LogoDIGINATION LOGO

Belajar Python, Bahasa Pemrograman yang Cocok untuk Pemula

author Oleh DQLab Minggu, 7 Februari 2021 | 18:07 WIB
Share
Share

Menjadi seorang praktisi data dibutuhkan suatu kompetensi dalam mengolah data. Salah satu cara untuk memiliki kompetensi tersebut adalah dengan mempelajari data science secara mendalam.

Bagi kamu yang memiliki latar belakang pendidikan Science, Technology, Engineering, & Math (STEM) mungkin akan lebih mudah untuk mempelajari data science. Akan tetapi, bagi kamu yang bingung untuk mengawali belajar sebagai seorang praktisi data kamu tidak perlu khawatir, karena DQLab hadir sebagai platform edukasi data science online yang telah menyediakan akses pembelajaran untuk menjadi seorang praktisi data dengan harga yang sangat terjangkau. 

Dalam dunia data science saat ini terdapat tiga bahasa pemrograman yang populer digunakan untuk kelangsungan industri data, yaitu Python, R, dan SQL.

DQLab akan mencoba untuk membahas ketiga bahasa tersebut yang bisa kamu kuasai secara bertahap. Selain belajar bersama dan mendapat arahan langsung (data mentoring), di DQLab kamu juga dapat menghasilkan portofolio data di berbagai bidang seperti industri retail, dan keuangan.

Untuk lebih lanjut, yuk kita bahas ketiga bahasa pemrograman tadi!

Python : Sangat Cocok bagi Pemula Kenali Dasar-dasar Data Science

 

Bahasa yang pertama kita bahas adalah Python. Python itu sendiri merupakan bahasa pemrograman yang termasuk ke dalam high level programming atau bahasa pemrograman tingkat tinggi. Pada praktiknya, Python bisa digunakan di berbagai lini seperti untuk web development, software development, mathematics, scripting, data science, big data, data mining bahkan hingga computer vision, machine learning, pemrograman android bahkan dapat digunakan pada artificial intelligence. Meski termasuk dalam golongan high level programming, Python merupakan bahasa yang bersifat open source, yang sangat cocok untuk dipelajari bagi pemula. Hal ini disebabkan karena python tidak membutuhkan biaya dalam penggunaannya. 

Baca juga : Siapkan Diri sebagai Praktisi Data, Pahami Python Bersama DQLab secara GRATIS!

 

R : Software Pengolah Data dan Grafik dengan Puluhan Ribu Fitur

 

R adalah sebuah bahasa pemrograman sekaligus software yang digunakan dalam pengolahan data dan grafik. Bahasa ini bisa sangat populer seperti saat ini, karena memiliki puluhan ribu jumlah fitur yang tersedia. Fitur ini meliputi, mulai dari membaca file teks, membaca database, menghasilkan berbagai grafik, menghasilkan dashboard yang menarik, sampai ke penggunaan machine learning. Sama halnya dengan Python, R juga bersifat open source yang artinya siapa pun bisa menggunakannya tanpa mengeluarkan biaya lisensi.

 

SQL : Tingkatkan Produktivitas Penyimpanan Data 

 

Bahasa pemrograman populer yang terakhir kita akan bahas kali ini adalah Structured Query Language atau yang biasa disebut SQL. Bahasa ini merupakan sebuah bahasa pemrograman yang efektif untuk meningkatkan produktivitas penyimpanan data. Perlu kamu ketahui, hampir seluruh sistem digital di dunia saat ini dipastikan menggunakan sistem database dalam menyimpan data yang dimilikinya. Untuk mengolah seluruh data tersebut, terdapat satu konstruksi bahasa standar yang disebut dengan SQL. Dengan standar ini, SQL telah terbukti mampu meningkatkan produktivitas dan memungkinkan berbagai aplikasi yang dibangun dapat terhubung dengan baik ke database.

Baca juga : [BARU] Perdalam Kompetensi SQL Kamu dengan Akses Modul BARU Fundamental SQL GROUP BY & HAVING

 

Kenali dan Pelajari Lebih Dalam Ketiganya Hanya di DQLab, Gratis 1 Bulan Belajar Data Science!

 

Buat kamu yang tertarik dengan ketiga bahasa pemrograman yang sudah kita bahas tadi, kamu bisa untuk mulai pelajari data science secara menyeluruh di DQLab. Gunakan Kode Voucher “DQTRIAL”, dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup
  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher 
  3. Redeem voucher “DQTRIAL” dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi. 
  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.
  • Editor: Deriz Syarief
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE

Bisa Bayar Pakai Kripto di PayPal

Paypal menargetkan layanan ini akan tersedia di 29 juta pedagang PayPal pada beberapa bulan mendatang.

Kamis, 15 April 2021 | 07:56 WIB