LogoDIGINATION LOGO

Ini Dia Perempuan Hebat yang Dapat Dijadikan Panutan

author Oleh Harris Tobing Jumat, 11 Maret 2022 | 19:48 WIB
Share
Share

International Woman’s Day (IWD) atau hari perempuan internasional baru saja berlangsung pada tanggal 8 Maret lalu. Pada tahun 2022 ini, hari perempuan internasional mengusung tema Break The Bias.

IWD menyebutkan bahwa alasan pemilihan tema tersebut untuk merayakan pencapaian perempuan di seluruh dunia di bidang, ekonomi, sosial, budaya dan politik. Kampanye Break The Bias mengajak masyarakat dari seluruh dunia untuk memiliki kesadaran dalam mematahkan bias yang selama ini menempel pada perempuan.

Beberapa perempuan tanah air yang sangat dikenal juga telah berhasil mendongkrak status perempuan hingga membuat stereotip negatif akan perempuan memudar. Inilah perempuan inspiratif tanah air yang dapat kamu jadikan panutan, yuk kita simak.

Susi Pudjiastuti
Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan nama ini, ya dia adalah mentri kelautan dan perikanan Indonesia yang telah menjabat pada tahun 2014 – 2019. Ibu Susi merupakan sosok wanita yang inspiratif, karena atas jasa dan ketegasannya ia telah menyelamatkan perairan Indonesia dari penangkapan ikan illegal.

Tercatat, bahwa jumlah kapal penangkap ikan illegal yang telah ia musnahkan bertambah sebanyak 556 kapal sejak bulan Oktober 2014. Selain itu menurut Alvara Reaserch Center ibu Susi Pudjiastuti meraih peringkat pertama (91,95%) dari 10 besar menteri dengan tingkat kepuasan teringgi. Beliau juga berhasil membawa Indonesia kepada segudang prestasi, berkat beliau per ikanan Indonesia mengalami peningkatan yang signifikan, yaitu dari 7,3 ton ikan pada tahun 2015 menjadi 12,54 ton pada tahun 2017 atau menigkat sebesar 71,78%.

Baca juga : Perempuan Pegiat Usaha Lokal di Tokopedia Melejit 2,5 Kali Lipat di 2021

Najwa Shihab
Wanita yang akrab dipanggil Mbak Nana ini merupakan jurnalis sekaligus pemandu program TV Mata Najwa yang terkenal dengan kritis dan ketegasannya. Akan hal itu ia mendapatkan penghargaan sebagai salah satu jurnalis terbaik yang dimiliki Metro TV.

Selain terkenal atas ketegasannya, Najwa Shihab juga punya segudang prestasi. Ia pernah meraih penghargaan dari PWI pusat dan PWI jaya atas laporannya tentang tsunami Aceh. Impact atas liputan yang ia lakukan memberikan kepedulian banyak masyarakat atas tragedi kemanusiaan tersebut. Selain penghargaan ini, sederet peretasi yang telah ia dapat yaitu penghargaan Duta Baca dan Pustaka Bergerak, Insan pertelevisian terbaik, Asian Television Awards, Pembicara Convension Asian American Journalist Association, dan The Influential Woman of The Year from Elle Magazine.

Tidak sampai situ, kini Mbak Nana juga masih tetap berkarya dengan mendirikan Narasi TV di Youtube, dengan berisikan konten-konten positif di bidang jurnalis dan media massa.

Tri Rismaharini
Wanita inspiratif lainnya datang dari Surabaya, dia adalah Ibu Tri Rismaharini yang kita kenal dengan panggilan Bu Risma. Beliau adalah walikota Surabaya yang terkenal akan ketegasan dan keberaniannya dalam memipin daerah. Sejak menjadi walikota Surabaya, Ibu Risma memiliki sejumlah penghargaan dan prestasi. Berkat hal inilah Presiden Joko Widodo memilih beliau sebagai menteri sosial pada tahun 2020.

Penghargaan dan prestasi terbaik yang telah ia terima adalah “Mayor of The Month” pada tahun 2015 menjadi walikota terbaik ke-3 di dunia. Beliau bahkan berhasil menjadikan Surabaya sebagai kota terbaik se-Asia Pasifik ditahun 2012 versi Citynet.

Selain itu pada tahun 2013, Ibu Risma menjadi wanita paling inspiratif versi Majalah Forbes. Wah, bahkan Majalah Forbes juga mengakui beliau sebagai wanita inspiratif ya, cocok banget nih untuk kita jadikan panutan. Lebih lagi pada tahun setelahnya Ibu Risma juga mendapatkan penghargaan bergengsi dari London Summit Leaders dalam kategori Innovative City of the future.

Baca juga: Ini Dia! 7 Ide Usaha Ramadan 2022

Sri Mulyani Indrawati
Sosok wanita Indonesia inspiratif selanjutanya adalah Sri Mulyani Indrawati. Ia merupakan anak ke tujuh dari sepuluh bersaudara. Beliau merupakan wanita yang memiliki kecerdasan diatas rata – rata yang bahkan namanya sudah diakui oleh dunia. Bu Ani (begitu panggilan akrabnya) dikenal sebagai sosok yang jujur dan berani untuk menindak siapa saja yang bertindak korupsi di departemen yang ia pimpin.

Selama menjalani jabatan sebagai Menteri Keuangan, ia berhasil menyehatkan keuangan Indonesia yang sebelumnya telah jatuh ke dalam lubang krisis ekonomi. Pada tahun 2008, beliau dinobatkan menjadi wanita yang paling berpengaruh ke-23 versi majalah Forbes. Selain itu, ia juga sempat menduduki sebagai Menteri Keuangan terbaik Asia untuk tahun 2006 oleh Emerging Markets Forum pada 18 September 2006, di IMF – World Bank Group Annual Meetings di Singapura.

Putri Indahsari Tanjung

Putri Indahsari Tanjung, atau yang dikenal Putri Tanjung menjadi wanita inspiratif selanjutnya. Wanita kelahiran Jakarta, 22 September 1996 mampu menjadi CEO dan Founder Creativepreneur, sekaligus diangkat menjadi Staf Khusus Presiden Joko Widodo bersama beberapa dari 7 kalangan milenial di usia muda. 

Sosok Putri Tanjung sendiri merupakan sosok inspirasi bagi para kaum muda mudi yang sukses dalam berkarier. Putri pun sangat aktif dalam mendukung pergerakan anak muda untuk berwirausaha. Ia juga sering mengisi seminar dan berbagai kegiatan lainnya sebagai cara mendorong para jiwa muda untuk berwirausaha.

Itu dia 5 wanita inspiratif yang dapat kamu jadikan panutan, untuk menjadi tokoh inspiratif perempuan selanjutnya! Happy Women's Day DigiFriends.

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB