LogoDIGINATION LOGO

7 Game ‘Metaverse’ yang Bisa Kamu Mainkan Saat Ini

author Oleh Nur Shinta Dewi Kamis, 6 Januari 2022 | 21:03 WIB
Share
Share

Istilah metaverse telah beredar jauh sebelum Facebook dan Microsoft saling bersaing mewujudkan metaverse. Konsep ini pertama kali dipopulerkan oleh Neal Stephenson dalam bukunya "Snow Crash" pada tahun 1992. Namun jika bicara bagaimana manusia dapat menikmati metaverse sesungguhnya industri game-lah yang paling potensial untuk mengadopsi konsep tersebut.

Metaverse, sederhananya, adalah ruang virtual yang dapat mewakili ruang nyata, fisik, atau dunia digital. Metaverse sendiri digadang berpotensi dan memiliki segudang aset untuk masa depan. Di metaverse kamu dapat memiliki tanah, berbelanja, bermain untuk menghasilkan uang, menonton konser, dan bahkan bekerja. Jika kamu belum pernah merasakan bagaimana dunia metaverse, kamu wajib main 7 game ini !

1. Decentraland

Decentraland menyajikan dunia virtual yang dikontrol sepenuhnya oleh pemiliknya, di mana ia bisa membeli dan menjual tanah, membangunnya dari awal, menyewakannya, dan masih banyak hal lain yang bisa dilakukan.

Melansir dari Business Insider, dunia virtual ini terdiri dari 90.601 tanah virtual. Setiap tanah virtual ini melambangkan NFT (non-fungible tokens), yang dapat dibeli atau dijual menggunakan cryptocurrency MANA.

Ketika sebidang tanah dibeli oleh salah satu pemain, maka dapat ia gunakan untuk membangun kota virtual di atasnya. Layaknya kehidupan nyata, kota virtual ini pun merupakan sumber kehidupan bagi avatar yang dapat berinteraksi dan beraktivitas dengan sesama. 

Baca juga : Industri Gaming di Dunia Metaverse

2. Roblox

Roblox merupakan video game di mana pemain bisa membangun game dan dunia virtualnya sendiri. Di Roblox, pemain juga bisa menciptakan game mereka sendiri menggunakan development tools yang ada dan juga memainkan game yang diciptakan oleh pemain lain. Karena platform Roblox memungkinkan mereka untuk menjual item virtual lewat in-game purchase dengan transaksi menggunakan mata uang in-game yang disebut Robux. Bahkan, Roblox memperkirakan para developer bisa meraup pendapatan dengan total hingga USD 100 juta pada tahun 2019.

3. Fortnite

Epic Games merupakan salah satu perusahaan game yang bersiap untuk membangun metaverse. Bahkan literatur mengungkap Fortnite milik Epic Games menjadi salah satu platform metaverse yang sangat matang. Epic Games berencana untuk mengembangkan Fortnite ke platform lebih besar yang bisa menarik sekitar 60 juta pengguna bulanan mereka dengan konten AR, VR, dan 3D yang lebih mudah di akses, serta menumbuhkan ekosistem bagi kreator.

4. Axie Infinity

Sementara Decentraland ingin membuat kota virtual yang meniru aspek dunia nyata, Axie Infinity mengambil pendekatan play-to-earn. Terinspirasi oleh Pokemon, pemain mengumpulkan, memelihara, dan mengembangbiakan makhluk yang disebut Axies dan ambil bagian dalam pertempuran PvP (player vs player).

Seperti permainan apa pun, ada sistem poin untuk naik level. Dijalankan oleh token coin yang disebut Axie Infinity Shards atau AXS, Axie Infinity mengubah cara bermain game. Makhluk yang mereka kumpulkan dapat dijual untuk menghasilkan keuntungan.

5. Sandbox

Game metaverse lain dengan format play-to-earn, Sandbox memungkinkan pengguna untuk membeli tanah, membangun di atasnya, lalu menjualnya di pasar NFT seperti Open Sea. Kamu juga bisa menjadi developer metaverse atau menjadi pemain yang menempati wilayah pemain lainnya. Seperti norma di dunia game blockchain, pencipta memiliki hak digital atas ciptaan mereka, yang dapat diperdagangkan. Cryptocurrency asli mereka adalah SAND, yang menggerakkan ekonomi, memfasilitasi transaksi seperti beli/jual bidang tanah, karakter, dll.

Baca juga : Menyambut Era Baru Virtual Reality, Millealab dan Kominfo Latih Guru Kuasai Teknologi Digital

6. Yield Guild Games atau YGG

Tidak seperti dulu saat ini, Yield Guild Games atau YGG memungkinkan sekelompok pemain untuk berpartisipasi dalam game blockchain meski dari jarak jauh. Tujuan YGG adalah untuk menyatukan pemain dari berbagai belahan dunia untuk bersama memenangkan permainan.

Game ini mengajak pemain untuk mendapatkan hadiah, uang tunai/token, dan aset dalam game. Pemain juga dapat memilih keputusan penting, seperti dimana uang diinvestasikan, NFT mana yang akan dibeli, dan game mana yang ingin mereka mainkan untukmendapatkan hadiah.

7. Mines of Dalarnia

Mines of Dalarnia merupakan game aksi-petualangan dalam 2D. Dalam permainan ini pemain diajak menelusuri tambang untuk menemukan sumber daya, dan barang perlengkapan untuk bertahan hidup. Ketika menelusuri tambang tersebut, para pemain juga dihadapkan dengan musuh yang dimainkan oleh pemain lainnya, dan bebas melawannya untuk meningkatkan keterampilan dan mendapatkan keuntungan. 

Itulah 7 Game yang bisa kamu mainkan untuk menikmati dunia metaverse. Untuk mengetahui lebih dalam bagaimana metaverse sangat berpotensi dalam dunia esports, saksikan Digital DNA bertajuk ‘Masa Depan Esports di Metaverse’ pada Jumat, 7 Januari 2022, pukul 16.00 WIB hanya di kanal YouTube DiginationID.



  • Editor: Tri Wahono
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Menghadapi Resesi 2023

Akibat dari resesi masyarakat maupun ekosistem pada suatu negara itu pun bisa terkena imbasnya seperti :

Kamis, 6 Oktober 2022 | 18:22 WIB