. Tujuannya adalah menciptakan ekosistem kendaraan listrik yang berkelanjutan di Indonesia.

Catherine Hindra Sutjahyo, Direktur/Presiden Unit Bisnis On-Demand Services Grup GoTo, menegaskan dukungan Grup GoTo terhadap Electrum sebagai kontributor pertumbuhan Grup GoTo. Pembangunan pabrik Electrum merupakan langkah besar dalam mencapai target Grup GoTo untuk mengadopsi kendaraan listrik secara penuh pada tahun 2030. Grup GoTo telah melihat kemajuan signifikan dan antusiasme yang tinggi dari mitra pengemudi dan konsumen sejak fase uji coba motor listrik di Jakarta. Motor listrik membantu mitra pengemudi mengurangi biaya operasional, seperti bahan bakar dan penggantian oli transmisi, sementara konsumen mendapatkan pengalaman berkendara yang lebih nyaman.

Baca juga: Dukung Energi Terbarukan, Xurya Tarik Lebih Banyak Industri untuk Pasang PLTS Atap

Selain pembangunan pabrik, Electrum juga mengumumkan rencana kerja sama dengan beberapa mitra strategis. Pertamina, melalui anak usahanya Pertamina Power Indonesia dan Pertamina Patra Niaga, akan bekerjasama dengan Electrum untuk pengemasan baterai kendaraan listrik roda dua dan mendukung produksi sel baterai dari Indonesia Battery Corporation. Planet Ban akan menempatkan Battery Swap Station (BSS) dan menyediakan layanan purna jual di outlet-outlet Planet Ban yang tersebar di wilayah Jakarta.

Electrum berkomitmen untuk terus berkolaborasi secara strategis dalam mengembangkan ekosistem kendaraan listrik yang terintegrasi dan meningkatkan akses kendaraan listrik roda dua untuk konsumen.

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB