LogoDIGINATION LOGO

Wishnutama Ungkap Potensi 5G

author Oleh Nur Shinta Dewi Senin, 17 Mei 2021 | 16:08 WIB
Share
Share

PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) baru saja mengunggah video mengenai potensi 5G di Indonesia.

Pada videonya, Komisaris Utama Telkomsel Wishnutama Kusubandio, menyebutkan implementasi 5G dapat menghasilkan ekonomi global hingga US$ 13,2 triliun pada 2035 dan menciptakan 22,3 juta pekerjaan.   

“5G dan manfaatnya bukan hanya sekedar jargon. Telkomsel akan berperan sebagai enabler bagi setiap eleman bangsa yang serba digital,” kata Wishnutama.

Layanan ini akan mendorong lahirnya perusahaan rintisan baru dan membantu UMKM memperluas pasar mereka. Sementara pada perkembangan bisnis game, 5G juga digadang sangat bermanfaat bagi teknologi cloud gaming sehingga kegiatan e-sports semakin mudah dijangkau oleh berbagai kalangan.

Baca juga : 0G atau 5G Lebih Canggih Mana Sih?

Teknologi 5G juga diungkap dapat digunakan berbagai keperluan di segala segmen bisnis, seperti kesehatan, manufaktur, pendidikan, dan lain sebagainya. Selain itu, teknologi 5G juga disebut ramah lingkungan karena segalanya sudah terhubung dengan jaringan internet.

"5G bisa membuat inovasi yang bisa membuat Bumi ini menjadi lebih hijau, seperti kendaraan listrik otomatis, implementai perangkat IoT, pengelolaan pangan dan sampah, hingga pengelolaan gas emisi rumah kaca," ungkap Wishnutama.

Wishnutama menjelaskan, layanan 5G memiliki kecepatan hingga 20x lipat lebih cepat dari 4G dan latensi 10x lebih rendah.

Telkomsel berkomitmen untuk menghadirkan layanan 5G yang terjangkau, tidak hanya bagi orang kaya, namun juga untuk semua kalangan.

"Sudah menjadi komitmen kami menghadirkan 5G bagi semua kalangan tanpa terkecuali. Secara bertahap semua akan terwujud,” tegas Wishnutama.

Saat ini rencana penggelaran 5G di 13 lokasi telah ditetapkan berdasarkan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika nomor 2/2021 tentang Rencana Strategis Kementerian Kominfo.

Pemerintah akan fokus memfasilitasi pergelaran infrastruktur dan jaringan 5G di 13 lokasi hingga 2024.

Baca juga : Persiapan 5G di Indonesia

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyatakan kini tengah mempersiapkan deployment jaringan telekomunikasi 5G agar ekosistem lebih siap. Hingga saat ini tercatat sudah melakukan 12 kali uji coba 5G.

Sebagai salah satu provider telekomunikasi terkemuka di Indonesia, Telkomsel menghadirkan 5G sesuai komitmen pemerintah.

Tercatat pada Maret lalu, data International Telecommunication Union (ITU), ada 34 negara yang sudah mengoperasikan jenis teknologi selular generasi kelima tersebut per April 2020.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate mengklaim Indonesia tak tertinggal dari negara lain, karena banyak negara baru memulai implementasi 5G. Contohnya, Singapura yang kini deployment konektivtas 5G baru di kisaran 2 persen, sementara di Filipina berada di kisaran 0,9 persen.

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
RECOMMENDATION

Persiapan 5G di Indonesia

Seperti apa proyeksi 5G dan tren industri telekomunikasi 2021 di Indonesia?

Senin, 21 Desember 2020 | 14:56 WIB
LATEST ARTICLE

GoTo Umumkan PHK 1300 Karyawan

Perusahaan menegaskan bahwa karyawan yang terdampak akan memperoleh kompensasi sesuai dengan peraturan

Jumat, 18 November 2022 | 16:55 WIB