LogoDIGINATION LOGO

Liburan Hemat Anti Kantong Kering, Siapa takut?

author Oleh Claudia Tari Aplabatansa Selasa, 12 Juli 2022 | 12:55 WIB
Share
Share

 

Digifriends, banyak hal pastinya yang perlu kita siapkan sebelum pergi berlibur, salah satu yang paling penting adalah biaya atau bahasa kerennya tuh budget..

Kita boleh aja sih punya list banyak tempat untuk tujuan berlibur, tapi ya harus pertimbangkan juga kan apa aja sih yang perlu kita siapkan supaya segala sesuatu yang jadi kebutuhan aman dan pastinya liburannya lancar. 

Trus gimana caranya supaya liburan lancar tapi nggak buat kantong kering? Secara gitu ya, sekarang tempat liburan tuh banyak banget dan budgetnya juga bukan sembarang budget. Kira-kira ada nggak ya cara supaya kita tetap berhemat walau sedang liburan sekalipun. 

Travel Content Creator @lostpacker, Maria Risa Puspitasari VP of Brand Marketing dari Tiket.com, dan Hendriyapto, COO Dwidayatour melalui live Digital DNA pada Kamis 23 Juni lalu, kasih tips liburan murah nih, yuk simak!

1. Buat To do List

Perencanaan yang matang jadi salah satu hal yang paling penting dilakukan karena akan membuat liburan menjadi nyaman. Misalnya, dari jauh-jauh hari kita sudah perlu bikin to do list nih ketika akan pergi liburan. Alangkah lebih baik jika kita sudah lihat juga harga tiket pesawat, hotel, dan tiket destinasi wisata yang akan dikunjungi nanti. 

Baca juga : Liburan sambil Dapat Cuan? Begini Caranya!

2. Ingat nabung!

Sebelum liburan kamu juga perlu nabung. Karena jika kamu tidak menabung kamu tidak punya spare uang ketika ada biaya yang tak terduga, seperti biaya transportasi, biaya makan atau biaya untuk menambah waktu liburan sehari? yang pasti kamu juga perlu memikirkan sisa uang saku mu untuk pulang nanti ya, jangan pas pulang lihat dompet langsung kosong melompong. Hm jangan sampai menguras uangmu ya!

“Nabung, adalah hal yang diinginkan semua orang untuk dilakukan namun sulit untuk dilakukan. Tapi memangnya kamu yakin kalau mau pergi liburan tapi gak punya uang? Tentunya menabung adalah yang sangat membantu memenuhi keinginan kita melaksanakan liburan” kata Hendriyapto, COO Dwidayatour.

3. Jangan suka dadakan!

Nah, buat kamu yang suka dadakan kalau mau pergi liburan juga jangan dibiasakan lagi yah! Karena itu juga yang biasanya bisa buat pengeluaran kamu jadi membengkak karena nggak disiapkan dengan matang perencanaan perjalanannya dan alhasil malah over budget.

Travel Content Creator @lostpacker atau yang akrab disapa bolang mengungkap ada 2 kunci untuk bisa menekan biaya liburan. Pertama jangan mepet memesan tiket dan kedua harus update follow akun Online Travel Agent (OTA).

“Kalau saya memang suka pesan dari jauh-jauh hari ya, biasanya kalau mendekati high seasons itu bisa dibeli dari satu bulan sebelumnya, biasanya sudah ada promo-promo begitu lah. Biasanya sudah banyak dishare oleh travel agent di sosial media, nah kita gercep aja disitu, emang kitanya harus update sih. Jadi kalau mau liburan murah kuncinya satu, pesan jauh-jauh hari jangan mepet, kedua, kita harus update, ya follow aja beberapa online travel agent biar dapat informasinya,” kata Bolang.

4. Cari informasi promo 

Kalau dari jauh hari sudah cek dan pesan kan gampang jadinya nggak perlu panik nggak dapet tiket pesawat atau nggak dapet tempat nginep, dan yang terpenting kita bisa tetap pantau beragam diskon yang tersedia untuk memilih range dengan harga miring namun kualitas dari segi pelayanannya tetap oke.

Maria Risa Puspitasari VP of Brand Marketing dari tiket.com mengungkap “Kalau di tiket.com nggak usah nunggu harga termurahnya karena Tiket.com punya Jaminan Harga Termurah, misalnya mau beli tiket hotel, pesawat, Things To Do atau wahana-wahana yang ada di Indonesia itu pasti ada Jaminan Harga Termurah, kalau misalnya di temukan di OTA lain atau di toko sebelah lebih murah klaim aja ke tiket.com, nnti dalam satu hari di ganti selisihnya sebanyak 2 kali lipat.”

Selain mendapat jaminan harga termurah di tiket.com kamu juga akan diberikan banyak sekali promo-promo dan  penawaran menarik lainnya. Fitur-fitur yang ada pada aplikasi tiket.com dihadirkan untuk traveler yang gak usah ambil pusing untuk membeli tiket karena Jaminan Harga Termurah.

Baca juga : Pariwisata Indonesia Kembali Normal, Begini Potensinya!

5. Siapkan Biaya Proteksi

Mau ingetin juga nih Digifriends, liburan tuh ada yang namanya biaya proteksi dan penting juga untuk disiapkan. Namun, salah satu hal untuk berhemat adalah misalnya lebih baik jika membawa atau menyiapkan obat-obatan dari rumah dari pada membeli saat liburan sudah berjalan. Karena masalah kesehatan adalah hal yang nggak bisa kita kendalikan. Maka pertolongan pertama jika kita alami masalah kesehatan hanya kita yang tau. Jadi kecil kemungkinan untuk memakan biaya lagi harus kerumah sakit. Kita kan tujuannya liburan, bukan buat sakit hehe

Digifriends, sekarang paling nggak kamu udah tau kan apa aja yang harus dilakukan supaya liburannya enjoy dan hati tetap tenang karena dompet nggak bakal kering! Jadi punya planning liburan kemana nih?

Oh iya.. Ada rekomendasi nih buat kamu! Dwidayatour baru saja membuka paket wisata ke Jepang nih. Paket wisata terbest seller dari Dwidayatour yaitu Tour to Japan 8D6N VD Japan Vacation + 3 Themeparks dengan rute wisata ke Tokyo, Disneysea, Disneyland, Tsukiji Market, Mt. Fuji, Gotemba, Toyohasi, Kyoto, Kiyomizu Temple, Fushimi Inari, Osaka, Shinsaibashi, dan Universal Studio Japan mulai dari Rp21 Juta. 

Sudah siap menjelajah negeri naruto? yuk langsung aja cek informasinya di bit.ly/DDJAPAN

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB