LogoDIGINATION LOGO

10 Profesi Paling Diminati Untuk Ganti Karir di Bidang Teknologi

author Oleh Dewi Shinta N Senin, 5 Juni 2023 | 14:56 WIB
Share
Share

Saat ini kebutuhan talenta digital semakin dibutuhkan, seiring tumbuhnya bisnis teknologi di Indonesia. Oleh karena itu, karir dibidang teknologi sedang banyak diminati banyak orang. Apa saja karir digital yang saat ini sedang ramai diperebutkan? Simak artikelnya!

Kebutuhan talenta digital memang sangat dibutuhkan. Hal ini sempat disinggung oleh presiden Joko Widodo di tahun 2020 lalu, presiden Joko Widodo meminta agar talenta digital tumbuh sebanyak-banyaknya.  

"Kita membutuhkan talenta digital sebanyak kurang lebih 9 juta orang untuk 15 tahun ke depan. Ini perlu betul-betul sebuah persiapan untuk kurang lebih 600 ribu orang per tahun, sehingga kita bisa membangun sebuah ekosistem yang baik bagi tumbuhnya talenta-talenta digital kita," ujar Jokowi.

Platform penyedia layanan online bootcamp, Practicum Indonesia dalam surveinya juga melihat beberapa profesi yang saat ini banyak dipilih oleh responden. Berikut 10 profesi yang paling diminati bagi orang yang ingin beralih profesi di dunia teknologi, yaitu:

1. Digital Marketing

Seorang digital marketer adalah seseorang yang ruang lingkup kerjanya berhubungan dengan segala hal di bidang digital marketing. Seorang digital marketer bertanggung jawab atas branding produk yang dihasilkan oleh perusahaan. Ia juga bertugas untuk meningkatkan brand awareness, traffic web, serta visibilitas perusahaan.

Baca juga : 5 Rekomendasi Software Audio Mixer

2. Data Analyst/Scientist

Seorang data analyst merupakan orang yang berperan dalam mengobservasi informasi perusahaan. Hasil dari analisis tersebut yang dibutuhkan oleh perusahaan sebagai bahan rujukan dalam mengambil langkah atau keputusan kedepannya.

3. Website Developer

Web developer bertugas membangun website yang responsif di berbagai perangkat. Artinya, tampilan dan fungsi tersebut harus kompatibel sesuai ukuran layar. Tampilan desain yang adaptif dengan berbagai macam device bisa meningkatkan user experience, sehingga ada peluang mendorong conversion.

4. IT Support

Pada dasarnya, IT support adalah seorang teknisi di sebuah organisasi atau perusahaan yang bertanggung jawab untuk instalasi, evaluasi dan peningkatan terhadap tiga objek utama yaitu komputer, software, dan pengembangan sistem jaringan atau network system.

5. Software Developer

Sementara software developer adalah seorang yang mengembangkan dan memelihara perangkat lunak yang digunakan di berbagai komputer. Pekerjaan utama software developer adalah mengembangkan berbagai komponen aplikasi yang sesuai dengan persyaratan yang diharapkan dari suatu produk.

6. Database Administrator

Database administrator adalah seseorang yang bertugas untuk menyimpan dan melindungi data dengan menggunakan software. Data yang dilindungi bisa bermacam-macam mulai dari data keuangan seseorang sampai juga riwayat transaksi pengiriman barang.

Baca juga : 7 Rekomendasi AI Voice Generator Terbaik yang Wajib Kamu Coba

7. Product Manager 

Product manager adalah suatu profesi yang bertugas untuk melakukan pengembangan produk dan bertanggung jawab atas keberhasilan produk tersebut. Biasanya profesi ini bertugas untuk menemukan ide-ide yang berbeda dalam menciptakan suatu produk.

8. Network Engineering

Network Engineer adalah nama sebuah pekerjaan (profesi) yang mempunyai tugas untuk mengurusi jaringan komputer/telekomunikasi di sebuah organisasi. Network Engineer akan dianggap berhasil ketika Jaringan yang dikelolanya dapat berfungsi baik, stabil, dapat diakses/digunakan oleh user, dan mendukung tujuan organisasi.

9. Cyber Security

Cyber security merupakan upaya yang dilakukan untuk melindungi sistem komputer dari berbagai ancaman atau akses ilegal.

10.UI/UX Designer 

Dengan kata lain, UI designer adalah orang yang mendesain tampilan antarmuka sebuah aplikasi atau perangkat. Secara teknis, antarmuka yang terdapat dalam UI designer berkaitan dengan grafis, tata letak, dan aspek desain fisik dari sebuah aplikasi. Sementara UX designer adalah orang yang mendesain pengalaman pengguna.

Mendukung kebutuhan talenta digital di Indonesia Practicum Indonesia hadir dengan jawaban untuk membantu memenuhi kebutuhan pasar akan tenaga terampil siap kerja.

Baca juga : 6 Tips Ini Agar Fresh Graduate Agar Cepat Dapat Kerja

Herdian Mohammad, Regional Director Practicum, menuturkan, “Kurikulum di Practicum Indonesia memang sudah disesuaikan untuk lebih mudah dalam belajar digital dan teknologi. Dari mulai studi kasus yang digunakan dalam praktiknya, hingga pendampingan mentor yang berpengalaman untuk memastikan para muridnya mendapatkan dukungan penuh. Kurikulum Practicum Indonesia dirancang untuk memberi kontribusi nyata dalam mencetak 2 juta tenaga profesional IT pada tahun 2050 di bidang digital dan teknologi yang siap kerja dan siap berkolaborasi,”

Beragam program yang ditawarkan yakni: Data Analyst, Data Scientist, serta Web Developer yang bisa diikuti melalui platform online bootcamp dengan pilihan bahasa Indonesia serta para mentor ahli dari Indonesia dan Global.

Hingga saat ini, Practicum telah menghasilkan lebih dari 6.000 alumni yang lulus di seluruh dunia. Selain itu, hampir 80% alumni Practicum telah langsung mendapatkan pekerjaan setelah lulus tanpa pendidikan teknis dan 70,4% alumni Practicum berhasil mendapatkan pekerjaan tanpa memiliki pengalaman di bidang TI sebelumnya.

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB