LogoDIGINATION LOGO

5G Hadir di Indonesia, Ini Fakta dan Syarat Aktivasinya

author Oleh Nur Shinta Dewi Kamis, 3 Juni 2021 | 17:48 WIB
Share
Share

Setelah Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) membocorkan hadirnya 5G, akhirnya jaringan diatas 4G ini meluncur di Indonsia melalui operator Telkomsel pada akhir Mei lalu (27/05).

Operator seluler Telkomsel secara resmi meluncurkan layanan 5G di Indonesia, yang juga menjadi tanda Indonesia sudah masuk ke era 5G.

5G merupakan generasi kelima dari layanan teknologi komunikasi yang punya kemampuan lebih baik dari 4G. Jaringan ini mampu melakukan download dengan kecepatan hingga 20 GBPS, 20 kali lebih cepat dari 4G yang kecepatan unduhnya mentok di angka 1 GBPS.

Melalui 5G kamu tidak membutuhkan waktu lama untuk mendownload film 3D. Jika pada jaringan 4G kita membutuhkan waktu 6 menit untuk mendownload, pada 5G hanya butuh waktu sekitar 30 detik.

Baca juga : Wishnutama Ungkap Potensi 5G

Setelah hadirnya 5G dengan segala kemampuan ngebutnya, tentu DigiFriends penasaran untuk mencobanya bukan? Tapi tunggu dulu sebelum mencoba jaringan 5G di ponsel, kamu harus tau fakta dan syarat aktivasinya!

Fakta 5G di Indonesia

Seperti yang kita tahu, 5G telah resmi hadir di Indonesia sejak 27 Mei 2021. Peluncuran ini dilakukan, setelah Kominfo memberikan izin komersialisasi operasi 5G untuk Telkomsel yang diberikan pada 21 Mei 2021 lalu.

Melalui Dirjen PPI Kominfo telah mengeluarkan Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) layanan 5G kepada Telkomsel. Penerbitan SKLO didasarkan pada pelaksanaan tahap uji laik berupa uji teknis sarana dan prasana teknologi 5G. Dari hasil uji tersebut akhirnya 5G milik operator Telkomsel dinyatakan laik Operasi.

Menteri Kominfo Johnny G. Plate menyatakan penggelaran 5G secara komersial ini akan dilakukan Telkomsel pada pita frekuensi 2.3 GHz dengan lebar pita 30 GHz.

Tidak sekadar internet super ngebut, manfaat 5G juga bisa diterapkan untuk berbagai kebutuhan critical mission seperti Telehealth, IoT dan perkembangan Smartcity.

Baca juga : 0G atau 5G Lebih Canggih Mana Sih?

Syarat Aktivasi Jaringan 5G di Ponsel  

Jika kamu mempertanyakan sudahkah smartphone mu terhubung ke jaringan 5G, lebih baik kamu perhatikan dulu apakah kamu sudah sesuai syarat penggunaan 5G?

Pertama, perhatikan soal daerah. Menteri Kominfo Johnny G. Plate menyatakan, layanan 5G dari Telkomsel bisa mulai dinikmati namun baru secara terbatas dan bertahap. Penggunaan 5G ini baru dimulai di 6 lokasi di area Jabodetabek yaitu Kelapa Gading, Pondok Indah, PIK, BSD, Widya Chandra, dan Alam Sutera.

Berikut wilayah 5G di Jabodetabek:

  • Alam Sutera: Kunciran Mas, Griya Sutera, dan Sutera lavender.
  • BSD: Boulevard BSD, Kluster Puspita Loka, dan Provence Parkland BSD.
  • Kelapa Gading: Gading Pandawa, Gading Harmony, dan Villa Gading Indah.
  • Pantai Indah Kapuk (PIK): Bukit Gold Mediterania, Komplek Johar, dan Golf Coast PIK.
  • Pondok Indah: Pondok Indah Town House dan Perumahan Pondok Indah.
  • Widya Chandra: Komplek Widya Chandra dan Perumahan Dinas Menteri Widya Chandra.

Serta bertahap pada wilayah kota Solo, Medan, Balikpapan, Denpasar, Batam, Surabaya, Makassar dan Bandung.

Kedua, pastikan smartphone yang di gunakan sudah didukung jaringan 5G. Untuk Telkomsel, ponsel ini harus kompatibel dengan frekuensi N40 yaitu 2.300-2.400 MHz.

Jaringan ini juga bisa diatur melalui pengaturan jaringan menggunakan 5G di smartphone. Melansir helpforsmartphone, untuk ponsel Samsung caranya :

  1. masuk ke Settings dan klik Connections lalu tekan Mobile Networks.
  2. Pilih Network Mode dan tekan pilihan yang diinginkan. Di bagian atas pilihan akan tersedia 5G/4G/3G/2G (autoconnect).

Jika kamu mempertanyakan apakah kartu sim mu sudah 5G atau belum? Nah, Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro mengungkap tidak perlu mengganti kartu yang digunakan jika kartu sim mu sudah tersambung jaringan 4G.

"Untuk saat ini jaringan 5G tidak perlu mengganti (kartu), asal sudah 4G," ungkapnya.

Saat peluncuran pekan lalu, Telkomsel juga sudah merilis paket data 5G yang bisa didapatkan oleh pelanggan operator seluler tertentu melalui sistem undangan. Untuk paket data 126GB pengguna mendapat harga promo Rp26 ribu. Promo ini bisa didapat hingga 26 Juli 2021.

Nah itu dia serba-serbi penggunaan 5G di Indonesia. Bagaimana apa kamu sudah menggunakan jaringan 5G di wilayah mu? Share pengalaman mu disini ya!

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
RECOMMENDATION

Persiapan 5G di Indonesia

Seperti apa proyeksi 5G dan tren industri telekomunikasi 2021 di Indonesia?

Senin, 21 Desember 2020 | 14:56 WIB
LATEST ARTICLE

Tips Menghadapi Resesi 2023

Akibat dari resesi masyarakat maupun ekosistem pada suatu negara itu pun bisa terkena imbasnya seperti :

Kamis, 6 Oktober 2022 | 18:22 WIB