LogoDIGINATION LOGO

Jadi Milyarder berkat NFT, Sebenarnya Bagaimana Sih Potensinya?

author Oleh Nur Shinta Dewi Jumat, 4 Februari 2022 | 15:14 WIB
Share
Share

Saat ini banyak masyarakat yang mulai melek dengan dunia investasi yang semakin menarik dengan banyaknya aset investasi baru yang bermunculan. 

Salah satunya adalah aset Non Fungible Token atau NFT yang banyak menarik perhatian berbagai kalangan masyarakat Indonesia mulai dari para investor, kolektor seni, hingga para penggemar game. 

NFT saat ini sedang hangat dibahas dalam dunia kripto karena NFT telah berhasil memberikan keuntungan yang tinggi kepada para seniman, kreator, musisi, hingga influencer.

Apa Itu NFT ?

NFT atau Non Fungible Token merupakan aset digital, baik itu berupa teks, gambar, video, musik, dan lain-lain yang memungkinkan pemiliknya tercatat secara mutlak dalam jaringan blockchain. NFT menggunakan teknologi blockchain ethereum untuk merekam transaksi di dalamnya. NFT pada dasarnya ini adalah anak turunan cryptocurrency,  namun NFT dan aset kripto lainnya memiliki tujuan, bentuk dan cara penggunaan yang sangat berbeda.

NFT dapat menjadi platform baru untuk media koleksi digital, dimana NFT bisa menjadi sarana untuk mendukung para seniman artis, musisi, kreator untuk membuat karya digital mereka yang dapat bernilai hingga puluhan juta dollar AS.

Baca juga : 7 Game ‘Metaverse’ yang Bisa Kamu Mainkan Saat Ini

Seperti baru ini dunia maya di Indonesia sempat heboh oleh sosok Ghozali, atau yang dikenal Ghozali Everyday yang bisa mendapatkan keuntungan hingga miliaran rupiah karena berhasil menjual NFT berupa foto selfie miliknya selama 5 tahun terakhir. Melalui salah satu marketplace digital NFT terbesar yaitu OpenSea, Ghozali bisa meraup untung.

Selain Ghozali, ternyata beberapa tokoh di Indonesia juga sudah berkecimpung dalam tren NFT dengan menjual berbagai karya digitalnya. Dikalangan artis yang mulai tren NFT ini ada Luna Maya, Anang Hermansyah, Syahrini, kemudian tokoh Gubernur yaitu Ridwan Kamil, ada juga pengusaha dan penulis buku yaitu Denny Januar Ali, serta dalam bidang bisnis waralaba dunia hiburan Bumilangit juga meluncurkan karya NFT. 

Adanya tren NFT saat ini di Indonesia, menurut Ketua Umum Asosiasi Pedagang Aset Kripto Indonesia, Teguh Kurniawan menyampaikan bahwa pasar NFT memiliki potensi yang besar di Indonesia. Hal ini mendorong keinginan masyarakat untuk mempelajari lebih lanjut tentang NFT dan sistemnya. 

Dengan tren NFT ini, koleksi barang digital juga bisa mendorong ekonomi kreatif dan digital. Ditambah tren implementasi dunia virtual atau metaverse yang akan berkesinambungan dengan maraknya kepemilikan aset digital seperti NFT.

Baca juga : Peluang Crypto Art, Berikut Alasan dan Marketplace untuk Menjual Karya Mu!

Nah, sebelum mulai mengikuti tren NFT, kamu sebagai pembuat karya digital NFT dapat melakukan beberapa tips agar karya digitalmu dapat dilirik dengan harga tinggi. Apa saja sih tipsnya?

Yuk kita simak obrolan santai yang bisa menambah wawasanmu sebelum berkecimpung dalam NFT bersama Ghozali Everyday selaku creator NFT dan Damon Hakim, Managing Partner Red Asia Inc. Stay tune di Digital DNA Eps 10 Jumat, 4 Februari 2022 pukul 16.00 WIB di kanal Youtube DiginationID ya!   

 

  • Editor: Tri Wahono
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB