LogoDIGINATION LOGO

Tik Tok Jadi Tren Utama Media Sosial di Tahun Depan

author Oleh Nur Shinta Dewi Kamis, 21 Oktober 2021 | 16:56 WIB
Share
Share

Talkwalker, perusahaan consumer intelligence nomor satu di dunia dan HubSpot, platform customer relationship management (CSR) merilis Laporan Tren Media Sosial terbaru secara global.

Berdasarkan laporan ini Tik Tok di prediksi akan menjadi tren utama media sosial di tahun depan. Laporan ini juga menunjukkan sejumlah temuan menarik yang perlu diperhatikan oleh merek (brand) di tahun depan karena tren media sosial akan ditopang oleh konsumen.

Pandemi telah mempercepat era konsumen, dan agar mampu bertahan, merek perlu mengantisipasi dan merespon permintaan konsumen, karena sekarang konsumen yang memegang kendali.

Situasi global saat ini menantang sekaligus menawarkan peluang bagi perusahaan tertentu untuk maju. Tren teratas dan wawasan konsumen dalam laporan ini akan membantu pemasar dan merek global terkenal merencanakan strategi yang sukses pada 2022.

Elena Melnikova, CMO Talkwalker mengatakan konsumen telah mengambil kendali, dengan lebih banyak permintaan, urgensi dan ketidakpastian.

“Konsumen mengendalikan tren tahun ini, tapi kita memberikan brand kekuatan untuk mengambil alih. Dengan menyingkap tren 2022 menggunakan consumer intelligence yang terakselerasi dan berbagai langkah inspiratif, Talkwalker memungkinkan brand untuk mendorong nilai bisnis tahun depan dan selanjutnya,” kata Elena Melnikova.

Baca juga : Fitur Terbaru TikTok, Bikin Video jadi Lebih Gampang!

Didukung oleh sistem personalisasi konten canggih, TikTok dapat membantu merek meraih eksposur, terhubung dan berinteraksi dengan audiens yang berkualitas, oleh karena itu Popularitas Tiktok terus menanjak secara global, termasuk di Indonesia. Konten yang lucu dan ringan menjadikan Tik Tok sebagai media sosial paling populer di Indonesia.

Cassandra Tan, Head of Insights & Analytics Universal Music Group, Southeast Asia & Korea menjelaskan bahwa TikTok mengakibatkan terjadi perubahan dari menikmati ke kreasi.

Tidak ada “formula” dalam membuat posting-an “yang tepat”. Sebagai platform yang mengedepankan keberagaman, TikTok mendorong penggunanya untuk menampilkan citra mereka sendiri tanpa berpikir terlalu banyak tentang memenuhi standar tertentu. Siapa pun bisa menjadi kreator atau trendsetter.

“Dengan demokratisasi ini, konten menjadi lebih hiperlokal dan berkembang menjadi ‘receh’, seperti kata orang Indonesia, yakni konten yang lucu dan ringan,” ujar Cassandra.

Baca juga : AppsFlyer: TikTok Tumbuh Pesat di Asia Tenggara

Selain Tik Tok, tren penting lainnya pada tahun 2022 adalah metaverse – suatu penggabungan dunia fisik, augmented dan virtual. Dipimpin oleh industri gaming, metaverse meraih momentumnya di tengah realitas baru kita yang terbatas dalam hal interaksi tatap muka langsung.

Seperti banyak tren lain yang akan menentukan arah tren pada 2022, munculnya realitas virtual dipelopori oleh generasi muda. Tren yang sedang berkembang ini merupakan bukti bahwa pengalaman offline dan online pelan-pelan menyatu, menciptakan lebih banyak peluang bagi brand.

Laporan ini juga menyoroti pentingnya inklusivitas merek. Perusahaan tidak dapat lagi menciptakan produk maupun layanan mereka, lalu tidak terlibat pada topik yang penting bagi audiens mereka.

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB