LogoDIGINATION LOGO

Rententan Bisnis Kaesang, Siap Bahagiakan Erina Seutuhnya

author Oleh Nur Shinta Dewi Selasa, 13 Desember 2022 | 16:59 WIB
Share
Share

Kaesang Pangarep Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), secara resmi mempersunting wanita cantik asal Yogyakarta Erina Sofia Gudono pada 9-10 Desember 2022 di Solo dan Yogyakarta. 

Pada pagelaran pernikahan Kaesang dan Erina, netizen dibuat salah fokus karena keusilan Kaesang. Ada saja tingkahnya, seperti memberi tanda 'Saranghae', menutup buku nikah saat ingin di foto dan melepas sandal yang ia gunakan di pelaminan. Sementara Erina sendiri tampil anggun nan memukau berbeda 180 derajat dengan Kaesang.

Putra bungsu Presiden Jokowi ini memang terkenal slengean, terlihat dari beberapa moment pada jejak digital dan juga tweet-tweet yang ia buat. Bahkan kakak Kaesang, Gibran Rakabuming Raka juga mengungkap hal yang sama ketika perkenalan dua keluarga pada prosesi malam midodareni.

Namun, dibalik tingkah slengean Kaesang, ia diketahui sebagai sosok yang berhasil dalam dunia bisnis. Berikut deretan bisnis Kaesang :

1. Sang Pisang

PT Harapan Bangsa Kita (GK HEBAT) selama ini dikenal sebagai payung usaha Kaesang Pangarep di bisnis kuliner termasuk bisnis olahan pisang Sang Pisang.

Bisnis olahan pisang milik Kaesang kini sudah tersebar di 25 kota dengan lebih dari 73 outlet dan sekarang sudah memiliki 1.500 orang karyawan. Menu pilihan dari Sang Pisang ini ada banana bread, banana pop, banana strip, banana nugget, pisang madu, dan aneka minuman segar kekinian.

Baca juga : Siap-siap Sukses di Tahun Depan, Berikut Tren Digital Marketing 2023

2. Ternakopi

Kaesang juga merintis bisnis minuman olahan kopi dengan nama Ternakopi pada 2019. Setelah Ternakopi menjadi ladang bisnis kuliner dari Kaesang yang menghadirkan kopi-kopi kekinian. Saat ini Ternakopi memiliki 30 cabang yang tersebar di kawasan Jabodetabek, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. 

3. Yang Ayam

Selanjutnya Kaesang menambahkan, usaha kuliner Yang Ayam menjadi salah satu portofolio venture capital-nya. Kaesang membangun bisnis Ayam Crispy yang dinamai Yang Ayam. 

Menu ayamnya sama seperti ayam crispy ala restoran cepat saji, tetapi bumbunya itu beda dari yang lain, karena memakai ramuan kaya akan rempah yang meresap sampai ke ayamnya. Menu di restoran ini fokus menyediakan menu makanan ayam dengan padanan sambal dari berbagai daerah di Indonesia. 

 

4. Siap Mas

Masih di bidang kuliner, Kaesang juga membentuk brand Siap Mas bersama kakak pertamanya Gibran Rakabuming Raka. Usaha ini menghadirkan produk minuman dan makanan ringan seperti keripik dengan nama Ngedrink dan Kemripik di berbagai minimarket.

5. Mangkok Ku

Selain Siap Mas, Kaesang juga membuka bisnis restoran bersama sang kakak Gibran Rakabuming Raka dan Chef Arnold Poernomo dengan nama Mangkok Ku. Kini setelah sang kakak terjun ke dunia politik, bisnis yang berlokasi di Jalan Tanjung Duren Raya, Jakarta Barat ini diserahkan kepada Kaesang Pangarep.

6. Madhang

Beranjak ke bisnis bidang teknologi informasi, Kaesang meluncurkan aplikasi Madhang, di mana aplikasi ini dibuat untuk menjembatani ibu-ibu yang jago masak, dengan pembeli. Aplikasi ini pun berhasil membantu banyak ibu rumah tangga untuk mandiri secara finansial berkat aplikasi yang dibangun Kaesang

7. Hompimpa Gamers

Tidak hanya membuat aplikasi, Kaesang juga membangun Hompimpa Gamers yang merupakan bisnis hiburan yang menjual berbagai macam produk board game. Dengan merk Hompimpa Games Kaesang membawa pesan toleransi dan mengedepankan budaya nusantara.

8. Sang Javas

Sang Javas adalah merek clothing line dengan gambar kecebong dalam desain kaosnya. Bahkan pada saat pertama kali diluncurkan, merek ini berhasil menarik perhatian netizen saat itu.

Menurut Kaesang Pangarep, gambar kecebong layaknya potongan komik pada bagian depan kaos terinspirasi dari perilaku masyarakat di media sosial. Di Indonesia, Cebong sendiri merupakan panggilan untuk pendukung berat Jokowi saat pemilihan presiden tahun 2014 silam.

9. Ternak Ikan Lele

Kaesang memiliki bisnis ternak ikan lele yang didirikan sejak 2019 lalu. Budidaya ternak ikan lele menjadi salah satu bisnis Kaesang yang menghasilkan banyak pundi-pundi rupiah.

10. Saham Rakyat

Jika kamu sering belajar saham melalui akun Saham Rakyat di Youtube atau di Instagram, berarti kamu salah satu orang yang mendukung konten milik Kaesang. Ya, Kaesang juga merupakan salah satu pendiri platform komunitas saham yang didirikan bersama Youtuber Kevin Hendrawan pada Agustus 2020.

Baca juga : Tips Memanfaatkan Geofencing Marketing, Tren Pemasaran Berbasis Lokasi

11. Panca Mitra Multiperdana Tbk (PMMP)

Lewat PT Harapan Bangsa Kita (GK Hebat), Kaesang menguasai 8% saham PT Panca Mitra Multiperdana Tbk (PMMP) yang bergerak di industri pengolahan makanan beku berbasis udang. 

GK Hebat membeli sebanyak 188.240.000 lembar saham atau sebesar 8% dengan harga Rp 490 per  saham. Kerjasama strategis ini juga bertujuan untuk memperluas pasar domestik PMMP melalui brand Ebinoya agar mampu meningkatkan penetrasi ke dalam pasar UMKM yang sedang berkembang pesat. 

12. Dipercaya mengurus rangkaian bisnis milik Gibran

Selain ke 11 bisnis di atas, Kaesang juga dipercayai oleh kakaknya Gibran untuk mengurus usaha milik Gibran setelah ia menjabat menjadi Walikota Surakarta pada 2021 lalu. 

Bisnis Gibran yang diserahkan ke Kaesang Pangarep antara lain Chili Pari, yang merupakan usaha katering yang didirikan sejak Desember 2010 lalu, Markobar yang menjual aneka martabak, Icolor yang merupakan bisnis di bidang reparasi produk Apple, bisnis jas hujan bermerk Tugas Negara Bos dan Goola yang menawarkan produk minuman tradisional khas Indonesia seperti Es Doger yang dikemas lebih modern.

Itulah beberapa bisnis milik Kaesang, meski tidak terjun ke dunia politik seperti ayahnya Presiden Joko Widodo dan kakak pertamanya Gibran Rakabuming Raka, Kaesang telah berhasil menjadi entrepreneur sukses versi dirinya, dan siap membahagiakan Erina Gudono seutuhnya!

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB