LogoDIGINATION LOGO

Tips Hemat Baterai iPhone Ketika Perjalanan Mudik

author Oleh Dewi Shinta N Jumat, 14 April 2023 | 15:35 WIB
Share
Share

Mudik lebaran menjadi momen yang menyenangkan bagi kebanyakan orang. Namun satu hal yang membuat mood kita berantakan adalah ketika baterai handphone habis/ Lowbat

Saat ini handphone menjadi piranti yang sangat penting ketika mudik lebaran, selain sebagai sarana komunikasi, handphone juga menjadi sarana informasi lewat mesin pencarian, petunjuk jalan, melakukan transaksi melalui e-Wallet dan lain sebagainya.

Nah bagi kamu pengguna iPhone, berikut beberapa tips hemat baterai iPhone untuk perjalanan mudik:

Gunakan mode pesawat: Aktifkan mode pesawat ketika kamu sedang dalam perjalanan jauh. Hal ini akan mematikan semua koneksi nirkabel, seperti WiFi, Bluetooth, dan GPS, yang dapat menguras daya baterai dengan cepat.

Caranya, buka Setting > klik button Airplane Mode.

Kurangi kecerahan layar: Kurangi kecerahan layar ke tingkat yang sesuai dengan lingkungan sekitar kamu. Gunakan juga fitur "auto-brightness" agar layar secara otomatis menyesuaikan kecerahan sesuai kondisi cahaya di sekitar kamu. 

Caranya, buka Setting > Accessibility > Display & Text Size > scroll ke bagian paling bawah, dan nonaktifkan Auto-Brightness.

Baca juga : 5 Aplikasi yang Harus di Download Ketika Mudik

Ubah ke Dark Mode: Untuk iPhone yang didukung layar OLED, berpindah ke Dark Mode bisa memberikan manfaat bagi masa pakai baterai. iPhone yang menggunakan panel OLED antara lain iPhone X, iPhone XS/ XS Max, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max, iPhone 12 series, iPhone 13 series dan iPhone 14 Series.

Caranya ubah ke Dark Mode adalah masuk ke Setting > Display & Brightness > pilih Dark. Hal ini bisa menjadi salah satu cara menghemat baterai iPhone.

Matikan notifikasi: Matikan notifikasi yang tidak penting atau tidak diperlukan selama perjalanan kamu. Ini akan membantu menghemat daya baterai dan juga mengurangi gangguan saat kamu sedang berkendara.

Caranya, buka Setting > Notifications > di bagian bawah ada beberapa aplikasi lalu klik aplikasi yang sering mengirim notifikasi > lalu nonaktifkan bagian Allow Notifications 

Baca juga : Ini Alasan Kenapa Harus Download MyPertamina Saat Mudik

Batasi penggunaan aplikasi: Batasi penggunaan aplikasi yang tidak diperlukan atau tidak penting selama perjalanan kamu. Tutup aplikasi yang tidak digunakan agar tidak terus berjalan di latar belakang dan menguras daya baterai.

Caranya, buka Setting > Battery > Lalu scroll ke bawah. Kamu akan di tunjukan oleh Background Activity dengan beberapa aplikasi. Bagian ini akan memberi tahu kamu, berapa banyak baterai yang digunakan aplikasi tertentu dalam 24 jam dan 10 hari terakhir. 

Jika kamu sudah melihat Background Activity, artinya aplikasi tersebut menghabiskan baterai iPhone meski kamu tidak menggunakannya secara aktif. Untuk mencegahnya, kamu harus mematikan Background App Refresh untuk aplikasi, melalui Setting > General > Background App Refresh.

Gunakan mode hemat daya: Aktifkan mode hemat daya ketika baterai hampir habis. Mode hemat daya akan mematikan fitur-fitur yang tidak penting dan mengurangi konsumsi daya.

Caranya, buka Setting > Battery > lalu klik bagian Low Power Mode.

Itu dia beberapa tips hemat baterai iPhone, dengan mengikuti tips ini, kamu dapat memperpanjang umur baterai iPhone kamu dan tetap terhubung selama perjalanan mudik. Selamat mencoba!

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB