LogoDIGINATION LOGO

3 Indonesia Hadirkan Platform IoT

author Oleh Rommy Rustami Jumat, 18 Desember 2020 | 12:15 WIB
Share
Share

Penyedia layanan telekomunikasi 3 Indonesia bersama dengan partner pendukung ekosistem Internet of Things (IoT) melakukan kolaborasi penyediaan solusi platform IoT dan turunan layanannya bagi kalangan bisnis dan profesional guna mendukung ekonomi digital di Indonesia.

Presiden Direktur 3 Indonesia M. Danny Buldansyah menjelaskan bahwa berbagai inovasi dan solusi telah dihadirkan 3 Indonesia untuk mendukung kalangan bisnis dan professional dalam meningkatkan daya saing dan mempercepat pertumbungan bisnis di era digital.

"Salah satunya dengan bersinergi dengan berbagai partner untuk mengembangkan ekosistem digital melalui layanan berbasis IoT yang kami bundling dengan paket data yang terjangkau," katanya.

Dengan solusi platform IoT dan turunan layanannya, pelanggan 3 Indonesia melalui unit 3Business dapat melakukan kontrol dan lacak perangkat IoT dan aset dengan layanan manajemen platform terintegrasi. Layanan ini juga memberikan kontrol perangkat dan paket koneksi secara real time.

Selain itu, 3 Indonesia juga telah menjalani proses ULO (Uji Laik Operasi) di beberapa tempat, yang menjadikan 3 Indonesia secara resmi dapat menyelenggarakan jasa Siskomdat (Sistem Komunikasi Data), sehingga kalangan bisnis dan profesional dapat menikmati layanan IoT dan turunannya sesuai standar regulasi yang berlaku di Indonesia.

"Kami berharap sinergi dan juga lisensi Siskomdat yang baru kami dapatkan bisa memberikan kemajuan positif bagi kalangan bisnis dan professional dalam menghadapi ekonomi digital dan dampak ekonomi di situasi pandemi," kata Danny.

Sinergi 3 Indonesia dengan Nokia WING (Worldwide IoT Network Grid) juga merupakan salah satu bentuk komitmen 3 Indonesia melalui unit 3Business untuk mendukung ekonomi digital dan industri 4.0.

3Business adalah unit bisnis dari 3 Indonesia yang memberikan solusi bisnis dan digital untuk korporasi, pemerintah, dan profesional. 3Business kini memiliki fokus membantu pelanggan untuk melakukan transformasi digital dan efisiensi bisnis.

Sebelumnya, 3 Indonesia juga telah mengeluarkan berbagai macam solusi IoT bagi pelanggan bisnis dan profesional dengan melakukan bundling layanan paket data dan solusi dari partner ke berbagai industri vertikal.

"Sebagai partner 3 Indonesia, Nokia terus mendukung pengembangan layanan IoT di 3Business dengan membangun jaringan WING yang memiliki keunggulan dalam hal kemudahan mengelola koneksi dan perangkat IoT melalui Connectivity Management Platform (CMP)," kata Head of Service Sales Nokia Indonesia Ammar Hussain.

Sebelumnya, 3 Indonesia juga telah mengeluarkan berbagai macam solusi IoT bagi pelanggan bisnis dan profesional dengan melakukan bundling layanan paket data dan solusi dari partner ke berbagai industri vertikal untuk meningkatkan efisiensi bisnis dan transformasi digital.

  • Editor: Rommy Rustami
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE