LogoDIGINATION LOGO

Tren Kinerja Shopee Selama Kuartal II 2020

author Oleh Rommy Rustami Rabu, 2 September 2020 | 17:49 WIB
Share
Share

Shopee, platform e-commerce terkemuka di Asia Tenggara dan Taiwan mengalami peningkatan usaha selama kuartal kedua tahun ini. Berdasarkan riset yang dilakukan oleh App Annie Shopee meraih peringkat 1 untuk aplikasi e-commerce dengan pengguna aktif terbanyak, jumlah unduhan dan total waktu dihabiskan pada sebuah aplikasi di Android.

Selain itu dari segi transaksi, Shopee mencatatkan pencapaian lebih dari 260 juta transaksi selama kuartal II, dan jika di rata-rata dalam sehari Shopee berhasil mencatatkan lebih dari 2,8 juta transaksi. Jika dibandingkan dari tahun kuartal II 2019, Shopee mencatat adanya peningkatan lebih dari 130%.

Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja menyatakan selama kuartal II tahun 2020 pihaknya melihat adanya perubahan perilaku masyarakat yang berdampak terhadap pertumbuhan transaksi khususnya di e-commerce. Perubahan tersebut membawa kebiasaan dan anggapan baru akan mudahnya memenuhi kebutuhan melalui e-commerce.

"Hal ini menjadi indikator positif bagi industri e-commerce seperti Shopee, yang terbukti tetap bisa menyokong kebutuhan masyarakat, dan yang paling penting terbukti berperan sebagai penjaga berputarnya roda ekonomi Indonesia di tengah masa pandemi," katanya.

Beberapa jenis barang yang banyak diminati selama ini antara lain kategori fashion; dan seperti yang terlihat pada kampanye ‘Big Ramadhan Sale’ kemarin dimana Shopee mencatat 4 kategori favorit yaitu pakaian muslim, perlengkapan rumah, makanan & minuman serta kebutuhan ibu & anak mengalami kenaikan transaksi hingga 4x lipat selama bulan Ramadhan dibandingkan hari-hari biasa.

Selama periode kampanye festival belanja online terbesarnya, Shopee 9.9 Super Shopping Day, sederet fitur in-app dan layanan dari Shopee terus dikembangkan untuk memaksimalkan pengalaman belanja, dan juga dapat diandalkan oleh setiap pengguna untuk memastikan tiap transaksi berjalan dengan baik.

Memasuki perayaan belanja akhir tahun, Shopee berkomitmen untuk memperkuat performa kedua indikator tersebut, mulai dari pelayanan di gudang, menggandeng mitra terpercaya, sehingga dapat mendukung penjual untuk meningkatkan penjualan dan kepuasan aktivitas belanja online masing-masing penggunanya.

Kedepannya Shopee juga akan berupaya untuk selalu memaksimalkan berbagai jalur pemasaran dan promosi untuk menjangkau seluruh pengguna di Indonesia, termasuk memaksimalkan jalur above the line, below the line , dan digital atau sosial media.

  • Editor: Rommy Rustami
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE