LogoDIGINATION LOGO

Fitur NFT Sudah ada di Instagram Indonesia, Kreator NFT Lebih Bebas Berkarya

author Oleh Nur Shinta Dewi Senin, 8 Agustus 2022 | 18:01 WIB
Share
Share

 

Kabar gembira bagi Kreator dan kolektor Non Fungible Token (NFT) di Indonesia. Sekarang para kreator bisa memajang NFT miliknya secara langsung di Instagram sekaligus menampilkan deskripsi NFT dari informasi pemilik hingga marketplace tempat NFT di jual.

Kehadiran fitur NFT Instagram ini diumumkan langsung oleh Country Director untuk Meta di Indonesia, Pieter Lydian. Setelah diuji coba di Amerika Serikat pada Mei lalu, fitur NFT di Instagram akhirnya resmi hadir di Indonesia, pada Jumat (5/8/2022). 

"Dengan fitur NFT di Instagram, kami ingin membantu para kreator dan komunitas NFT untuk menjangkau audiens yang lebih luas, serta memonetisasi koleksi digital mereka," kata Pieter dalam keterangan yang dikutip dari KompasTekno.

Pieter mengatakan, Instagram terus mengeksplor teknologi Web3 karena teknologi ini memiliki potensi besar untuk memperluas akses, mengurangi biaya, memberdayakan, dan mengakselerasi inovasi bagi orang-orang dan kreator di seluruh dunia. Ke depannya, pengguna Instagram di Indonesia juga dapat menampilkan dan membagikan koleksi digital mereka sebagai stiker AR di Instagram Stories. 

Ada 3 hal yang bisa dilakukan dengan fitur NFT Instagram :

Baca juga : Ini Janji Zuckerberg Bikin Kreator Makin Cuan

Berbagi koleksi digital dengan mudah

Sebelumnya Instagram membagi 3 kolom pembeda pada instagram yaitu feed, reels, dan tag. Nah bagi kreator yang sudah memposting NFT, Instagram juga memberi kolom khusus untuk postingan NFT. Simbol itu disertai dengan keterangan "Digital Collectible" dengan simbol centang dalam bidang segienam. 

Ketika simbol tersebut di klik, pengguna bisa melihat informasi soal koleksi NFT tersebut. Misalnya, seperti informasi pembuat NFT, pemilik NFT, deskripsi NFT, jenis blockchain yang digunakan pada NFT, hingga marketplace tempat penjualan NFT tersebut. 

Saat ini, beberapa blockchain yang didukung oleh fitur NFT Instagram adalah Ethereum, Polygon, dan Flow. Blockchain Solana disebut akan menyusul.

Terhubung dengan dompet digital

Pengguna bisa menghubungkan dompet digital secara langsung dengan Instagram. Setelah terhubung, kreator dan kolektor bisa memilih NFT dari dompet digital, lalu membagikannya di Instagram. Untuk saat ini, dompet digital yang kompatibel untuk digunakan pengguna Instagram adalah Coinbase, Dapper, Rainbow, MetaMask, dan Trust Wallet.

Baca juga : Jadi Milyarder berkat NFT, Sebenarnya Bagaimana Sih Potensinya?

Penandaan (tag) otomatis dari kreator dan kolektor

Kreator dan kolektor dapat secara otomatis ditandai di postingan koleksi digital. Sebagai contoh, dalam peluncuran fitur NFT Instagram di Indonesia ini, Instagram menggandeng Sultan Gustaf Al Ghozali yang sempat viral karena menjual NFT Ghozali Everyday yang berisi selfie dirinya. 

Dalam postingan, akun Instagram Pieter (@pieterlydian) ditandai sebagai pemilik NFT, sementara akun Instagram Ghozali (@ghozaliphoto) ditandai sebagai kreator NFT. Ghozali membuat NFT khusus yang menampilkan selfie khas dirinya yang sedang memegang logo Instagram.

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB