LogoDIGINATION LOGO

Tren Belanja Online, Traffic Layanan Logistik Naik 6x Lipat

author Oleh Nur Shinta Dewi Selasa, 17 November 2020 | 15:26 WIB
Share
Share

Berbelanja online tentunya telah menjadi pilihan masyarakat sejak memasuki era digitalisasi. Tren ini semakin bertambah dengan adanya pembatasan sosial akibat pandemi COVID-19. Meningkatnya tren belanja online tentu juga berdampak pada jasa pengiriman online.

Sebagai perusahaan jasa pengiriman yang telah bersinergi dengan sejumlah e-commerce platform, J&T Express mencatat adanya kenaikan trafik pengiriman sebesar 11 juta paket dimana sekitar 70% nya berasal dari paket e-commerce.Terlihat pada Harbolnas 11.11 jasa pengiriman ini meningkat hingga 6x lipat dari periode yang sama di tahun sebelumnya.

“Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang jasa, kami berusaha untuk terus memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat dengan mengakomodir permintaan yang masuk. Dengan capaian 11 juta paket di momen harbolnas 11.11 yang bertambah 83% dibanding 11.11 tahun sebelumnya merupakan suatu langkah besar bagi kami dalam mencapai proyeksi target pengiriman kami pada akhir tahun,” kata CEO J&T Express Indonesia, Robin Lo.

J&T Express juga telah menyiapkan berbagai persiapan dimulai dari penambahan sumber daya manusia, armada, gudang sortir serta perlengkapan lainnya demi menunjang permintaan yang tinggi di masa peak season.

Sementara pada jasa pengiriman Lion Parcel yang juga jasa pengiriman ternama di Indonesia, menunjukan peningkatan yang sama selama tahun 2020. Tercatat, transaksi pengiriman lewat aplikasi Lion Parcel terus mengalami peningkatan, hingga lebih dari 4 kali lipat dibandingkan dengan periode sebelum pandemi. Hal ini menandakan bahwa kemudahan layanan yang didigitalisasi senantiasa menjadi preferensi bagi konsumen di tengah pandemi ini.

Sebagai inovasi terbarunya, Lion Parcel memberi dua layanan Inovasi terbaru Free Upsize yang memungkinkan konsumen membayar harga reguler untuk mendapatkan upgrade layanan ONEPACK, dan layanan program membership menawarkan diskon berlipat untuk para pengguna aplikasi Lion Parcel.

Selain itu, aplikasi Lion Parcel juga memberikan kemudahan bagi masyarakat, seperti “request pick up”, yang memungkinkan kurir menjemput paket yang ingin dikirim sesuai lokasi yang sudah ditentukan, dan integrasi ke dompet digital DANA, yang mempermudah transaksi tanpa harus keluar dari aplikasi.

“Aplikasi Lion Parcel merupakan komitmen kami untuk terus berinovasi guna mempermudah pengalaman pengiriman paket dan dokumen hanya dalam genggaman tangan. Berbagai fitur dan kemudahan yang kami tawarkan di aplikasi Lion Parcel ini diharapkan dapat menjadikan pengalaman masyarakat dalam mengirim paket dan dokumen menggunakan aplikasi Lion Parcel menjadi lebih seamless,” kata Head of Product Lion Parcel, Arrad Fajri.

Lebih lanjut, Arrad menjelaskan, program membership yang diluncurkan bagi pengguna aplikasi Lion Parcel memungkinkan pengguna mendapatkan diskon berlipat dengan cara meningkatkan tingkatan membership dengan mengirim paket & dokumen mulai dari minimal transaksi 1 kali (Regular) hingga minimal transaksi 8 kali dalam 60 hari terakhir (Premium).

Aplikasi Lion Parcel memiliki tiga tingkatan membership yaitu Basic, Regular, dan Premium. Diskon yang ditawarkan kepada setiap tingkatan membership pun berbeda-beda mulai dari 5% hingga 10% untuk setiap transaksi yang dilakukan melalui aplikasi.

Adanya program membership di aplikasi juga merupakan buah dari upaya Lion Parcel untuk mendorong masyarakat memanfaatkan kemudahan dan kenyamanan mengirim paket lewat platform digital Lion Parcel.

Hadirnya berbagai inovasi layanan ini merupakan jawaban Lion Parcel atas kebutuhan masyarakat dalam pengiriman paket & dokumen dari Lion Parcel dari 3 sisi, yaitu kecepatan, kemudahan, dan harga yang ekonomis.

  • Editor: Rommy Rustami
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE