LogoDIGINATION LOGO

Intip Lima Rahasia Sukses Membesarkan Startup Ala Jack Ma

author Oleh Desy Yuliastuti Selasa, 6 Februari 2018 | 10:20 WIB
Share
Memulai usaha sendiri tak semudah teori, masalah kesiapan mental untuk bekerja menjadi hal yang utama
Share

Memulai usaha sendiri tak semudah teori, masalah kesiapan mental untuk bekerja menjadi hal yang utama. Pendiri Alibaba, Jack Ma, dalam grand final kompetisi startup Jumpstarter 2017 di Hongkong mengatakan, “Bersiaplah untuk berkorban jika ingin menjadi pengusaha.”

Ma memberikan banyak ‘petuah’ bagi startup dalam diskusinya bersama Chief Executive Hong Kong, Carrie Lam berdasarkan pengalamannya membesarkan Alibaba selama 18 tahun hingga menjadi salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia.

Ini dia 5 kunci sukses ala Jack Ma yang bisa ditiru para pegiat startup yang dirangkum dari Business Insider.

#1. Pengusaha Hebat Selalu Optimis

“Anda harus optimistis. Anda harus bertanya masalah apa yang bisa Anda selesaikan, dan cara anda menyelesaikan harius berbeda dengan orang lain," katanya.

Ma menambahkan, buang pikiran negatif dan paksa diri sendiri untuk menemukan alasan mengapa Anda harus melakukan lebih baik dari pada orang lain.

#2. Orang-orang di Sekitar Anda Bisa Mengubah Segalanya

Tidak ada orang yang bisa hidup sendiri, jadi bekerja samalah dengan orang-orang yang memiliki ide dan visi sama untuk menggapai impian.

“Anda harus menemukan sekelompok orang yang bisa bekerja sama. Mereka satu visi. Mereka bergabung denganmu bukan karena pekerjaan, tapi mereka percaya pada impian, misi, dan visi Anda.”, kata Ma.

Founder Alibaba ini juga tak menganjurkan untuk memburu orang-orang berbakat sampai ke seluruh pelosok dunia. “Anda tidak perlu menemukan orang terbaik di dunia. Orang terbaik adalah mereka yang bekerja dengan Anda,” katanya.

“Latih tim, bekerjalah dengan tim, tim juga akan melatihmu,” tambah Ma.

#3. Siap Berkorban

Jalan menuju sukses tidak akan mudah. “Jangan berpikir 'apa yang akan aku peroleh'. Anda harus bertanya 'apa yang akan saya berikan'. Apakah saya akan berhasil dalam 3 atau 10 tahun? Jika Anda punya ide cemerlng, siapkan untuk 10 tahun. Anda beruntung jika berhasil dalam satu tahun, tapi kebanyakan orang tidak punya keberuntungan itu.”

Jack Ma juga mengatakan tidak ada sukses yang datang cepat. “Jangan katakan, saya akan menang bulan depan, saya ingin berhasil tahun depan. Tidak mungkin. Lupakan hal ini. Jika Anda berpikir akan berhasil dalam tiga tahun, siapkan untuk lima tahun,” ujarnya.

Jack Ma juga berbagi pengalamannya membangun Alibaba dari bawah dengan modal awal  US$ 50 ribu  hasil patungan 18 pendirinya.

“Semula kami memperkirakan uang ini cukup untuk 10 bulan. Meski sudah kami rinci sampai setiap sen pengeluaran, uang itu habis kurang dari empat bulan dan kami hampir bangkrut,” kenangnya.

#4. Jangan Fokus pada Hal ‘Kekinian’

Mengapa Alibaba berhasil? Salah satu alasannya adalah internet belum ada di mana-mana waktu itu, kata Ma.

“E-commerce tidak menari (waktu itu). Tidak ada yang mempercainya, tapi kami yakin. Kami tidak peduli apa yang orang lain katakan. Kami berpikir ini punya harapan, kami yakin ini akan membantu masyarakat, jadi kami memulainya.”

Ia juga mengingatkan agar melahirkan sesuatu yang unik. “ Ketika semua orang mengatakan ya, artinya sudah tidak ada peluang bagi Anda. Jadilah yang berbeda,”  kata Jack Ma.

#5. Jangan Menunggu Semuanya Siap untuk Anda

Mulailah bergerak lebih awal dan lebih cepat, jangan menunggu semuanya siap. Menurut Ma, untuk memulai startup tidak perlu menunggu kesiapan regulasi dan lingkungan sekitar. Apabila semuanya siap itu artinya tidak ada peluang.

“Jika pemerintah menyatakan semuanya sudah siap, itu saatnya Anda pindah ke area lain, karena tidak ada kesempatan lagi di sana,” kata Jack Ma.

  • Editor: Wicak Hidayat
  • Sumber: Business Insider
TAGS
LATEST ARTICLE