Gini Lho, Cara IoT Merevolusi Industri Logistik
DB Schenke dan Cisco bekerjasama merevolusi industri logistik dengan IoT. Bagaimana caranya?
Senin, 10 September 2018 | 08:30 WIB
Berbelanja online tentunya telah menjadi pilihan masyarakat sejak memasuki era digitalisasi. Tren ini semakin bertambah dengan adanya pembatasan sosial akibat pandemi COVID-19. Meningkatnya tren belanja online tentu juga berdampak pada jasa pengiriman online.
Sebagai perusahaan jasa pengiriman yang telah bersinergi dengan sejumlah e-commerce platform, J&T Express mencatat adanya kenaikan trafik pengiriman sebesar 11 juta paket dimana sekitar 70% nya berasal dari paket e-commerce.Terlihat pada Harbolnas 11.11 jasa pengiriman ini meningkat hingga 6x lipat dari periode yang sama di tahun sebelumnya.
“Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang jasa, kami berusaha untuk terus memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat dengan mengakomodir permintaan yang masuk. Dengan capaian 11 juta paket di momen harbolnas 11.11 yang bertambah 83% dibanding 11.11 tahun sebelumnya merupakan suatu langkah besar bagi kami dalam mencapai proyeksi target pengiriman kami pada akhir tahun,” kata CEO J&T Express Indonesia, Robin Lo.
J&T Express juga telah menyiapkan berbagai persiapan dimulai dari penambahan sumber daya manusia, armada, gudang sortir serta perlengkapan lainnya demi menunjang permintaan yang tinggi di masa peak season.
Sementara pada jasa pengiriman Lion Parcel yang juga jasa pengiriman ternama di Indonesia, menunjukan peningkatan yang sama selama tahun 2020. Tercatat, transaksi pengiriman lewat aplikasi Lion Parcel terus mengalami peningkatan, hingga lebih dari 4 kali lipat dibandingkan dengan periode sebelum pandemi. Hal ini menandakan bahwa kemudahan layanan yang didigitalisasi senantiasa menjadi preferensi bagi konsumen di tengah pandemi ini.
Sebagai inovasi terbarunya, Lion Parcel memberi dua layanan Inovasi terbaru Free Upsize yang memungkinkan konsumen membayar harga reguler untuk mendapatkan upgrade layanan ONEPACK, dan layanan program membership menawarkan diskon berlipat untuk para pengguna aplikasi Lion Parcel.
Selain itu, aplikasi Lion Parcel juga memberikan kemudahan bagi masyarakat, seperti “request pick up”, yang memungkinkan kurir menjemput paket yang ingin dikirim sesuai lokasi yang sudah ditentukan, dan integrasi ke dompet digital DANA, yang mempermudah transaksi tanpa harus keluar dari aplikasi.
“Aplikasi Lion Parcel merupakan komitmen kami untuk terus berinovasi guna mempermudah pengalaman pengiriman paket dan dokumen hanya dalam genggaman tangan. Berbagai fitur dan kemudahan yang kami tawarkan di aplikasi Lion Parcel ini diharapkan dapat menjadikan pengalaman masyarakat dalam mengirim paket dan dokumen menggunakan aplikasi Lion Parcel menjadi lebih seamless,” kata Head of Product Lion Parcel, Arrad Fajri.
Lebih lanjut, Arrad menjelaskan, program membership yang diluncurkan bagi pengguna aplikasi Lion Parcel memungkinkan pengguna mendapatkan diskon berlipat dengan cara meningkatkan tingkatan membership dengan mengirim paket & dokumen mulai dari minimal transaksi 1 kali (Regular) hingga minimal transaksi 8 kali dalam 60 hari terakhir (Premium).
Aplikasi Lion Parcel memiliki tiga tingkatan membership yaitu Basic, Regular, dan Premium. Diskon yang ditawarkan kepada setiap tingkatan membership pun berbeda-beda mulai dari 5% hingga 10% untuk setiap transaksi yang dilakukan melalui aplikasi.
Adanya program membership di aplikasi juga merupakan buah dari upaya Lion Parcel untuk mendorong masyarakat memanfaatkan kemudahan dan kenyamanan mengirim paket lewat platform digital Lion Parcel.
Hadirnya berbagai inovasi layanan ini merupakan jawaban Lion Parcel atas kebutuhan masyarakat dalam pengiriman paket & dokumen dari Lion Parcel dari 3 sisi, yaitu kecepatan, kemudahan, dan harga yang ekonomis.
DB Schenke dan Cisco bekerjasama merevolusi industri logistik dengan IoT. Bagaimana caranya?
Senin, 10 September 2018 | 08:30 WIB
Digitalisasi berpengaruh besar pada bisnis industri global, membuat bisnis menjadi lebih efisien, hemat dan berorientasi pada pelanggan...
Selasa, 11 September 2018 | 17:05 WIB
Supply chain terus berubah dari waktu ke waktu,karenanya kamu harus peka dan menyesuaikan strategimu. Apa saja, ya yang harus disesuaikan?
Rabu, 12 September 2018 | 11:30 WIB
Logisly, startup logsitik yang akan mempermudah transportasi barang di Indonesia
Senin, 2 Maret 2020 | 09:55 WIB
Platform JetCommerce membantu meningkatkan penjualan beberapa merek kecantikan dan kesehatan
Jumat, 18 September 2020 | 22:58 WIB
Selama ini penyanyi menjadi satu-satunya "bintang"dalam sebuah lagu. Dengan SongDNA, Spotify ingin pendengar tahu siapa saja sosok di balik penciptaan lagu tersebut.
Kamis, 16 Oktober 2025 | 15:39 WIB
Karya-karya ini tidak hanya menjadi tampilan visual, tetapi juga simbol eksplorasi, ketekunan, dan identitas kreatif generasi muda Indonesia
Selasa, 7 Oktober 2025 | 10:36 WIB
Magnum menggunakan Giuseppe AI milik NotCo untuk melakukan reformulasi produk agar lebih seimbang secara nutrisi, termasuk menciptakan varian berbasis nabati.
Senin, 29 September 2025 | 14:34 WIB
Teknologi biometrik face recognition segera diterapkan untuk registrasi e-SIM. Aturan Komdigi ini dukung keamanan data dan cegah penipuan digital.
Jumat, 26 September 2025 | 17:08 WIB
Format Instagram baru ultra-wide 5120×1080, atau yang sering disebut video geprek, meledak karena ada unsur estetika seperti layar bioskop dalam satu frame.
Kamis, 25 September 2025 | 15:04 WIB
Keunggulan Meta Ray-Ban Display adalah sebagai kacamata pintar yang diharapkan mampu menggantikan peran smartphone dalam kehidupan sehari-hari.
Selasa, 23 September 2025 | 15:32 WIB
Konsumen Indonesia semakin fokus pada value for money
Jumat, 19 September 2025 | 15:42 WIB
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta merilis Portal Satu Data Jakarta dengan tampilan baru. Bedanya, kali ini tampilannya jauh lebih interaktif berkat tambahan fitur chatbot berbasis AI.
Senin, 15 September 2025 | 14:54 WIB
Talenta data tidak hanya sekadar bisa membaca data, tetapi juga mampu mengubah data menjadi insight
Jumat, 12 September 2025 | 15:37 WIB
Pengguna sedang tergila-gila dengan Nano Banana, model terbaru Google untuk editing foto. Selain itu, Google juga memperkenalkan fitur baru di Gemini Ultra dan Pro, yaitu Photo-to-Video.
Senin, 8 September 2025 | 10:00 WIB
Salah satu penggemar game Roblox dengan nama Ands/Kirito. berhasil mengajak komunitas dan pengguna X berdonasi untuk keluarga almarhum Affan Kurniawan.
Selasa, 2 September 2025 | 15:04 WIB
Warganet ramai membagikan situasi Demo DPR melalui berbagai platform media sosial
Jumat, 29 Agustus 2025 | 12:22 WIB
Kebutuhan talent data meningkati, apa yang perlu dipelajari generasi muda?
Rabu, 27 Agustus 2025 | 11:45 WIB
Password ternyata menjadi titik lemah terbesar karena mudah dicuri lewat halaman login palsu. Google mengeluarkan peringatan serius untuk ganti password secara rutin.
Selasa, 26 Agustus 2025 | 18:23 WIB
Pojok Belajar merupakan inisiatif edukasi intensif yang digagas oleh GoFood lewat Komunitas Partner GoFood (KOMPAG). Program ini diperluas ke 24 kota di Indonesia.
Selasa, 12 Agustus 2025 | 10:49 WIB