LogoDIGINATION LOGO

Bisnis DEX: Kenali Istilah dan Manfaatnya Yuk!

author Oleh DQLab Jumat, 18 Februari 2022 | 17:49 WIB
Share
Share

 

Di tahun 2020 silam, dunia sedang mengalami banyaknya perubahan dan pembiasaan terutama terjadinya pandemi COVID-19 yang dimana mengharuskan kita dirumah saja. Siap atau tidak siap, banyak para stakeholders mencari cara agar bisnis mereka tetap berjalan namun tidak membahayakan para pekerja terpapar COVID-19. Era Big Data dan #dirumahsaja, menjadikan suatu fenomena yang awalnya dianggap hanya sementara saja. Tetapi, justru kini bisnis sudah menjadikan fenomena tersebut sebagai salah satu bentuk operasional yang membawa banyak manfaat baik bagi lingkungan internal bisnis, retensi pelanggan, dan kesuksesan bisnis di ranah digital. 

Penerapan work from home atau bekerja remote kini sudah semakin banyak hadir, dan bahkan banyak pekerja lebih suka pengalaman digital employee experience atau dikenal sebagai DEX. Kira-kira DEX dalam bisnis itu apa ya? Apa betul memberikan dampak positif bagi kelancaran operasional bisnis? Simak artikel ini sampai habis ya!

Apa itu DEX?

Adanya dukungan teknologi yang canggih, kini sudah mulainya banyaknya bisnis hybrid dalam operasionalnya. DEX (Digital Employee Experience) menjadi cara kerja secara remote atau yang bisa memungkinkan dapat beroperasi melalui kerja jarak jauh. Hal ini menjadi pembeda dengan cara kerja di zaman sebelum pandemi COVID-19, yang dimana harus bekerja datang ke kantor. 

Agar dapat meningkatkan pengalaman karyawan dengan baik pada perubahan tersebut maka, banyak bisnis yang memutuskan untuk melakukan bisnis DEX dan bahkan bagi mereka lebih banyak membawa manfaat yang besar bagi operasional bisnis.

Baca juga: Big Data Analytics dan Kegunaanya untuk Perkembangan Bisnis

Apakah Bisnis Perlu Digital Employee Experience?

Secara realitas nya, tentu dibutuhkan pembiasaan serta latihan bagaimana cara bekerja secara remote maupun hybrid. Bagi bisnis yang berada di ranah digital, pengalaman DEX menjadi hal yang terbaik untuk semakin meningkatkan pengalaman pekerja dalam ruang digital karena dapat membantu mereka untuk lebih cepat beradaptasi dengan perkembangan teknologi serta perubahan tempat kerja yang memungkinkan dapat mendatangkan sebuah inovasi dan peluang baru bagi bisnis.

DEX tentu tidak hanya berfokus pada customer experience yang baik saja, namun juga memberikan pengaruh besar pada kelancaran tempat kerja secara digital. Mengingat bahwa jika bekerja secara mobile kita memungkinkan dapat terjadinya miskomunikasi, tetapi hal ini malah justru pengalaman DEX bisa meningkatkan produktivitas karyawan dengan baik. Berikut beberapa manfaat dari pengalaman digital employee experience:

  1. Meningkatkan Produktivitas Karyawan

Sering kali ketika bekerja, ada waktu dimana kamu merasa tidak produktif misalnya seperti setelah jam makan siang yang mengundang ngantuk, menunggu hingga akhir petang tiba, atau mungkin cenderung banyak ngobrol bersama kolega di kantor. Dengan DEX ketika kamu bekerja secara remote atau hybrid, pekerjaan to do list akan lebih cepat terselesaikan dan membuat kehidupan kerja sedikit lebih mudah. Meskipun berkomunikasi hanya melalui aplikasi meeting online saja, tetapi hal ini dapat memungkinkan bisa menjangkau orang-orang dalam skala global dan meluas. Tidak perlu harus menunggu lebih lama, sehingga membantu pekerjaan lebih cepat terselesaikan.

  1. Retensi Karyawan pada Bisnis

Mungkin ada beberapa dari kamu pernah mendengar, “dirumah saja bisa hasilin duit?”. Yup, di era digitalisasi kini kamu bisa melakukan apa saja di rumah dan bahkan terkadang ide-ide atau inovasi baru terlintas begitu saja dirumah. Pengalaman EX atau employee experience digital ini dapat mempengaruhi pilihan pekerjaan mereka, banyak dari karyawan suka bekerja secara remote karena mereka merasa lebih produktif dan memiliki flow kerja secara fleksibel tetapi juga mereka suka bekerja secara tim atau berbicara melalui meeting online untuk menghilangkan rasa kejenuhan.

Adapun beberapa cara yang bisa kamu terapkan agar tetap mempertahankan pengalaman EX di tempat kerja digital:

  • Check-point untuk mengurangi rasa stress, ini menjadi salah satu upaya yang bisa kamu lakukan dalam bisnis kamu untuk mengetahui ‘how are they doing?’ atau memberikan rasa empati dengan menanyakan bagaimana aktivitas pekerjaan mereka atau bahkan kamu bisa menyelenggarakan mini games untuk mendapatkan interaksi virtual.
  • Mempererat hubungan dalam bisnis, hubungan yang positif di lingkungan bisnis sangatlah penting untuk itu DEX memberikan pengalaman bagi pekerja untuk transparan dan selalu terbuka. Kerja sama tim menjadi kunci kesuksesan bagi bisnis, dengan kerja sama tim yang baik maka dapat menghindari hambatan yang dihadapi pekerja setiap hari.
  1. Peluang Terbukanya Inovasi

Inovasi menjadi aspek yang sangat penting, karena menjadi tolak ukur keberhasilan jangka panjang untuk bisnis. Agar bisnis kamu tetap dan terus berada di market, maka dari itu kamu tentu harus beradaptasi dengan baik. DEX dapat memungkinkan memberikan peluang inovasi dengan menyediakan pengalaman di tempat kerja yang mengedepankan lingkungan yang komunikatif, kejelasan, serta kepercayaan. 

Selain itu juga tempat kerja digital membantu menghubungkan individu dengan kolega lainnya (terlepas dari departemen lain) untuk bisa lebih berbagi dan mendapatkan sudut pandang yang baru. Dengan demikian, tidak hanya bisa mempererat hubungan tetapi juga memberikan manfaat lain yaitu pengetahuan dan cara memecahkan masalah dengan tepat.

Dengan DEX, dapat memenuhi ekspektasi tujuan bisnis, menciptakan lingkungan kerja bagi karyawan yang positif, memastikan bisa beradaptasi dengan kecanggihan teknologi hal ini bisa meningkatkan produktivitas, customer experience dengan baik, dan juga bisnis dapat berkembang secara global.

Baca juga: Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!

  1. ‘Securing’ Talent

Tentu dalam melakukan bisnis tanpa adanya talent atau SDM yang handal, bisnis tidak dapat berkembang dengan baik. Bahkan sudah banyak para stakeholders membuat beberapa syarat agar mendapatkan talent pekerja yang paling berbakat dan bisa membantu mensukseskan bisnis dengan lancar. Hal ini juga berdampak bagaimana cara HR merekrut para talent melalui beberapa syarat khusus. 

Mempunyai skill critical thinking, komunikasi yang kuat, dan seseorang yang handal menggunakan tools analytics dengan baik. Sehingga, mengakibatkan banyaknya para calon pekerja berlomba-lomba untuk mengasah soft skill dan hard skill terutama sudah mulai belajar data. DQLab menjadi salah satu rekomendasi kursus online yang cocok bagi pemula lho! 

Di DQLab tidak hanya module belajar yang sudah sesuai dengan kebutuhan industri saja, melainkan bisa membantu kamu meningkatkan skillset, mendapatkan koneksi, kolaborasi serta komunikasi dengan baik untuk bisnis!



  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB