LogoDIGINATION LOGO

Investasi di Pasar Modal Semakin Mudah, Siap Merdeka Finansial?

author Oleh Nur Shinta Dewi Jumat, 21 Januari 2022 | 10:38 WIB
Share
Share

Kesadaran masyarakat di Indonesia untuk menyiapkan rencana keuangan untuk menyiapkan berbagai kebutuhan di masa depan ternyata masih rendah. Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) yang dilakukan OJK pada tahun 2019 menunjukkan indeks literasi keuangan Indonesia baru 38,03%.

Sementara survei yang dilakukan Katadata Insight Center pada bulan September 2021 terhadap 1.828 responden berusia 25-45 tahun, hanya 13,4% responden yang memiliki kesiapan finansial dalam memenuhi kebutuhan pokok, menabung, dan berinvestasi. 

Padahal, perencanaan keuangan yang baik adalah kunci merdeka finansial. Tidak hanya untuk mengatur kebutuhan sehari-hari, namun juga mengantisipasi kebutuhan di masa depan. Memiliki tabungan adalah salah satu cara. Namun, investasi ke dalam berbagai instrumen juga menarik untuk dipertimbangkan karena menjanjikan potensi keuntungan lebih besar.    

Apalagi dengan berkembangnya teknologi, investasi semakin mudah dilakukan bagi orang awam dan tidak hanya bisa dinikmati kalangan atas. Saat ini generasi milenial dan gen Z pun sudah bisa menikmati layanan investasi dengan akses yang mudah melalui layana online baik dalam bentuk web maupun aplikasi.

Baca juga : Begini Fakta Generasi Sandwich

BNI Sekuritas sebagai anak perusahaan Bank Negara Indonesia, Tbk (BNI) juga  memberikan lebih banyak kemudahan bagi investor bertransaksi di pasar modal. Dengan kemudahan yang ada, diharapkan angka kesiapan finansial masyarakat Indonesia semakin membaik. 

Beroperasi sejak 12 April 1995, BNI Sekuritas menyediakan 44 gerai layanan di Jawa-Bali, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. BNI Sekuritas juga hadir melalui layanan digital berbasis web atau perangkat mobile. 

Pada 2009, BNI Sekuritas telah mengoperasikan esmart dan Zaisan sebagai aplikasi perdagangan saham online baik berbasis web maupun mobile. Kemudian aplikasi tersebut berkembang menjadi BIONS (BNI Sekuritas Innovative Online Trading System) yang diluncurkan tahun 2019 untuk mengakomodasi transaksi perdagangan saham, obligasi, dan reksadana.

BIONS dilengkapi dengan fitur-fitur seperti Finger Print Login dan Automatic Order, serta fasilitas news, research, chart yang memungkinkan pengguna BIONS mengakses berita aktual secara real time, rekomendasi saham pilihan setiap hari, dan grafik harga dengan indikator analisis teknikal.

BNI Sekuritas dengan sistem transaksi saham online baik yang berbasis aplikasi Mobile, Desktop maupun yang berbasis Web menawarkan tipe layanan equity brokerage yakni hybrid maupun online dengan setoran awal Rp5.000.000 (hybrid) dan Rp1.000.000 (online).

Baca juga : Butuh Tambahan Penghasilan? Coba Lirik Investasi di Pasar Modal

BNI Sekuritas memiliki visi menjadi perusahaan sekuritas terkemuka, terpercaya, inovatif di industri pasar modal Indonesia yang didukung oleh SDM yang berkualitas, teknologi yang handal dan layanan terbaik bagi nasabah dalam menjalankan aktivitas usaha.

Adapun misi BNI Sekuritas adalah memberikan solusi yang bernilai tambah kepada semua stakeholder, melalui penerapan good corporate governance, dan international best practice dalam menjalankan aktivitas usaha.

Posisinya sebagai bagian dari BNI Group merupakan keunggulan kompetitif bagi BNI Sekuritas dalam memenuhi kebutuhan investor yang terus berkembang di Indonesia.

Kehadiran BNI Sekuritas relevan dengan tren kebutuhan anak muda saat ini. Apalagi, tidak sedikit generasi saat ini menjadi penopang hidup keluarga inti, namun juga bagi orangtua yang mulai menginjak usia lanjut. Mereka yang sering disebut generasi sandwich ini harus betul-betul melek finansial agar memiliki perencanaan keuangan yang tepat sehingga tetap happy dan merdeka finansial.

Bagaimana BNI Sekuritas dapat membantu anak muda dan generasi sandwich? Saksikan talkshow Digital DNA Episode 9 yang akan membahas "Tetap Happy jadi Generasi Sandwich" pada Jumat (21/1/2022) pukul 16.00 WIB di Youtube DiginationID.

Kamu akan mendapatkan informasi lengkap BIONS milik BNI Sekuritas, BNI Asset Management dan juga tips finansial dari psikolog berpengalaman. Jangan sampai ketinggalan ya!



  • Editor: Tri Wahono
TAGS
LATEST ARTICLE