LogoDIGINATION LOGO

Awas Kena Ganjil Genap saat Mudik, Ini dia Aplikasi Buat Cek Contraflow dan OneWay

author Oleh Dewi Shinta N Selasa, 11 April 2023 | 17:11 WIB
Share
Share

Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan akan menerapkan sistem ganjil genap untuk masa arus mudik dan balik saat Lebaran Idul Fitri 2023. Penerapan ganjil genap akan diberlakukan serentak dengan sistem satu arah (OneWay) dan contraflow.

Penerapan ini disebutkan pada Keputusan Bersama Nomor: KP-DRJD 2616 Tahun 2023, SKB/48/IV/2023, 05/PKS/Db/2023 tentang Pengaturan Lalu Lintas Jalan Serta Penyeberangan Selama Masa Arus Mudik dan Arus Balik Angkutan Lebaran Tahun 2023/1444 Hijriyah.

"Penerapan sistem ganjil genap diberlakukan serentak mulai dari kilometer 47 (Karawang Barat) sampai kilometer 414 (Gerbang Tol Kalikangkung)," kata Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Hendro Sugiatno, dalam pernyataan tertulisnya, Kamis (6/4/2023).

Baca juga : Tips Hemat Biaya Ketika Mudik Menggunakan Mobil Pribadi

Agar kamu makin mudah cek kondisi jalan dan arus lintas seperti contraflow dan oneway ada beberapa aplikasi yang dapat digunakan. 

Berikut beberapa aplikasi untuk memeriksa kondisi jalan dan arus lalu lintas seperti Contraflow dan OneWay, di antaranya:

Google Maps: Aplikasi ini menyediakan fitur untuk mengetahui arah lalu lintas di jalan tertentu, termasuk apakah jalan tersebut merupakan Contraflow atau OneWay.

Travoy : Aplikasi Travoy ini bisa memberikan informasi terkini tentang perkembangan kondisi lalu lintas saat mudik lebaran 2023 nanti, salah satunya bisa mengecek CCTV pada titik tertentu untuk mengetahui kepadatan lalu lintas secara real time.

Waze: Aplikasi navigasi ini juga menyediakan informasi tentang arah lalu lintas dan Contraflow atau OneWay di jalan-jalan tertentu. Pengguna juga dapat berbagi informasi tentang kondisi jalan dengan pengguna Waze lainnya.

Baca juga : Agar Tidak Cepat Habis, Berikut Tips Mengelola Uang THR

Qlue: Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk melaporkan masalah lalu lintas seperti Contraflow atau OneWay pada jalan tertentu, sehingga pengguna lain dapat mengetahuinya dan menghindarinya.

Tol Kita : Aplikasi ini berfungsi untuk memudahkan pengguna jalan tol mencari informasi terkait jalan tol melalui mobil apps. Salahsatunya informasi mengenai Contraflow dan Oneway di dalam tol. Fitur lain didalam aplikasi ini antara lain cek tarik tol, peta jalan tol, pengaduan, live update, dan call center.

Itu dia beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan. Pastikan untuk selalu mengikuti rambu-rambu lalu lintas yang berlaku dan memperhatikan kondisi jalan untuk keselamatan kamu dalam berkendara ya. Selamat Mudik!

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB