LogoDIGINATION LOGO

Dorong Digitalisasi UKM, RKB BNI Jangkau Pulau Terluar

author Oleh Ana Fauziyah Senin, 22 Januari 2018 | 14:08 WIB
Share
Demi mendorong para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) agar mampu meningkatkan kualitas dan bisa memasarkan produknya ke pasar online, Rumah Kreatif BUMN (RKB) yang diinisiasi oleh PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI menjangkau pulau terluar dan terdepan di wilayah nusantara
Share

Demi mendorong para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) agar mampu meningkatkan kualitas dan bisa memasarkan produknya ke pasar online, Rumah Kreatif BUMN (RKB) yang diinisiasi oleh PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI menjangkau pulau terluar dan terdepan di wilayah nusantara.

Direktur Bisnis Menengah BNI, Putrama Wahju Setyawan meresmikan pusat pelatihan usaha atau yang lebih dikenal dengan nama Rumah Kreatif BUMN (RKB) di Kota Tual, Maluku pada hari Sabtu (20/01) kemarin. Kunjungan tersebut merupakan bentuk komitmen BNI untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat dalam hal layanan perbankan dan tanggung jawab sosial.

“Rumah Kreatif BUMN merupakan kolaborasi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam mendorong pertumbuhan ekonomi melalui pembinaan guna peningkatan kapasitas dan kapabilitas Usaha Kecil dan Menengah (UKM),” jelas Putrama.

Ia menuturkan fungsi RKB adalah sebagai pusat informasi, edukasi, dan pengembangan digitalisasi, serta diharapkan mampu menghasilkan Usaha Kecil dan Menengah berkualitas. Sejauh ini, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sudah membangun 200 Rumah Kreatif BUMN (RKB) di mana 44 di antaranya dibangun oleh BNI dan salah satunya ada di Maluku Tenggara.

“Tidak hanya menghasilkan UKM yang berkualitas dan memiliki daya saing, RKB juga memiliki tujuan untuk meningkatkan literasi pelaku usaha UKM dengan dunia digital agar produk-produknya dapat dipasarkan melalui media internet, salah satunya lewat portal blanja.com,” ujar Putrama.

Sepanjang tahun 2017, BNI telah menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada 2.093 debitur di Wilayah Makassar dan 162 debitur di Wilayah Maluku. BNI juga mendukung usaha pariwisata di Hoat Tamngil, Ohoi Rumadian dengan memberikan angkutan wisata.

Bupati Maluku Tenggara Anderias Rentanubun menuturkan, keberadaan RKB diharapkan dapat meningkatkan kualitas UMKM, khususnya  di wilayah Maluku Tenggara. RKB juga secara tidak langsung mendukung sektor pariwisata di kawasan ini.

“Kami sangat mengharapkan BNI atau perbankan mendukung perkembangan pariwisata dan dapat mendukung investor untuk menanamkan modalnya di Maluku Tenggara dengan memberikan kredit yang menunjang pariwisata, misalnya hotel atau homestay,” tuturnya.

 

Artikel ini merupakan kerjasama BNI dengan Digination.id

  • Editor: Wicak Hidayat
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB