Dorong Pembangunan Industri 4.0, Sigfox Perkenalkan IoT 0G di Indonesia

author Oleh Aulia Annaisabiru Ermadi Kamis, 14 November 2019 | 10:56 WIB
Share
(ki-ka) Irfan Setiaputra (Sigfox Indonesia) dan Kurnijanto E. Sanggono (Sigfox Indonesia)
Share

Sigfox, perusahaan penyedia jaringan Internet of Things (IoT) asal Perancis, melalui Sigfox Indonesia memperkenalkan konsep IoT 0G (Zero G) di Indonesia (13/11).

Mendukung program pemerintah 'Making Indonesia 4.0' dan meningkatkan daya saing di era industri 4.0, Sigfox Indonesia akan membangun jaringan 0G low powered IoT yang dapat menjangkau seluruh daerah di Indonesia hingga ke pelosok daerah.

Konsep jaringan IoT 0G jadi jawaban atas tiga hambatan terbesar dalam adopsi IoT selama ini yaitu biaya, konsumsi energi serta pilihan teknologi yang digunakan. Menjawab tantangan tersebut, Sigfox menggunakan utilisasi perangkat sensor dan jaringan yang berdaya rendah namun memiliki jangkauan luas, teknologi yang sederhana serta biaya pemeliharaan menjadi lebih efektif dan efisien

"Sigfox ingin semua lapisan masyarakat dapat menggunakan teknologi ini dengan lebih efektif dan efisien. Karena konsep IoT Sigfox adalah low powered IoT yang menggunakan jaringan 0G tidak membutuhkan pasokan daya listtik yang besar dan dapat dipantau dari jauh," kata  Irfan Setiaputra, CEO Sigfox Indonesia.

(ki-ka) Kurnijanto E. Sanggono (Sigfox Indonesia) dan Irfan Setiaputra (Sigfox Indonesia)
Selain tak memerlukan daya listrik besar, konsep Low Powered IoT Sigfox juga tak membutuhkan bandwidth besar karena sensor dari perangkat Sigfox hanya mengirimkan data secara berkala sesuai dengan kebutuhan user.

Sigfox Indonesia berperan dalam menyediakan infrastruktur jaringan IoT agar seluruh masyarakat Indonesia dapat menerasakan teknologi IoT 0G, tak hanya untuk kebutuhan industri namun juga sebagai solusi untuk kebutuhan sehari-hari.

Baca juga: Hai Startup, Tangkap Peluang Bisnis Berbasis IoT, Yuk! 

Sigfox Indonesia Bangun Ekosistem dengan Sigfox Build

Sejalan dengan visi Presiden Joko Widodo yang ingin mewujudkan SDM Unggul Indonesia serta komitmen untuk meningkatkan adopsi IoT dan mempersiapkan sumber daya manusia unggul, Sigfox Indonesia bekerjasama dengan universitas dan sekolah menengah kejuruan (SMK) untuk berbagi pengetahuan dan mendirikan pusat ristek mengenai IoT.

Selain itu untuk membangun ekosistem, Sigfox juga melakuakan kerjasama dengan pelaku-pelaku industri lokal dalam membuat perangkat sensor dan aplikasi atau perangkat lunak untuk implementasi IoT. Semuanya ada di platform Sigfox Build.

"Kami berharap keberadaan Sigfox di Indonesia tak hanya membantu kegiatan operasional industri dan kehidupan sehari-hari, bahkan juga menciptakan lapangan kerja dan mengantarkan Indonesia menjadi salah satu negara yang diperhitungkan di perekonomian global," tutup Irfan.

Baca juga: Jangan Ketinggalan, Gaess! Sikat Peluang Bisnis IoT Ini...

  • Editor: Dikdik Taufik Hidayat
TAGS
RECOMMENDATION

Forbes Insight: 70% Pebisnis Percaya IoT Penting Bagi Perusahaan

Forbes Insight bekerja sama dengan Hitachi Vantara melakukan survei kepada lebih dari eksekutif senior di seluruh dunia, termasuk 220 orang dari kawasan Asia Pasifik untuk melihat potensi penerapan Internet of Things (IoT) dan perannya dalam kemajua

Kamis, 18 Januari 2018 | 10:05 WIB

Dorong Adopsi IoT, SAP Gandeng 18 Mitra Global Baru

SAP SE pada 19 Januari 2018 mengumumkan bahwa mereka telah menambahkan 18 mitra strategis untuk membantu lebih banyak bisnis mengadopsi teknologi Internet of Things (IoT)

Minggu, 21 Januari 2018 | 09:04 WIB

10 Teknologi Kesehatan Masa Depan

Kemajuan dunia media tidak bisa lepas dari peran teknologi di dalamnya. Teknologi canggih ini membantu meningkatkan mutu perawatan kesehatan untuk lebih baik lagi. Lalu apa saja teknologi yang dimanfaatkan dalam dunia kesehatan? Berikut 10 daftarnya.

Sabtu, 3 November 2018 | 16:00 WIB
LATEST ARTICLE

It’s Never Too Late To Start Up

Kata siapa usia 40 tahun sudah terlalu tua untuk membangun startup? Adrian Gunadi, co Founder dan CEO Investree membuktikan bahwa hal tersebut salah...

Selasa, 3 Desember 2019 | 08:15 WIB

DISRUPTO 2019, Mengeksplorasi Tantangan Masa Depan Umat Manusia

DISRUPTO 2019 menjadi momentum untuk mengeksplorasi masa depan manusia dari berbagai aspek dan akan memperlihatkan bagaimana kemajuan teknologi yang telah dicapai manusia saat ini dapat membantu keberlangsungan hidup manusia di masa depan.

Selasa, 12 November 2019 | 08:15 WIB